1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN Oleh :Alifah NRP :
Advertisements

PERANAN SUAMI ISTRI
Pasangan Pola Pasangan Pola.
Pengenalan Prolog Pengenalan Prolog.
FRASA.
PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
REPRESENTASI PENGETAHUANI
SEBAB-SEBAB MENERIMA WARISAN (أسباب الميراث)
Pengantar Intelegensia Buatan (IB) M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I.
M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. Menurut Alan Turing “Jika sebuah mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain,dapat.
Hubungan Keluarga Family Relationships.
Logic Programming (GNU PROLOG)
Peluang.
PENGANTAR BAHASA PROLOG
REPRESENTASI PENGETAHUAN Jaringan semantik
PENGANTAR BAHASA PROLOG
Materi Pertemuan V Keutamaan Mewaris.
Pengantar Intelegensia Buatan (IB). Pengertian IB H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi.
Representasi Pengetahuan
Pengendalian Alur.
OLAP CUBES Digunakan utk meringkas data secara praktis, termasuk banyak variabel.Hasilnya berupa gambaran sederhana data, tidak inferensi(analisa buat.
Penulis buku berjudul ”9 Summers 10 Autumns Dari Kota Apel ke The Big Apple Anak seorang sopir angkot di Malang.
1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog
Soal-soal Latihan Peluang
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
UJI DATA BERPASANGAN Data berpasangan adalah data yang memiliki dua perlakuan berbeda pada objek atau sampel yang sama Data berpasangan (n
Unfikasi, Runut Balik, Trace, Masukan dan Keluaran
Pertemuan Matakuliah: / Tahun: 2007 Bina Nusantara Pekerja Wanita.
Logika informatika 5.
Bentuk Antonim Antarkata
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
YOU SHOULD HAVE & DO.
T-test of related irfan.
DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL
1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog
Bab VI : Inferensi pada FOL
Logika informatika 1.
Bab IV : Relational Logic
BAHASA PEMROGRAMAN PROLOG
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Backward Chaining.
Kedudukan Dalam Keluarga
Assalamualaikum.wr.wb.
Perbandingan dan Skala
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
TOPIK 1 LOGIKA M. A. INEKE PAKERENG, M.KOM.
Logika informatika 5.
METODE INFERENSI Kusrini, M.Kom.
PERSILANGAN MONOHIBRIDA INTERMEDIET
1. KALIMAT INTI 2. KALIMAT TUNGGAL 3. KALIMAT MAJEMUK 4
Bab IV : Relational Logic
BIMBINGAN BELAJAR HARAPAN BANGSA
LOGIKA INFORMATIKA.
Representasi Pengetahuan
Perbandingan dan Skala
Ashabul Furudh Berjumlah 10 (Sepuluh) Orang ;
JENIS KALIMAT PADA PROLOG
T-test of related irfan.
Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung pada Bilangan Bulat
TUGAS ANDA HANYA MENYEBUTKAN WARNANYA SAJA.
TYPE KELUARGA DAN TRADISI DI AMERIKA MATA KULIAH CROSS CULTURE UNDERSTANDING     DISUSUN OLEH : MUH ROHWAN - NPM MAYA PERTIWI – NPM
A. Aturan Pengisian Tempat yang Tersedia
Perbandingan dan Skala 1.Perbandingan Perbandingan antara dua nilai seiring kita sebut sbg suatu bentuk pembagian. Secara umum ditulis sbg a : b dibaca.
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
A. Aturan Pengisian Tempat yang Tersedia
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
PEMROGRAMAN BERBASIS AI (PROLOG)
Kalkulator waris. Seorang laki2 meninggal dunia meninggalkan harta Ahli warisnya 1 orang anak laki-laki 2 orang anak perempuan 1 orang istri.
Contoh Silsilah Keluarga Saya
AYAH BELAJAR.
Transcript presentasi:

1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog M. Haviz Irfani

Goal Majemuk Dalam editor program, Goal dapat dimasukkan pada program sebelum Clauses dengan kata cadangan GOAL. Goal yg dimasukkan dapat lebih dari satu subgoal. Contoh: GOAL ayah(wawan,Siapa),write(Siapa," "), cucu(badu,Kakek), write(Kakek).

Soal: Buatlah program bahasa prolog dengan pengetahuan seperti dalam tabel berikut: MERK WARNA HARGA (Juta) Toyota Putih 150 Honda Hitam 165 Ford 200 BMW 180 Mitsubisi Merah 120 Buatlah goal internal: Informasi mobil untuk harga dibawah 165 juta Informasi mobil untuk harga 180juta s/d 220 juta Mobil apa saja yang berwarna Hitam dengan harga kurang dari 200juta

Unifikasi Adalah proses yang dilakukan untuk mencari padanan antara pernyataan yang terdapat pada aturan dan fakta atau kepala aturan yg lain. Syarat unifikasi sebagai berikut: Mempunyai relasi yg sama. Mempunyai jumlah argumen yg sama dan posisi argumen yg sama pula. Argumen yg berpadanan hrs mempunyai jenis data yg sama. Semua pasangan argumen (data majemuk) hrs berpadanan juga.

Contoh Unifikasi: * ayah(Bapak,badu) dengan ayah(slamet,badu) * tgl_lhr(Tgl,Bln,Thn) dengan tgl_lhr(10,”Agustus”,1998) *data_pribadi(nama(tono),alamat(jalan,kota)) dengan data_pribadi(nama(tono),alamat(“talang semut”,”Palembang”))

Proses pencarian jawaban: slamet syamsiah jamal wawan susi tukul hera badu meliani jojon vera yuyun tina kayamba yayuk Okto budi fika jimi siti runia * ayah(Bapak,badu) dengan ayah(slamet,badu) * tgl_lhr(Tgl,Bln,Thn) dengan tgl_lhr(10,”Agustus”,1998) *data_pribadi(nama(tono),alamat(jalan,kota)) dengan data_pribadi(nama(tono),alamat(“talang semut”,”Palembang”))

Pertanyaan Soal: *Tentukan fakta untuk relasi: ayah, ibu, suami dan istri *Tentukan aturan untuk relasi: kakek, nenek, cucu, saudara_kandung, sepupu, dan ipar.

Runut Balik (BackTracking): Prolog akan mencari jawaban dg cara pemadanan mulai dari bagian klausa yg paling atas Bila prolog mengeksekusi subgoal yg terdiri dari subgoal yg lain (call), maka prolog akan akan melakukan langkah 1. Bila sebuah call berhasil berpadanan maka call kembali ke klausa induk dg membawa variabel yg diperoleh dan eksekusi dilanjutkan pd subgoal berikutnya. Variabel terikat akan menjadi variabel bebas pd saat prolog merunut balik, memungkinkan prolog mendapatkan nilai baru sebagai jawaban yg mungkin.

Soal: Buatlah program bahasa prolog dengan pengetahuan seperti dalam tabel berikut: Nama Pemain Umur (Tahun) Bejo 15 Wowok 14 Cokri Parto Kabul Buatlah goal internal dan eksternal: Goal internal : pemain(A,15),pemain(B,15),A<>B, write(A,” ”,B). Goal eksternal: pemain(A,15),pemain(B,15),A<>B.