Interaksi manusia komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

INTERAKSI Pertemuan ketiga – Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Gaya Interaksi.
Interaksi Manusia dan Komputer “Interaksi”
RAGAM DIALOG.
Sistem Menu.
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam Dialog.
Interaksi Manusia dan Komputer
RAGAM DIALOG / GAYA INTERAKSI
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Merancang User Interface
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ir. Essy Malays Sari Sakti M.MSI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 3 Menu dan Formulir
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
Pert 4 Interaksi.
Interaksi Pertemuan 5.
Ragam Dialog 1.
INTERAKSI.
Perancangan Sistem L. Erawan.
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interface Metaphors dan Model Konseptual
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer
Ikan Sepat Ikan Gabus.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Ragam Dialog.
Human-Computer Dialogue
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Ragam Dialog.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Ragam Dialog|pertemuan VI
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.
Ragam Dialog.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Interaksi manusia komputer

Pendahuluan Untuk menghasilkan interaksi yang baik adalah dengan memahami bagaimana manusia berperilaku, sistem kerja interaksi manusia dan sistem kerja komputer Tingkatan umum Membangun IMK Task Level: Pengetahuan user terhadap task domain. Dialog Level: pengetahuan user dalam dalam berbahasa (bahasa yang bisa dipahami oleh komputer) Level input/output: tingkatan antaraksi manusia melalui piranti masukan

Siklus Interaksi Menetapkan tujuan Merumuskan tujuan/keinginan Menetapkan rangkaian aksi Melaksanakan aksi Melihat kondisi sistem Menginterpretasikan kondisi sistem Mengevaluasi kondisi sistem yang sehubungan dengan tujuan dan rumusan

Siklus Interaksi Goal Execution Evaluation System

Kerangka Kerja Interaksi Komponen kerangka kerja interaksi User Input System Output Masing-masing komponen memiliki bahasa sendiri yang harus di terjemahkan demi tercapainya interaksi yang baik antar komponen-komponen tersebut Keinginan user ditranlasikan kedalam aksi pada interface, lalu ditranslasikan kedalam perubahan sistem, yang akhirnya terefleksi dalam tampilan output. O S U I

ERGONOMIK Ilmu yang mempelajari karakteristik fisik dalam interaksi Diantaranya : pengaturan alat pengendali dan tampilan, seperti : pengelompokan alat kendali berdasarkan fungsi atau frekuensi penggunaan atau urutannya Lingkungan kerja, misal : penetapan aturan sesuai tingkat pengguna kesehatan, misal : posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu, kelembaban), cahaya, kebisingan penggunaan warna, misal : warna merah untuk peringatan, hijau tanda OK, pertimbangkan juga adanya buta warna Ergonomik baik untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem

Gaya interaksi Antarmuka dengan baris perintah tunggal Antarmuka dengan baris perintah terstuktur Menu Bahasa sehari-hari/alami Dialog dengan tanya jawab terstruktur Formulir isian dan kertas kerja WIMP (Window Icon Menu Pointer)

BARIS PERINTAH TUNGGAL Contoh : sistem Unix/Linux, DOS C:\>DIR Keuntungan Kerugian Cepat Efisien Akurat Ringkas Luwes Inisiatif oleh pengguna Memerlukan latihan yang lama Membutuhkan penggunaan yang teratur Beban ingatan yang tinggi Jelek dalam menangani kesalahan

BARIS PERINTAH TERSTUKTUR Dialog ini memungkinkan perintah lebih dari satu baris yang dikemas dalam satu berkas biasanya disebut batch file, contoh : @ECHO OFF PROMPT $p$g PATH C:\WINDOWS;C:\DOS SET TEMP-C:\DOS C:\WINDOWS\DXPMODE 60 C:\WINDOWS\MSCDEX.EXE /S /D:MSCD001 /M:8 /V C:\DOS\SMARTDRV.EXE /X Keuntungan : lebih cepat dan ringkas Kerugian : penelusuran kesalahan

Menu Daftar Cara akses pilihan dapat menggunakan selektor pilihan yaitu bullet yang dapat berupa angka/huruf, dapat juga dengan kursor ←↑→ ↓ (highlight marker) dan tombol enter

Menu Tarik (pulldown menu/ pop-up menu) Disebut menu tarik, karena seolah – olah kita “memegang” sebuah menu/pilihan dan kemudian “menarik” ke bawah (atau ke samping, ke atas) untuk melihat submenu dari menu/pilihan tersebut. Setelah pilihan dikonfirmasikan, maka daftar subpilihan menjadi tidak terlihat lagi

BAHASA ALAMI Pengguna memberikan instruksi – instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya. Jika dialog berbasis perintah tunggal instruksinya sangat dibatasi oleh sintaksis yang digunakan Dengan bahasa alami, pengguna dapat memberikan instruksinya dengan kalimat – kalimat yang lebih manusiawi. Kata-kata/ bahasa sehari-hari bisa digunakan, seperti DISPLAY ALL dalam dBase Contoh : dalam bahasa Pascal While not eof(T) do Begin Readln(T,S); If IpSem > 3.0 then Writeln(namamahasiswa); End; Masalah : ketidakjelasan (vague) dan bermakna ganda/rancu (ambigu) Solusi : dicoba untuk mengerti komunitas pemakai

DIALOG DENGAN TANYA JAWAB TERSTRUKTUR (QUERY) Bila pengguna melakukan interaksi dengan menggunakan serangkaian pertanyaan Cocok untuk pengguna pemula Selalu digunakan dalam sebuah sistem informasi Bahasa query digunakan untuk menyusun informasi yang akan ditampilkan dari database berdasarkan jawaban dari proses tanya jawab tersebut Efektifitas penggunaannya tergantung pada pemahaman struktur database, bahasa pemrograman dan pembuatnya. Contoh : SQL select nim,nama from mahasiswa where ipk>=3.0

Formulir isian dan kertas kerja Sebagai dasar untuk pendataan Layar berbentuk formulir Data diinputkan pada kolom- kolom yang telah tersedia Perlu rancangan yang baik dan ada fasilitas perbaikan (koreksi

WIMP Window Icon Menu Pointer atau Window Icon Mouse Pull- down Menu Merupakan model baku untuk sistem komputer interaktif saat ini, khususnya untuk PC