MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Advertisements

Praktek Profesi Keperawatan KMB 1
METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF
Teknik Memukul dalam Olahraga Softball Jatmika Yoga Permana PJKR A FIK UNY Lab. Komputer, 13 November 2009.
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Teknik Dribling Dwi Astuti PJKR a
PASSING BAWAH DALAM BOLA VOLI
MODUL 1 . KKPI KEGIATAN BELAJAR 2
BAB 7 EKONOMI GERAKAN.
Senam Hamil; Langkah bijak mempersiapkan persalinan
ShALAT.
SEKILAS TENTANG KARAWITAN
Seni Budaya Musik Nusantara Jawa Tengah
Ragam dasar tari klasik putri/putra yogyakarta
Instrumen Musik Daerah
2 Kompetensi Dasar Indikator
Assalamualaikum wb.
PEMBELAJARAN BOLA VOLI
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
Keterampilan Mengetik 10 Jari
Design Pre settle ment.
LATIHAN FISIK PADA LANSIA
Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ketawang
PEMBELAJARAN BOLA VOLI
Media Pembelajaran ADP
Memainkan Ricikan Individu Kendang 4
Memainkan Ricikan Individu Gender 3
Playing Gendhing Lancaran.
Recognize Ricikan Rebab
PERAWATAN KULIT WAJAH BERPIGMENTASI SECARA MANUAL
Memainkan Karawitan Iringan Tari Jenis Putra Gagah (Bandayuda)
PERAWATAN RAMBUT SECARA KERING (DRY TREATMENT)
Angklung Adalah Warisan Dunia
PRAKTIK KARAWITAN BERSAMA (PKB)
EKONOMI GERAKAN.
Siti Dzakirotus Shufiyah
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU KENDHANG 1
Melagukan Vokal Sindhen 2
Intensive Learner To Play Instrument Rebab 4th Semester
Memainkan Karawitan Iringan Tari Jenis Golek
Melagukan Vokal Tembang 3
Memainkan Ricikan Individu Kendang 3
KK 27 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang Garap Kendhang kalih irama wiled Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ladrang.
4. Playing Individual Ricikan of Kendhang
KEGIATAN BELAJAR 2 Mengetik 10 Jari.
Melagukan Vokal Sindhen 3
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 5
KK.8 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang garap kendhang kalih dan kendhang setunggal irama tanggung dan dadi Memainkan.
PERAWATAN KULIT WAJAH DEHIDRASI SECARA MANUAL
Melagukan vokal gerong dalam reportoar gendhing bentuk ladrang
VOKAL PEDALANGAN OLAH VOKAL PEDALANGAN.
KK 39 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Kethuk 2 Kerep Minggah 4, garap kendhang kosek alus Memainkan reportoar.
Memainkan Ricikan Individu Gender 4
Mempelajari Administrasi Perkantoran
Melagukan vokal gerong dalam reportoar Gendhing bentuk ketawang
Sesi II Explorasi Biologi.
Playing repertoar Gendhing Ladrang garap kendhang ciblon irama dadi
PROSEDUR PEMERIKSAAN PENYAKIT
KK.9 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang garap kendhang ciblon irama dadi Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ladrang.
KK 15 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ketawang Gendhing Kt 2 Kr Minggah Ldr. Memainkan Gendhing bentuk Ketawang Gendhing.
Intensive Learner To Play Instrument Rebab 3rd Semester
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
5. PLAYING RICIKAN GENDER
Melagukan Vokal Sindhen 1
Memainkan Ricikan Individu Rebab 3
PRINSIP SANITASI, HYGIENE DAN K3
ATLETIK TOLAK PELURU.
KEGIATAN BELAJAR 2 Mengetik 10 Jari.
ნუმერაციის ეროვნული სისტემის დებულება
ROLLING DEPAN, SIKAP LILIN DAN KAPAL TERBANG PADA SENAM LANTAI.
Transcript presentasi:

MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1 KK 5 MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1 Memainkan Gender dalam gendhing bentuk Ketawang

Memainkan Ricikan Individu Gender Mengenal ricikan Gender Fungsi & tugas Teknik memainkan Notasi / titilaras Kendhang Memainkan Gender gendhing bentuk Ketawang Seni Kerajinan dan Pariwisata

5.1 Mengenal Bentuk Fisik Gender Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.1.1 Nama-nama bagian Gender Wilahan Sanggan Breminto Dhendha Srawing Atas Luwengan Bumbungan Adeg-adeg Srawing Bawah Palemahan Cakaran Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.1.2 Bagian-bagian dari Bumbungan: Tumbengan Suwegan Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.1.3 Bagian-bagian dari Wilahan / Bilah: Wilahan Lubang Pluntur Bremoro / Sindik Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.1.4 ALAT MEMAINKAN / TABUH GENDER: Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.2 Fungsi & Tugas Gender dalam sajian karawitan. Pemangku lagu Pamurba lagu (apabila rebab & bonang tidak ada Thinthingan Grambyangan Buka Mengisi Balungan Pathetan Ada-ada Grimingan Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.3 Teknik Memainkan Gender Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.3.1 Teknik Memegang Tabuh Gender Posisi tangan kanan Pangkal tabuh letaknya ditengah epek-epek (telapak tangan). Batang tabuh dijepit oleh dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Jari manis dan kelingking ditekuk. Posisi tangan tengkurap diatas tepi wilahan dibagian dalam (yang dekat dengan badan) Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Posisi tangan kiri : Pangkal tabuh letaknya ditengah epek-epek (telapak tangan). Batang tabuh dijepit oleh dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Jari manis dan kelingking ditekuk. Posisi tangan agak miring diatas tepi wilahan dibagian dalam (yang dekat dengan badan Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Posisi tangan kiri & kanan saat memainkan / menabuh gender Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.3.2 Sikap Menabuh/Memainkan Sikap dalam Memainkan Letak Gender Cara tangan kiri & kanan memegang tabuh gender Teknik tutupan Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Posisi duduk: Secara tradisional penggender duduk bersila ( bahasa jawa: sila ), pandangan kedepan, sikap tegap ( tidak ndungkruk ), polatan tajem tidak nolah-noleh, bahu tidak boleh methentheng harus kebawah serta yang bergerak hanya ugel-ugel sampai sikut saja. Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Sikap Penggender: Didalam melaksanakan tugas penggender selalu memusatkan perhatian pada sajian gendhing selalu mengingat akan fungsi dan tugas gender dalam hubungannya dengan balungan gendhing serta suara gender ( tidak gembrumbyung ). Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Didalam memainkan gender posisi tangan kanan dan tangan kiri termasuk bagaimana memegang tabuh agak berbeda, dan hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena teknik ini sangat menentukn kualitas suara.. Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.4 Membaca System Penulisan Notasi Gender Contoh notasi gender 1 2 1 . 1 2 1 3 . . 1 2 3 1 2 6 1 2 1 3 1 2 1 6 . 1 6 1 2 3 5 2 Notasi di atas garis Ditabuh tangan kiri Notasi di bawah garis Ditabuh tangan kanan Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.5 Teknik Tutupan Seni Kerajinan dan Pariwisata

