Intro To 3D Computer Graphic

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Animasi 3D dengan Software 3Ds Max
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
SMK PGRI 1 Kota Tangerang Alir Proses Produksi Produk Multimedia
Animasi.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
“HATI-HATI BERBAHAYA”
Agnes Llewelyn  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih.
Oleh: Adam Arif Budiman
Oleh: Adam Arif Budiman
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
ANIMASI 24/02/10 01:Introduction TEKNOLOGI IF.UB.
Realisme Pada Grafik Komputer
1 Angel: Interactive Computer Graphics 4E © Addison-Wesley 2005 Shading Ed Angel Professor of Computer Science, Electrical and Computer Engineering, and.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
1.
RENDERING (Shading & Shadow)
Human Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Pembuatan Karakter Modelling dan Animasi 3D Menggunakan Blender Ipang Hadianto for further detail, please visit
ANIMASI DALAM POST PRODUCTION
19 Januari 2011 Grafika komputer.
Animasi Komputer.
Gustaf Syedi A( ) Jatu Rathi Rahayu( ) Hesti Fitria Ilmi( ) Okta Alviana Rohim ( ) Fitri Syafira ( )
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Teknik Informatika - UDINUS
SEMINAR BERKREASI DENGAN ANIMASI
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
IF37325P - Grafika Komputer Pendahuluan
Slide 2 – Pengenalan Sistem Operasi
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
PRAKTIKUM CASE Ati Suci Dian Martha, S.Kom., M.T. -
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Visual Reality Pertemuan 12
Animasi 3D dengan Blender
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
RENDERING (Shading & Shadow)
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Visual Reality Pertemuan 12
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER GRAFIK unindra
Kontrak Kuliah Animasi 3D.
Grafika komputer 1.
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
1.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
2.1.1 Pengertian Perangkat Lunak
ABSTRACT Animation is an image or object processing which can be moved. Firstly, animation is made using paper sheet by sheet which is flipped until get.
Nama : Noni Henny Nahumury  Tugas : Simulasi Digital
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Kecerdasan Buatan.
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
1.
ANIMASI KOMPUTER Ayu Helinda, S.S.T., M.T HP :
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
Transcript presentasi:

Intro To 3D Computer Graphic Course :Digital Animation Development Lecturer : Iwan Sonjaya

Animation | Technique 2D animation Stop Motion 3D animation

Animation | Technique 2D Animation

Animation | Technique Stop Motion

Animation | Technique 3D Animation

Media | Animation | Type CG ANIMATION Features Film & Visual FX Broadcast Visualisasi Web interactive Games

3D | Basic | Pipeline Workflow Modeling Lighting Texturing Animating Rendering

Animation | Technique 3D space

Animation | Technique 3D controller

Animation | Technique 3D object

Penilaiaian Tugas Individu UTS (3D Modelling) UAS (Project Akhir)

Apa yang dipelajari di kuliah ini? Sejarah, perkembangan, evolusi komputer grafik dan animasi 3D beserta teknologinya Prinsip animasi 3D 3D Modelling (Polygon, Nurbs, deforming) Subdivision surface ( Light Texsturing Rigging Skinning animating

Teknologi Komputer Animasi 3D shrek, the cars, avatar  impian seorang penemu prinsip komputer  charles Babbage Memimpikan mesin hitung yang akurat dan tepat

Teknologi Komputer (lanj) Game grafik pertama space war Dibuat oleh steve russel, martin dan wayne Tampilan sederhana Objek 3D ditampilkan dengan wireframe/kerangka

Perkembangan objek 3D Algoritma shade bayangan permukaan bila objek disinari cahaya Algoritma Phong  pencahayaan langsung pada objek  Bui Tuong Phong Algoritma shader Phong  lebih cepat  Jim Blinn

Perkembangan objek 3D (lanj) Texture mapping Shadows Anti aliasing Facial animation dll

Perkembangan Objek 3D (lanj) Poci The UTAH, dengan Phong Shading

Perkembangan animasi 3D Ed Catmull  animasi star trek II: the wrath of Kahn Special effect simulation, motion blur, particle effect Sutradara George Lucas  Industrial Light and Magic Perpaduan teknologi dan entertainment

Perkembangan animasi 3D Steve Job merekrut ed Catmull  Pixar Studio Toy story, cars dll

Perkembangan animasi 3D Penggabungan animasi 3D dengan model realistis Jurassic Park, Terminators Animasi 3D sebagai serial TV  murah, cepat diproduksi  babylon Five Final Fantasy : spirit with in  full Computer Graphics Generate (CGI)

Perkembangan animasi 3D (lanj) Motion capture  mempercepat proses pembuatan animasi secara halus Lord of the ring Pirate of Carribians Animasi wajah  curious case of benjamin Button Avatar  full animation dengan motion capture

Aplikasi animasi 3D Eric Graham  1986 membuat animasi 3D di komputer amiga  animasi pesulap bola dengan durasi 24 fps Membuat sculpt 3D Aplikasi 3D pertama untuk pengguna rumahan

Aplikasi animasi 3D (lanj) Animasi pada computer Amiga dengan proses Ray Tracing render

Motion Capture Motion capture (MOCAP) adalah salah satu cara / tool yang efektif untuk meng capture gerakan manusia untuk keperluan animasi

Motion Capture (lanj) Rotoscoping

Motion Capture (lanj) Rotoscoping  tracing

Motion Capture (lanj) Rotoscoping  Post Processing

Tahapan MOCAP  Marker Ringer, et al., 2002

Tahapan MOCAP  Marker

Tahapan MOCAP  fitting the skeleton

Tahapan MOCAP  Post Processing Motion Editing Cut, Copy, Paste Motion Warping Speed up or Slow Down Rotate, Scale or Translate Motion Signal Processing Smoother Motions

Masa depan MOCAP Markerless Lebih murah hollywoodjesus.com Bregler et al., 2002

Basic 3D Modeling Poly Mesh

Modeling | Technique Type of Modeling Mesh Modeling Curve Modeling Surface Modeling

Modeling | Technique Mesh Modeling

Modeling | Technique Curve modeling

Modeling | Technique Surface modeling

Polygonal | Technique Meshes structure

Curve | Technique Spline structure

Surface | Technique Surface structure

Karir di bidang Animasi 3D Penggunaan animasi 3D di berbagai bidang hiburan  animator film Advertising  iklan Simulasi Edukasi Dan lain-lain

Karir di bidang animasi 3D Perlukah spesialisasi? character animation Rigging animation Modelling Simulasi Special effect

Cara belajar Pendidikan formal (kursus, kuliah dll) Otodidak Komunitas Portofolio, demo

Pertanyaan??

referensi 3D Art Essentials: The Fundamentals of 3D Modeling Texturing and Animation, By Amy Chopin, 2011 Beginning Blender, By Lance Flevell, 2011 Blender Foundation, Roland Hess, 2010 Blender Magazine