DESIGNING DIALOG MANAGEMENT Pert_9

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Pertemuan 10 Model Manajemen (MMS)
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Pada akhir pertemuan ini :
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
Designing Effective Output / Input
Database Management System
Pertemuan 4 Konsep Dasar SPK (02)
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Arsitektur Perangkat Lunak
PERANCANGAN BASIS DATA
Designing Dialog Management > Matakuliah: Decision Support System Tahun: 2009.
Interaction Interaction:
User Support.
Interaksi Manusia dengan Komputer
DECISION SUPPORT SYSTEM
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Manajemen Support Sistem
KONSEP USER INTERFACE.
mathematical model. MODUL 14 – 1/29 MODUL 14
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Pengatar Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support Sistem)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Sistem Pendukung Keputusan
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
Panduan Merancang Interface
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
MATERI KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN FE _ UM
DIALOG.
Pertemuan 18 Framework Pengembangan
M0414 Analisa Sistem Informasi
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Mobile Device User Interface
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
3 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
INTRODUCTION OF DATA WAREHOUSE
4 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
DSS Development Case – 2 Pertemuan - 18
KOMPONEN-KOMPONEN SPK
Designing the User Interface:
Chapter 6 Dialog Management Subsystem (diambil dari edisi ke 5 bab 6)
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
(User Interface Design--UID)
Human-Computer Dialogue
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Pertemuan 10 REPORT SWITCHBOARD
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Sistem Pendukung Keputusan Roni Andarsyah, ST., M.Kom Lecture Series.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Sri Kusumadewi. Materi Kuliah [3,4]: (Sistem Pendukung Keputusan)
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

DESIGNING DIALOG MANAGEMENT Pert_9 SASARAN PEMBELAJARAN Mahasiswa akan dapat menerapkan metode dan teknik perancangan Dialog Management dari suatu DSS, dengan : memhami kualitas UI DSS yang baik memahani type dan karakteristik UI DSS dan mempaktikan dalam perancangan protype-dialog Mengerti betul prosedur perancangan dan type-type UI

Pokok Bahasan Prinsip-prinsip perancangan User Interface DSS Rancangan Dialog Management UI General Design Development Tools UI Development Gaya UI Users mempunyai preferensi yang berbeda-beda (friendliness is in the eye of the beholder) Preferensi dapat berubah Tergantung pada tugas Tergantung pada pengalaman

Bagi seorang user, interface adalah systemnya Interface merujuk pada Language System Presentation linguistic and presentation knowledge Bagian dari Problem Processing System yang menerima Language System requests dan menampilkan Presentation responses Developping DSS-UI Bagi seorang user, interface adalah systemnya Karakteristik : Harus dapat diadaptasi easy to learn graceful shifting among tasks high level of guidance/feedback berdasarkan interactions sebelumnya Memberikan user merasa berada dalam kontrol Menyediakan multiple interface styles Interface dapat mempengaruhi dampak dari sebuah DSS pada satu decision making

Decision Support System Dialog DSS mendifinisikan 4 system_terminologi Systems dari knowledge representation Language System (LS) Presentation (PS) Knowledge System (KS) Problem Processing System (PPS) software system yang menggunakan representations dalam recognizing/solving problems Adalah bukan software, tetapi Merupakan representational system yang terdiri dari semua requests yang dapat dilakukan oleh user Supaya DSS dapat memecahkan suatu masalah, user memilih/menentukan satu dari LS elements Dapat berupa command, menu, mouse, natural language, fill-in-blank, direct manipulation oriented

Presentation (PS) Kowledge System (KS) Adalah bukan suatu software berupa representational system yang terdiri dari semua responses yang dapat dikeluarkan oleh DSS PPS menetapkan PS element yang mana dapat digunakan untuk sebuah response Dapat berbentuk tabular, textual, graphical, dsb. Kowledge System (KS) berupa representational system yang terdiri dari pengetahuan siap rubah yang tersedia pada DSS untuk digunakan memecahkan masalah dan komunikasi

Tiada tipe dari knowledge tanpa : - data - domain - procedural - user (relational) - linguistic - self - reasoning - presentation - assimilative Pada dasarnya, setiap knowledge representation technique adalah diperbolehkan

Decision Support System Dialog Problem Processing System (PPS) Adalah DSS software yang bereaksi terhadap user requests dan mengarahkan problem solving process terhadap satu respon yang berhubungan Mengambil sebuah elemen dari LS dan mengambil elements dari KS untuk menghasilkan sebuah elemen dari PS untuk user dan/atau untuk memodifikasi konten dari KS Sebagai hal praktis, PPS harus dapat memproses setiap representasi pengetahuan yang berada di KS, bertindak pada setiap yang dibolehkan dalam LS, dan mempresentasikan setiap elemen PS Kerangka kerjanya biasa saja seperti LS contents, PS contents, KS contents, dan PPS dynamics

UI General Design Design guidance LS design PS design PPS design assistance requests problem-handling requests Mungkin ada sedikit kebebasan perancangan , tergantung pada tool(s)nya PS design assistance responses problem-handling responses PPS design Secara khas, tool(s) untuk melengkapi ready-made PPS Sedikit kebebasan , tanpa kompleksitas dan software design yang memakan waktu

Knowledge System design UI General Design Knowledge System design Mencocokkan dan menempatkan sebuah knowledge ke techniques Untuk setiap knowledge, lengkapi satu rencana untuk menggunakan teknik-teknik representation conventions - hati-hati dengan perbedaan-perbedaan yang disebabkan karena perbedaan tool - bangun ketrampilan perancangan/design dengan teknik- teknik pembelajaran dan praktek yang memungkinkan Pertimbangkan kebebasan perancangan