5.6 Memainkan Repertoar Cengkok Genderan Cengkok-cengkok Genderan Srambahan Laku 4 ( Irama dadi ) Pathet Manyura Cengkok Genderan Seleh 1 ( ji ) Dua Lolo : x5x6x5x. x5x6x5x3 x6x5x6x3 x6x5x6x! ( DL ) ..y1 2.2. yte. y2y1 Dua Lolo Cilik : x@x!x@x6 x@x#x@x! x6x!x6x@ x6x!x@x! ( DLc ) .12. 5323 .12. 321. Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Ela-elo : x@x#x@x. x@x#x@x6 x@x#x@x6 x@x#x@x! ( EL ) ..y1 2.2. .y.1 1y21 Cengkok Genderan Seleh 2 ( ro ) Kutuk Kuning : x!x@x!x. x!x@x!x# x!x@x!x# x!x@x!x6 Kempyung ( KKP ) ..12 312y .1y1 2352 Jarik Kawung : xx6x5x6x! x5x6x!x6 x!x@x!x# x!x@x1x6 ( JK ) .2y3 212y .1y1 2352 Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 3 ( lu ) Kutuk Kuning : xx@x#x@x. x@x#x@x6 x@x!x@x x. x@x#x@x! Kempyung (KKP3) ..23 5.5. ..j.65 3563 Kacaryan : x@x!x@x# x6x5x3x2 x5x6x5x2 x5x6x5x3 ( Kc ) 2132 ytet .w.t ewte Rambatan : .x.x5x6 x!6x5x6 x5x.x!. 6x.x6x! (Rbt ) 23.. .... .3.1 .w.e Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 5 ( ma ) Ora Butuh : x@x!x@x# x6x5x3x2 x3x5x3x6 x3x5x6x5 ( OB ) 2132 ytew .ewe ty1t Dua Lolo Cilik 5: 6x5x6x3 x6x!x6x5 x3x5x3x6 x3x5x6x5 ( DLc 5 ) .ty. 21y1 .56. 1yt. Cengkok Mati Lima : x6jjx.x5x6x5 x6xj.x5x6x3 x6x!x6x@ x6x!x6x5 ( CMt 5 ) j.23.. j.23.. .ewe ty1t Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 6 ( nem ) Kutuk Kuning : xx5x6x5x. x5x6x5x! x5x6x5x! x5x6x!x6 Gembyang ( KKG ) ..ty 1yte .tet y12y Tumurun A1 : x6x5x6x x. x6x5x6x! x5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) ..j.32 12y1 .tet y12y Tumurun A2 : x.x5x.x! x.x6x!x6 x5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) .1.3 2352 1yte tety Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Lanjutan Tumurun B : x6x5x6x! x5x6x!x6 xx5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) .2y3 2352 1yte tety Tumurun cilik : x6x5x6x! x5x6x!x@ x#x.x@x# x.x@x!x6 ( TMc ) .2y3 2352 3.23. .21y Nduduk Nem A : x6x.x!x6 x!x6x!x@ x#xx.x@x# x.x@x!x6 ( DD ) .y.. 1y12 3.23 .21y B : x#x.x@x# x.x@x!x6 x5x6x5x! x5x6x!x6 3.23. .212 1yte tety Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata 5.7 Penerapkan cengkok-cengkok genderan pada repertoar gendhing bentuk ketawang. Tafsir Garap Genderan Puspagiwang Ketawang laras pelog pathet barang Buka : 7567 .@76 @7@7 5657 5676 7567 3532 5327 .535 6726 Umpak : 7 5 6 7 3 5 3 n2 5 3 2 p7 3 2 7 ng6 dl bs jk dl bs tm b/c Ngelik : 3 3 . . 3 3 5 n6 7 @ 7 pppp6 3 5 3 g2 Ggt 3 gb ½ gt 3 gb ½ kkg ½ kkp ½ kkg kkp 6 7 3 2 6 7 3 n2 5 6 5 p3 2 7 5 g6 kkp kkp kkp tum Seni Kerajinan dan Pariwisata

Seni Kerajinan dan Pariwisata Genderan pada irama tanggung : Balungan 7567 @726 2327 .72. 6567 3532 6567 5676 .2y3 2352 5327 @726 2327 Genderan pada irama dadi Balungan :33.. 3.2. 2.23 2.2. 2.23 .3.6 53.. .7.6 53.. 3356 .72. 2.23 5657 5676 ...6 53.. .535 6726 Seni Kerajinan dan Pariwisata