KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : DVG 223 Bobot : 3 SKS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Kontrak Perkuliahan Nama Matakuliah : Animasi Digital
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 7 TEKNIK PEMBUATAN STORYBOARD
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Produksi Multimedia (KMN 504)
AUDIO VISUAL APLIKASI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 3 SISTEM VIDEO DAN TELEVISI
PENGANTAR DKV Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS Dosen : 5737 – Teguh Imanto
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 11 TAHAP PRODUKSI 2 (SHOOTING) LUAR STUDIO
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PASCA PRODUKSI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TOPIK 5 JENIS MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SERTA KARAKTERISTIKNYA (LANJUTAN) TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PRAKTIKUM TERPADU Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
KOMUNIKASI VISUAL Kode : IKL 217 Bobot : 3 SKS
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
KOMPUTER GRAFIS KEHUMASAN
JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
PENDAHULUAN.
TINJAUAN DESKOMVIS Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Dosen : Moh. Salman Alfarisi
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 1 TOPIK 13 PEMBUATAN KARYA DESAIN RACK DISPLAY
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFIS.
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 14 PENYIMPANAN KARYA DAN MANAJEMEN FILE
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 4 TRANSFORM DAN MODIFIKASI OBYEK
Kontrak Kuliah Animasi 3D.
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Desain grafis = proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
DESKOMVIS 1 TOPIK 14 PEMBUATAN KARYA DESAIN E X HIBITION DISPLAY
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Transcript presentasi:

KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : DVG 223 Bobot : 3 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan

DISKRIPSI MATAKULIAH KOMPUTER GRAFIS VIDEO Matakuliah Komputer Grafis Video membahas tentang penggunaan program komputer yang berbasis pada Video, baik yang berorientasi pada hasil gambar rekaman kamera video maupun hasil gambar hasil olahan pemodelan dan animasi 3 Dimensi. Penekanan diarahkan pada penguasaan pemakian teknologi kompter grafis dengan pembahasan pada teknik-teknik operasionalnya. Pembahasan pertama diawalai samapai UTS dengan program 3D Max dan disusul kemudian sampai UAS dengan program Adobe Premiere Pro

BUKU REFERENSI Sutherland and Alice K, Advertising and The Mind of The Consumer, PPM, Jakarta, 2000 Agus Trijanto, Copy Writing, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002 William, F. Arens, Contemporary Advertising, Mac Graw-Hill, 2002 Pujiriyanto, Desain Grafis Komputer, Penerbit Andi, Yogyakata, 2005 Kartika, Dharsono Sony, Pengantar Estetika, Rekayasa Saint, Bandung, 2004

Sachari, Agus & Yan Yan Sunarya, Sejarah Dan Perkembangan Desain Indonesia, ITB, Bandung, 2002 Budi Setiyono, Reka Reklame, PPPI, Galang press, Yogyakarta, 2007

PENILAIAN Nilai Akhir Perkuliahan diperoleh dengan penggabungan komponen seperti berikut ini : Kehadiran : 10 % Quis : 20 % UTS : 30 % UAS : 40 %

RUANG LINGKUP PERKULIAHAN Pengertian komputer grafis secara umum dan diteruskan dengan pengenalan tampilan Program 3D Max Pembuatan gambar-gambar bentuk standard Geometri Pembuatan gambar-gambar modifikasi Geometri Transformasi obyek perpotongan dan penggabungan benda

Pemodelan pada kendaraan tempur Panser (Bagian 1) Animasi pada kendaraan tempur Panser serta special efeknya Pengertian komputer grafis secara umum tentang pengeditan video diteruskan dengan pengenalan tampilan Program Adobe Premiere Impor video dan memahami karakter file yang dapat diedit baik yang berbasis pada video, animasi serta bitmap

10. Teknik perpotongan dan penggabungan video di dalam time line 11. Teknik sisipan video dalam mengedit gambar-gambar baik video, animasi dan bitmap 12. Penumpukkan gambar antar video (Super impose) Pemakaian Teks dan efek dalam video Rendering dan penyimpanan karya dengan berbagai macam format file

KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 1 PENGERTIAN KOMPUTER GRAFIS STATIS, DINAMIS DAN INTERAKTIF TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ LINLS KE INTERNET

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa bisa memahami tentang terminologi komputer grafis secara lengkap baik yang berorientasi pada gambar statis atau diam maupun gambar dinamis atau bergerak. Penjelasan selanjutnya diarahkan pada pemahaman tampilan secara keseluruhan tentang program 3 D Studio Max

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tentang terminologi dari komputer grafis secara lengkap Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tampilan berbagai macam fasilitas dalam program 3D Studio Max Mahasiswa dapat memahami secara jelas tentang fasilitas-fasilitas dan penggunaannya dalam tampilan program 3D Studio Max

1.1 Terminologi Komputer Grafis Komputer Grafis mempunyai pengertian sebuah program komputer yang berfungsi mengolah data gambar baik yang berorientasi pada vektor berupa clip image maupun pada pixel berupa foto Program Komputer Grafis merupakan peralatan teknologi informasi yang berfungsi mengolah data gambar guna keperluan kegiatan komersial seperti keperluan sebuah perusahaan atau kegiatan sosial Banyak hasil karya yang diproses dalam format digital dengan menggunakan program ini untuk mendukung operasional sebuah perusahaan baik dilihat dari sudut komersial maupun sudut sosial

