Jessi tri joeni Stimart amni semarang 2011

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BERSYUKUR sumber: milis agusman_1981
Advertisements

Meningkatkan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi
PERMASALAHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP NASIONALISME GENERASI MUDA
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PERTEMUAN KE-3 DAMPAK INDUSTRI DAN TEKNOLOGI
Tata Krama Pergaulan.
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
PERTEMUAN 15 KONFLIK.
EKSISTENSI PROFESI DIPANDANG DARI SEGI ETIKA UMUM DAN ETIKA KHUSUS
Manusia dan Penderitaan
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
TEORI-TEORI ETIKA.
DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL Disusun Oleh : Kelompok. 7
Komunikasi Antarpribadi (2)
BAB 04 TINDAKAN SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
ALIRAN DALAM ETIKA.
ETIKA BISNIS.
Manusia, Sains, Teknologi, dan Seni
X. Masyarakat dan budaya
Latar Belakang Komunitas Grasias
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PROSES KOMUNIKASI PERTEMUAN 11.
DISTORSI PESAN dalam KOMUNIKASI ORGANISASI Pertemuan 12
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
Pertemuan ke-7 Etika utilitarianisme dalam bisnis
Dinamika Kebudayaan surono.
Tugas persentasi kelompok 5 Manusia Dan Pandangan HIdup
2. Hindari Ikut Campur Urusan Pribadi
DASAR_DASAR LOGIKA / 3 BAHAN TIGA DASAR-DASAR LOGIKA SEMESTER 1
Bagaimana Memiliki Kedamaian Batin?
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Apa pun yang Terjadi, Bersyukurlah!
DAYA TARIK INTERPERONAL
FILSAFAT MANUSIA THOMAS HOBBES.
LENNA MAYDIANASARI, SST
Ramalan Bintang Bulan November 2016
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
IPS untuk SMP/MTS kelas VIII
Saya Belajar Saya belajar, Apa yang saya anggap terbaik, bukan tentu yang terbaik dariNya. Dan sebaliknya, yang terbaik dariNya belum tentu kita senangi.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
PERTEMUAN 15 KONFLIK.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern
TUGAS ONLINE 2 FILSAFAT MANUSIA
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
Etika Pancasila.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
SEJARAH INTELEKTUAL Dosen : Agus Gunawan,Drs.,M.Pd.
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Mendefinisikan dan Menganalisis Masalah
MOTIVASI MOTIF: Segala yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu MOTIVASI :- pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang,agar.
Pergertian Globalisasi
Pengaruh Faktor-Faktor Non-Rasional Dalam Pengambilan Keputusan
KOMUNIKASI LINGKUNGAN 03
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Politik dan Strategi Nasional
Orientasi Psikologis Pembelajaran Di Sekolah dan prasekolah
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
TEORI-TEORI ETIKA.
Hedonisme (1) “Apa yang menjadi hal yang terbaik bagi manusia?”
Assalamu’alaikum Wr.Wb
ETIKA & NORMA Baham 02 a.
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KET. INTER-INTRA PERSONAL
Peran Orang Tua dalam Pembangunan Keluarga dan Bina Keluarga
Masyarakat Multikultural dan Partikularisme Masyarakat.
DILEMA ETIK, PENYELESAIAN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DIAN OKTA N, NS. MH.
Transcript presentasi:

Jessi tri joeni Stimart amni semarang 2011 hedonisme Jessi tri joeni Stimart amni semarang 2011

hedonisme Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Hedonisme berasal dari bahasa Yunani (Hedone) yang berarti kesenangan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Pencetus paham ini adalah Aristipos dan Epikuros, mereka melihat manusia melakukan aktifitas pasti untuk mencari kesenangan dalam hidup

2 aliran hedonisme Ada yang menekankan pada kesenangan badan atau jasad seperti makan, minum dll, Adapula yang menekankan pada kesenangan rohani seperti bebas dari rasa takut, bahagia, tenang batin dll, tetapi harus ada pengendalian diri pada saat melaksanakan pola hidup hedonisme.