Overall Quality of DSS UI Learning curve, berapa lama user mampu mempelajari DSS design UI yang effektif membantu percepatan pembelajaran Operational recall, kemudahan untuk mengingat kembali operasional DSS karena terhentinya penggunaan yang terputus Task-related time, berkaitan dengan lamanya suatu pengembillan keputusan dijalankan. UI yang effektive dapat mengurangi waktu yang terbuang. System versatility, seberapa banyak fasilitas disediakan DSS untuk mengerjakan bebagai pekerjaan yang bervariasi, rancangan UI yang fleksibel dapat membantu Error trapping and support, kesalahan penggunaan DSS dapat diditeksi dan kemungkinan untuk diperbaiki DSS dengan bantuan User/pengguna, rancangan UI yang baik dapat meminimalkan waktu hilang akibat kesalahan dengan menyediakan umpan balik yang berguna jika terjadi kesalahan

Overall Quality of DSS UI Degree of system adaptability, seberapa besar kemudahan untuk diadaptasi terhadap perubahan-perubahan. Flesibilitas rancangan UI yang baik membantu dengan pilihan-pilihan skenario Management of cognitive overload, seberapa mampu DSS membantu mengurangi kebutuhan untuk mengingat sesuat selagi menggunakan system. Degree of personal engagement, seberapa menyenangkan menggunakan DSS. UI dapat ambil bagian dalam kebutuhan ini dengan rancangan yang baik. Degree of guidance and structure, seberapa besar DSS mampu memberikan arahan/guidance yang nyata pada para pemakainya.

Development Tools Interfaces dapat disediakan atau dibangun dengan tools Language system possibilities command-oriented Bertingkat dari procedural sampai dengan nonprocedural User harus mempelajari Language System vocabulary dan grammar natural language system menyesuaikan Language Systemnya terhadap user’s presentations Masalah karena mis-interpretation

Development Tools menus Memberikan arah kepada user tentang kemungkinan-kemungkinan requests user memberikan rekasi pada pilihan –pilihan yang dipresentasikan Language System terdiri dari serangkaian keystroke (mouse manipulations, etc.) yang memudahkan user membuat berbagai requests forms Memberikan arahan pada user tentang pengisian slots atau text box dalam forms Dapat edit setiap item yang sudah dimasukkan sebelumnya untuk mendapatkan kelengkapan Language System terdiri dari kemungkinan-kemungkinan entries pada forms

Development Tools direct manipulation question/answer Kasus simple dari sebuah form Language System terdiri dari serangkaian keystrokes yang dapat membentuk jawaban dari pertanyaan – pertanyaan direct manipulation requests dibuat dengan memanipulasi system presentations dari objects Language System terdiri dari user actions untuk memanipulasi elemen-elemen Presentations Contohnya termasuk forms interfaces, graphical user interfaces speech hybrids

Development Tools assistance messages results messages Presentation system possibilities assistance messages Untuk mengarahkan user’s requests help text diagnostics results messages textual - freeform - tabular - grid - form

Development Tools Technique integrasi dalam tools graphical - plots - drawings - images audio combinations Technique integrasi dalam tools Kondinasi dari multiple techniques dalam sebuah DSS Lima tipe dari software integration, meliputi : K - knowledge yang direoresentasikan dalam format tertentu Knowledge manipulation – tergantung pada sesuatu format

DSS UI Development Alternative Procedure Tentukan secara pasti para pemakai/user akhir, rujuk ke Actor-Table Tentukan sifat penggunaan dari DSS untuk masing-masing user dalam use-case Tentukan urutan atau tahapan event/kejadian setiap user akhir lakukan dalam melaksanakan tugasnya, paling mudah jika telah dibuatkan diagram sequence dari masing-masing use-case Buat satu diagram proses atau activity-diagram untuk setiap tugas yang didapatkan pada langkah 3 dan kaji ulang dengan user untuk akurasi dan kelengkapannya. Pastikan tahapan aktivitas/proses mana membutuhkan interaksi antara user/actor dengan system Tentukan dengan pasti sifat kebutuhan informasi pada setiap interaksi yang didentifikasi

DSS UI Development Alternative ( cont ) Pilih serangkaian pendekatan dialog yang memadai ( menu-menu, commands, windows, dll) Buat diagram proses dari aliran dialog yang mungkin, dan review dengan user untuk akurasi dan kelengkapannya ( Navigasi ) Rancang UI tampilan layar untuk mengakomodasi semua kebutuhan seperti diatas Ujicobakan, analisis, perbaiki, test lagi, analisis – perbaiki-lagi dst.dst Update semua diagram keputusan setiap ada perubahan Buat dialog yang handal untuk DSS, karena user akan mengerjakan sesuatu secara total tak terduga pada setiap titik.

Test UI Design Buatkan prototype masing-masing UI Buakan Rancangan dialog melalui menu-menu, tombol dsb untuk pindah dari satu UI ke UI yang lainnya dalam prototype Ujicoba rancangan UI dan dialog Analisis kecukupan dan akurasinya Perbaiki, dan ujicoba lagi Dapatkan persetujuan User Spefikasikan masing-masing UI, dengan standar dokumen berlaku

Implementation Buatkan prototype masing-masing UI Buakan Rancangan dialog melalui menu-menu, tombol dsb untuk pindah dari satu UI ke UI yang lainnya dalam prototype Ujicoba rancangan UI dan dialog Analisis kecukupan dan akurasinya Perbaiki, dan ujicoba lagi Dapatkan persetujuan User Spefikasikan masing-masing UI, dengan standar dokumen berlaku

Review and Questions .