1.2 Klasifikasi Program Komputer Grafis Program Komputer Grafis dapat dibagi beberapa kategori diantaranya sebagai berikut Program Komputer Grafis berbasis Statis atau gambar diam, dimana karakter gambar disini menghasilkan gambar tidak bergerak atau diam. Untuk mewujudkannya harus melalui sarana pencetakan dengan kata laian dicetak. Program yang tergolong dalam kategori ini adalah Corel Draw, Adobe Illustrator yang mempunyai ciri khusus berupa karya vektor sedangkan yang mempuyai ciri pixel atau foto adalah Adobe Photoshop, Ulead Photo Impact, Corel Photo Paint

Program Komputer Grafis berbasis Dinamis/Interaktif atau bergerak, dimana hasil gambar mengisyaratkan adanya suatu pergerakkan yang berkesinambungan. Untuk menikmati hasil gambar perlu adanya suatu media khusus atau program yang di jalankan di dalam komputer. Karya jenis ini sering disebut juga dengan istilah karya animasi. Dalam implementasinya program ini sering mendukung dalam suatu operasional perusahaan, melalui media internet atau website. Program yang digunakan adalah Adobe Flash, Adobe Dream Weaver.

Program Komputer Grafis berbasis Lay-Out, dimana hasilnya mempunyai karakter pada penyusunan tata letak dari sebuah teks dan gambar. Hasil keluaran program ini berupa cetakan dalam bentuk media majalah, koran atau kalalog dan buku. Untuk menikmati hasilnya harus melalui proses cetak, atau juga bisa dinikmati dengan menggunakan media interaktif semacam website. Program yang digunakan dalam hal ini adalah Adobe InDesign. Program Komputer Grafis berbasis Editing, dimana hasil gambar mempunyai karakter bergerak berkesinambungan. Pergerakanan gambar tersebut bisa berupa pergerakan

Gambar vektor atau hasil animasi dn juga bisa dari gambar rekaman video. Untuk menikmati hasilnya harus menggunakan media sebagai sarana pemutar yang ditanam di dalam komputer. Progrm jenis ini sering disebut dengan istilah program editing yang berfungsi untuk mengedit hasil rekaman video dengan bentuk hasilnya bisa berupa program televisi seperti program feature, senetron atau karya film dokumenter maupun film layar lebar. Program yang tergolong dalam jenis ini adalah Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, Ulead Video Studio, Avid

Program Kompter Grafis berbasis 3 Dimensi, dimana hasilnya berkarakter 3 dimensi yang dapat dilihat dengan segala arah. Program ini dapat menciptakan benda-benda secara tiga dimensi,baik dalam bentuk pemodelannya maupun dengan bentuk animasinya. Dari karakter tersebut, maka program ini sering disebut dengan istilah Pemodelan dan Animasi 3 Dimensi. Banyak karya-karya audio visual yang dibuat dengan bantuan program ini seperti karya film layar lebar. Program yang digunakan dalam membuat benda 3 dimensi ini adalah 3 Dimensi Studio Max,Alias Maya, Poser

1.3 Aplikasi Program Komputer Grafis Statis Dalam perkuliahan ini, pembahasan diarahkan pada penguasaan teknologi digital melalui program komputer grafis berbasis statis. Penguasaan ditekankan pada tata cara penggunaan teknik-teknik dalam fasilitas program yang digunakan dalam mengolah data gambar. Implementasi penguasaan teknik-teknik tersebut dengan cara melakukan praktek langsung di dalam laboraturium komputer dengan paduan instruktur atau dosen yangbersangkutan Pembahasan dilakukan dengan pembahasan teori yang terkait dengan teknik, kemudian dipraktekkan langsung dalam komputer program

1.4 Program Komputer berbasis Vektor Program Komputer berbasis Vektor merupakan program yang dipelajari selama tengah semester dan dipelajari selama 7 pertemuan Setiap pertemuan akan dibahas beberapa teknik dengan didahuluipembahasan teori-teori yang terkait dan selanjutnya diimplementasikan dalam praktek. Pada setiap pertemuan akan menciptakan sesuatu bentuk sebagai penjabaran secara nyata dari teori serta dilanjutkan dengan praktek yang telah diterangkan Setiap mahasiswa harus melaksanakan tugas atau menciptakan bentuk yang telah diterangkan

1.5 Tampilan Program Corel Draw Program 3D Studio Max merupakan program komputer berbasis pada 3 Dimensi Program 3 D Studio Max digunakan dalam menciptakan karya-karya pemodelan dan animasi produk Program 3D Studio Max dalam penampilannya mempunyai view atau tampilan multi dan secara sistem dapat ditampilkan menjadi 4 bagian diantaranya Top (penampilan tampak atas), Front (penampilan tampak depan), Left (penampilan tampak kiri) dan Perspektive

Program 3D Studio Max mempunyai perinta-perintah yang berfungsi arahan dalam menciptakan sesuatu berdasarkan karakter penggunaannya dan kesemuanya itu ada dalan palet khusus yang terdiri dari berbagai macam ciri atau karakter. Letaknya ada diposisi sebelah kanan. Program 3D Studio Max juga mempunyai Time Line yang berfungsi untuk membuat key frame sebagai penggerak animasi benda. Letaknya di bagian bawah. Untuk mengetahui secara jelas ikuti penjelasan secara lengkap dalam tutorial di dalam kelas pada setiap kali pertemuan

SEKIAN PERKULIAHAN TOPIK 1 TERIMA KASIH

TUGAS Bacalah Buku Diktat Pengantar DKV Tulisan Teguh Imanto Bab I untuk memperdalam pengertian dari materi slide yang telah bahas di atas Beri tanda khusus untuk mengingat pokok pikiran dari materi di atas Lanjutkan dengan menjawab latihan soal pada halaman berikutnya

QUIZ Terangkan menurut anda pengertian Desain Komunikasi Visual Sebutkan dan Jelaskan secara lengkap ruang lingkup desain komunikasi visual SELAMAT BEKERJA