Latar belakang Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat "apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?" Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia.

Lanjutan latar belakang Lalu Aristippos dari Kyrene (433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencari sesuatu yang lain lagi. Pandangan tentang 'kesenangan' (hedonisme) ini kemudian dilanjutkan seorang filsuf Yunani lain bernama Epikuros (341-270 SM).Menurutnya, tindakan manusia yang mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Meskipun demikian, hedonisme Epikurean lebih luas karena tidak hanya mencakup kesenangan badani saja --seperti Kaum Aristippos--, melainkan kesenangan rohani juga, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan.

Tokoh hedonisme Aristippus dari Kyrene adalah seorang filsuf Yunani yang memperlajari ajaran-ajaran Protagoras. Ini dilakukannya selama berada di kota asalnya, yaitu Kyrene, Afrika Utara. Aristippus kemudian mencari Sokrates dan menjalin hubungan baik dengannya. Setelah Sokrates wafat, Aristippos tampil sebagai "Sofis" dan menjadi guru profesional di Atena. Lalu di Kyrene ia mendirikan sekolah yang dinamakan ''Cyrenaic School'' yang merupakan salah satu sekolah Sokratik yang tidak dominan. Sekolah ini mengajarkan perasaan-perasaan sebagai kebenaran yang paling tepat dalam hidup. Kesenangan adalah baik --termasuk juga kepuasan badani--. Kehidupan orang bijak selalu mencari jaminan kesenangan maksimal.

Lanjutan tokoh Aristippus menyetujui pendapat Sokrates bahwa keutamaan adalah mencari "yang baik". Akan tetapi, ia menyamakan "yang baik" ini dengan kesenangan "hedone". Menurutnya, akal (rasio) menusia harus memaksimalkan kesenangan dan meminimalkan kesusahan. Hidup yang baik berkaitan dengan kerangka rasional tentang kenikmatan

Kesenangan menurut Aristoppus bersifat badani Ia membagi gerakan itu menjadi tiga kemungkinan: 1. Gerak kasar, yang menyebabkan ketidaksenangan seperti rasa sakit 2. Gerak halus, yang membuat kesenangan 3. Tiada gerak, yaitu sebuah keadaan netral seperti kondisi saat tidur.

Aristippus melihat kesenangan sebagai hal aktual, artinya kesenangan terjadi kini dan di sini. Kesenangan bukan sebuah masa lalu atau masa depan. Menurutnya, masa lalu hanya ingatan akan kesenangan (hal yang sudah pergi) dan masa depan adalah hal yang belum jelas.

Meskipun kesenangan dijunjung tinggi oleh Aristoppus, ada batasan kesenangan itu sendiri. Batasan itu berupa pengendalian diri. Meskipun demikian, pengendalian diri ini bukan berarti meninggalkan kesenangan. Misalnya, orang yang sungguh-sungguh mau mencapai nikmat sebanyak mungkin dari kegiatan makan dan minum bukan dengan cara makan sebanyak-banyaknya atau rakus, tetapi harus dikendalikan/dikontrol agar mencapai kenikmatan yang sebenarnya

Tokoh Epikuros Epikuros lahir tahun 342 SM di kota Yunani, Samos, dan meninggal di Atena tahun 270 SM. Ajaran Epikuros menitikberatkan persoalan kenikmatan. Apa yang baik adalah segala sesuatu yang mendatangkan kenikmatan, dan apa yang buruk adalah segala sesuatu yang menghasilkan ketidaknikmatan. Namun demikian, bukanlah kenikmatan yang tanpa aturan yang dijunjung Kaum Epikurean, melainkan kenikmatan yang dipahami secara mendalam.

