PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Advertisements

LATIHAN PENGUASAAN TOMBOL
BAB IV – Mulai bekerja di komputer
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
Keyboard digunakan untuk melakukan input data pada komputer
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
K3.
MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL)
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL
Assalamu’alaikum Wr.Wb.. KEYBOARD Ahmad Nursohe Ahmad Miki Supriyatno Rizal Prasetiyo
MODUL 1 . KKPI KEGIATAN BELAJAR 2
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “TERAMPIL MENGETIK 10 JARI”
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Keyboard Cara memasang keyboard:
SISTEM OPERASI WINDOWS
FAKTOR MANUSIA.
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
Piranti Input Salah satu kunci dalam membantu dalam pemilihan piranti input dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian.
Profil Komputer.
Pengertian Dan Jenis Keyboard
Pertemuan ke-1 PENGENALAN KEYBOARD Oleh Arifin Junaedy.
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
2 Kompetensi Dasar Indikator
Mouse optis Kelompok XXIV.
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Negeri 1 Mantewe Tahun Pelajaran 2016/2017.
Keterampilan Mengetik 10 Jari
MICROSOFT OFFICE EXCEL
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Media Pembelajaran ADP
KONSEP INTERFACE
MICROSOFT OFFICE EXCEL
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
K3 DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Data dan Informasi.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KEYBOARD
MICROSOFT OFFICE EXCEL
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Piranti Input.
Wilujeung Sumping SMKN 2 KOTA TASIKMALAYA Klik untuk memulai
KEGIATAN BELAJAR 2 Mengetik 10 Jari.
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
Komponen perangkat input
Interaction Devices and Input-Output
Mempelajari Administrasi Perkantoran
Kinds Of Input/Interaction Devices
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
Peralatan Input (Input Device)
KEYBOARD.
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010
Oleh : Vivi Amalia Shofiana Teknik Komputer dan Jaringan
INPUT DEVICE.
Interaksi Manusia dan Komputer #3: Pengenalan Komponen Interaksi
Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.
KEGIATAN BELAJAR 2 Mengetik 10 Jari.
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
This presentation uses a free template provided by FPPT.com TEKNIK PENGETIKAN (KEYBOARDING) 10 JARI Teknologi Perkantoran.
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE

Arti Keyboard Keyboard adalah bagian paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi pemakai untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. HARDWARE

cont Keyboard komputer diciptakan dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. HARDWARE

Jenis-Jenis Keyboard : 1.) QWERTY 2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERG 4.) Maltron 5.) Chord 6.) Proyeksi HARDWARE

Qwerty Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan. HARDWARE

Dvorak Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan HARDWARE

KLOCKENBERG Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang HARDWARE

Chord Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan. HARDWARE

Maltron Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari. HARDWARE

Proyeksi Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse. HARDWARE

Tips Memilih dan Merawat Keyboard Pilih keyboard yang ergonomis. Warna keyboard juga berpengaruh pada penglihatan (Pilih warna keyboard yang tidak 'sakit' dipandang mata misalnya hitam dan perak). Pertimbangkan fungsi ekstra yang disertakan pada keyboard. Bagi pengguna yang menginginkan keamanan pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard, saat ini sudah tersedia keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari. Pilihlah keyboard dengan port USB. Sesuaikan harga keyboard dengan kantong Anda. Rawat keyboard dengan cara rajin membersihkannya. HARDWARE

Tugas Tugas silahkan cari gambar dan jelaskan pernedaan mendetail dari masing-masing keyboard. HARDWARE

SEKIAN HARDWARE