SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan
PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN PRODUK DAN PENGEMASAN KARYA KERAJINAN DARI BAHAN LUNAK SMA Swasta Harapan 1 Medan Kelas XI SMA
KI & KD Kompetensi Inti : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Inti 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI & KD Kompetensi Dasar : 1.1. Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan 2.1. Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya 2.2. Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
Kompetensi Dasar 2.3. Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha 3.1. Memahami desain produk dan pengemasasan karya kerajinan dari bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.. 4.1. Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan dari bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
INDIKATOR Indikator KD 2.1, KD 2.2 dan KD 2.3 : Menunjukkan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok. Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan percobaan. Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab.
INDIKATOR Indikator KD 3.1 : Menjelaskan konsep desain produk dalam kerajinan dari bahan lunak dengan berbagai teknik konstruksi (membentuk, menganyam, menenun, membordir, mengukir) Menjelaskan aneka karya kerajinan dari bahan lunak Menjelaskan fungsi karya kerajinan dari bahan lunak dari bahan lunak Membedakan unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan dari bahan lunak. Menjelaskan motif ragam hias pada kerajinan dari bahan lunak
INDIKATOR Menjelaskan teknik pembuatan benda kerajinan dari bahan lunak : (membentuk, menganyam, menenun, membordir, mengukir). Menjelaskan cara pengemasan karya kerajinan dari bahan lunak dengan perangkat lunak grafis Membuat desain dan pengemasan produk dari bahan lunak Melaporkan secara lisan atau tulisan mengenai karya kerajinan dari bahan lunak.
INDIKATOR Indikator KD 4.1 : Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat produk dan pengemasan karya kerajinan dari bahan lunak. Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya. Membuat produk dan pengemasan karya kerajinan dari bahan lunak.
MATERI Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak Unsur Ergonomis Unsur ergonomis adalah Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Unsur Estetika adalah unsur keindahan bentuk selalu bergantung pada sentuhan keindahan. Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah seperti berikut: Nilai-nilai keindahan (estetik) memiliki : 1. Kesatuan (unity), 2. Keselarasan (harmoni), 3. Keseimbangan (balance), 4. Kontras (contrast) 1. Keamanan (security) 2. Kenyamanan (comfortable) 3. Keluwesan (flexibility),
MATERI Motif Ragam Hias pada Kerajinan dari Bahan Lunak Berbagai motif ragam hias yang dapat digunakan untuk menghias karya kerajinan antara lain seperti berikut : a. Motif Realis Motif realis ialah motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar seperti bentuk tumbuh-tumbuhan, bentuk hewan atau binatang, bentuk batu-batuan, bentuk awan, matahari, bintang, bentuk pemandangan alam Contoh Gambar Motif realis
MATERI b. Motif Geometris Motif geometris ialah motif yang mempunyai bentuk teratur dan dapat diukur menggunakan alat ukur. Contoh: bentuk segi empat, segitiga, lingkaran, kerucut, dan silinder Contoh Gambar Motif geometris
MATERI c. Motif Dekoratif Pengertian dekoratif adalah menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif berupa gambar hiasan yang perwujudannya tampak rata, kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan. Contoh Gambar Motif dekoratif
MATERI d. Motif Abstrak Motif abstrak merupakan motif yang tidak dikenali kembali objek asal yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek-objek yang terdapat di alam maupun objek khayalan gubahan objek alam serta tidak menggunakan unsur tulisan yang terbaca. Motif abstrak di sini menggunakan bentuk yang lebih bebas, bukan geometris. Contoh Gambar Motif abstrak
Teknik Pembuatan Benda Kerajinan bahan lunak MATERI Teknik Pembuatan Benda Kerajinan bahan lunak Membentuk 1. Teknik Coil (Lilit Pilin) 2. Teknik Putar 3. Teknik Cetak b. Menganyam Menenun Membordir Mengukir
LATIHAN Kelompok : Masing-masing kelompok terdiri dari 5-8 orang. Mempraktikkan penggunaan perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil menggunakan motif ragam hias yang dibahas. Mengenal Menu ikon-ikon pada perangkat lunak grafis yang biasa digunakan untuk mendesain, diantaranya : 1. Menu Toolbox 2. Menu Arrange - Menu Transformation - Menu Shaping 3. Menu Windows - Menu Color Palletes - Menu Dockers
UJI KOMPETENSI
REFERENSI Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014 Artikel terkait materi dari Internet
PENYUSUN Nama : Ahmad Mardhani Chan, ST Mapel : Prakarya & Kewirausahaan Asal Sekolah : SMA Swasta Harapan Medan No. Telp/HP : 081376562655 Blog : dhaniahmad03.wordpress.com E-mail : dhanimilano03@gmail.com