Kaum Epikurean membedakan keinginan alami yang perlu (seperti makan) dan keinginan alami yang tidak perlu (seperti makanan yang enak), serta keinginan yang sia-sia (seperti kekayaan/harta yang berlebihan). Keinginan pertama harus dipuaskan dan pemuasannya secara terbatas menyebabkan kesenangan yang paling besar. Oleh sebab itu kehidupan sederhana disarankan oleh Epikuros. Tujuannya untuk mencapai ''Ataraxia'', yaitu ketenteraman jiwa yang tenang, kebebasan dari perasaan risau, dan keadaan seimbang

Epikuros sangat menegaskan kebijaksanaan (phoronesis). Menurutnya, orang yang bijaksana adalah seorang seniman yang dapat mempertimbangkan pilihan nikmat atau rasa sakit. Orang bijaksana bukanlah orang yang memperbanyak kebutuhan, tetapi mereka yang membatasi kebutuhan agar dengan cara membatasi diri, ia akan mencapai kepuasan. Ia menghindari tindakan yang berlebihan. [ Oleh karena itu, ada sebuah perhitungan yang dilakukan oleh Kaum Epikurean dalam mempertimbangkan segi-segi positif dan negatif untuk mencapai kenikmatan jangka panjang dan mendekatkan diri kepada ataraxia.

Kebahagiaan yang dituju oleh Kaum Epikurean adalah kebahagiaan pribadi (privatistik). Epikuros menasihatkan orang agar tidak mendekatkan diri kepada kehidupan umum (individualisme). Ini bukanlah egoisme. Menurut Epikuros, kebahagiaan terbesar bagi manusia adalah persahabatan. Berkumpul dan berbincang-bincang dengan para kawan dan membina persahabatan jauh lebih menguntungkan dan membantu mencapai ketenangan jiwa.

Dampak hedonisme masa kini Arus globalisasi turut serta mendukung maraknya budaya hedonisme yang berkembang pesat dilingkungan masyarakat Indonesia. Perkembangan paling pesat terlihat dari kalangan mahasiswa, yang diposisikan sebagai golongan intelektual muda. Hal tersebut yang menyebabkan terkikisnya budaya asli Indonesia dari waktu ke waktu. Sesungguhnya keinginan untuk hidup senang dan mewah adalah sebagian dari naluri semua manusia, tetapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan membudaya dalam masyarakat karena hal itu akan banyak menimbulkan dampak negatif

Dampak hedonisme (negeri impian)

Sebenarnya kita boleh gaul tapi jangan over, senang-senang juga tidak dilarang apalagi bagi para pemuda pemudi tapi kesenangan itu jangan dilakukan setiap saat. Hedonisme rawan menimbulkan sifat individualisme karena manusia cenderung akan bekerja keras untuk memenuhi kesenangannya tanpa mempedulikan orang lain di sekitarnya.

Dampak negatif hedonisme Hedonisme membuat orang lupa akan tanggungjawabnya karena apa yang dia lakukan semata-mata untuk mencari kesenangan diri. Jika hal-hal tersebut mampu menggeser budaya bangsa Indonesia maka sedikit demi sedikit Indonesia akan kehilangan jati diri yang sesungguhnya. Manusia akan memprioritaskan kesenangan diri sendiri dibanding memikirkan orang lain, sehingga menyebabkan hilangnya rasa persaudaraa, cinta kasih dan kesetiakawanan sosial. Sikap egoisme akan semakin membudaya, inilah bukti hedonisme yang menjadi impian kebanyakan anak muda. Semakin berkembangnya sistem kapitalis-sekuler karena sistem inilah yang menyebabkan hedonisme berkembang secara pesat. Merusak suatu sistem nilai kehidupan yang ada dalam masyarakat sekarang, mulai sistem sosial, politik, ekonomi, hukum, pendidikan sampai sistem pemerintahan. Meningkatnya angka kriminalitas. Tindak kriminal yang akhir-akhir ini marak terjadi kebanyakan dilatar belakangi oleh sifat hedonisme manusia semata.

Pesan moral generasi muda

Pesan moral