Algoritma & Pemrograman I

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
QUIS C++ Siapkan Kertas Selembar, pada kertas tersebut tuliskan:
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN C IRSAN JAELANI.
A. Sekilas Bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa B. Bahasa C pertama kali ditulis oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie pada tahun 1972.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Pemrograman Terstruktur
Perintah Input/Output
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator
Pengenalan Variabel, Tipe Data dan Perintah Masukan dan Keluaran
Perintah Input-OutPut
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1 Lab K Semester 1 WLD,Nanda,Hefi.
Elemen Dasar Program C++
Statement Input – Output
Dasar Pemrograman Komputer
Modul 2 Pengenalan Bahasa C++
Elemen Dasar C++ (Part 1)
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 3
Pengantar C++.
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
PEMROGRAMAN DASAR.
INPUT DAN OUTPUT OLEH: SRI SUPATMI,S.KOM.
Pertemuan III Komentar, Identifier dan Tipe data.
Elemen dasar Pertemuan 3.
Algoritma & pemrograman 1B
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
STRUKTUR DATA Pengenalan C++
Pendahuluan Erfin Gustaman.
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
TIPE DATA DAN VARIABEL (PENGENALAN MODEL DATA, MASUKAN DAN KELUARAN C++ Oleh Veri Julianto, M.Si.
BORLAND C++ Pemrograman I Nama : Ahmat Josi,S.Kom.,M.Kom
Bentuk standar dalam penulisan bahasa c/c++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
PEMROGRAMAN DASAR (BAHASA C)
Mengenal Model Data, Perintah I/O
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
LAB PEMOGRAMAN DASAR (BAHASA C)
Perintah Input/Output
PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
Input/output Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
02.1 Hari-2.
(Struktur Dasar, Variabel, Tipe Data, Input, Output, Komentar)
Bagian 4 LINTAS DATA.
Input Dan Output.
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
Pemrograman Terstruktur
ALGORITMA & STRUKTUR DATA I
Mengenal Model Data, Perintah I/O
Pemrograman Terstruktur
PERINTAH INPUT DAN OUTPUT
Input dan Output Pertemuan ke-3 Bahasa C.
Mencetak & Membaca Data
Variabel dan Tipe Data TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan 3 Input/output Statement Assignment Statement
Pertemuan 2 Pengantar Pemrograman
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Algoritma dan Stuktur Data
Mencetak Nilai Konstanta
Pengantar Pemrograman Bahasa C
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
Operator, Variabel, Konstanta, Tipe Data
T0616 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (2)
Algoritma dan Pemrograman 1 C++
Transcript presentasi:

Algoritma & Pemrograman I BORLAND C++ Bina Sarana Informatika March, 2012

Peraturan Praktikum Keterlambatan 15 Menit Wajib Membawa Laptop Setiap Pertemuan Wajib Memiliki Modul, Silabus, SAP, Dan Menginstal Software Borland C++ 5.02 Keterlambatan Max. 15 Menit Menggunakan Pakaian Yg Sopan Min. Kaos Berkerah Dilarang Makan Dan Minum Selama Proses Pembelajaran Tidak Boleh Menggunakan Sendal Jepit

SILAHKAN INSTAL BORLAND C++ 5.02 TERLEBIH DAHULU !!!!

Sumber Referensi Al Fatta, Harif, S.Kom. 2006. Dasar Pemrograman C++. Andi Offset. Yogyakarta. Frieyadie. 2006. Panduan Pemrograman C++. Andi Offset. Yogyakarta. Kadir, Abdul. 2001. Pemrograman C++ menggunakan turbo C++ dan Borland C++. Andi Offset. Yogyakarta. Nugroho, Adi, ST., MMSI. Pemrograman Berorientasi Objek. Informatika. Bandung. Raharjo, Budi. 2004. Mengungkapkan Rahasia pemrograman dalam C++. Informatika. Bandung.

Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++, Model Data dan Tipe Data Sejarah Singkat C++ 1. Bahasa C dikembangkan di Bell Lab pd thn 1977 oleh Brian W Keminghan & Denies M. 2. Pada thn 1980, Bjame Stroustrup mengembangkan bhs C yg dinamakan “C with Classes” & berganti nama pada thn 1983 menjadi C++ oleh Rick Mascitti di Lab Bell AT & T. 3. Pada C++ ditambahkan classs dngn sifat-sifatnya disebut dngn Object Oriented Programming Pengenalan IDE Borland C++

1. Menulis Naskah Program. 2. Mengkompilasi Program ( Compile ) 3. Melakukan Pengujian Program ( Debugging ) 4. Mengaitkan Object dan Library ke Program ( Linking ) 5. Menjalankan Program ( Running )

Mengenal Istilah Program C++ Menterjemahkan Program/ Proses Compile yaitu menterjemahkan program dari bahasa manusia ke dalam bahasa mesin. (Alt + F9) Menjalankan Program/ Proses Run yaitu menterjemahkan program dan melakukan proses linking, serta membuat file eksekusi sekaligus menjalankan program. (Ctrl + F9)

Struktur Program C++ Bentuk Umum: Contoh: 1. #include <file-header> merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++ (contoh, apabila ingin menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header iostream.h) 2. main() merupakan awal mula dari blok program utama tanda { dan } sebagai punctuator yang awal blok program hingga akhir blok program 3. cout merupakan perintah keluaran pada C++ 4. getch(); apabila ditempatkan sebelum funtuator }, maka berfungsi sebagai penahan dari tampilan hasil #include <file-header> main() { pernyataan; }

1. Memulai Borland C++ : Menyimpan File a. Kik Menu File  Save b. Menekan HotKey Ctrl + KS. 1. Memulai Borland C++ :

3. Meneterjemahkan Program a. Kik Menu Project Compile b. Menekan HotKey Alt + F9 4. Menjalankan Program a. Kik Menu Debug Run b. Menekan HotKey Ctrl + F9

5. Membuka File Editor a. Klik Menu File  Open

Contoh 1 : Hasil : #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { cout<<"BELAJAR BORLAND C++"; getch(); } Hasil :

Hasil : Contoh 1 :

Pengenalan Model Data Tipe Data Tipe Data Ukuran Memori Jangkauan Nilai Jumlah Digit char 1 Byte -128 s.d 127 int 2 Byte -32768 s.d 32767 short long 4 Byte -2,147,435,648 s.d 2,147,435,647 float 3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38 5 – 7 double 8 Byte 1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308 15 – 16 10 Byte 3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10+4932 19 Tipe Data Jumlah Memori Jangkauan Nilai Unsigned Integer 2 Byte 0 – 65535 Unsigned Character 1 Byte 0 – 255 Unsigned Long Integer 4 Byte 0 – 4,294,967,295

Konstanta Konstanta Bilangan Konstanta Teks Adalah Suatu nilai yang sifatnya tetap Konstanta Bilangan Konstanta Bilangan Bulat (Integer) Konstanta Desimal Berpresisi Tunggal (Floating Point) Konstanta Desimal Berpresisi Ganda (Double Precision) Konstanta Teks Data Karakter (Character), cth: ‘B’, ‘S’, ‘I’ Data Teks (String), cth: ‘BSI’

Variabel Deklarasi Konstanta Syarat: Bentuk Umum: const nama_konstanta = nilai konstanta; const tipe_data nama_konstanta = nilai konstanta; Cth: cons x=89; const float phi = 3.14; Variabel suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Syarat: Tidak boleh ada spasi Tidak boleh di awali dengan angka

Deklarasi Variabel Variabel Angka Variabel Teks Variabel Angka TIPE VARIABEL SIMBOL DEKLARASI Integer int Floating Point float Double Precision double Karakter char String Unsigned Integer unsigned int Unsigned Character unsigned char Long Integer long int Unsigned Long Integer unsigned long int Variabel Angka Variabel Teks Variabel Angka

Tipe_data nama_variabel; Bentuk Penulisan Tipe_data nama_variabel; Contoh Deklarasi char nama_mahasiswa[20]; char grade; float rata_rata ; int nilai;

printf() cout() puts() putchar() Perintah Masukan scanf() cin() gets() Perintah Keluaran Perintah Masukan printf() cout() puts() putchar() scanf() cin() gets() getch() getche()

printf()  scanf() Bentuk umum printf() printf(“String kontrol/ keterangan”,argumen1,argumen2); Bentuk umum scanf() scanf(“penentu format”, nama_variabel);

Penentu Format Untuk printf() Penentu Format printf() dan scanf() TIPE DATA Penentu Format Untuk printf() Integer %d Floating Point Bentuk Desimal %f Bentuk Berpangkat %e Bentuk Desimal dan Pangkat %g Double Precision %lf Character %c String %s Unsigned Integer %u Long Integer %ld Long Unsigned Integer %lu Unsigned Hexadecimal Integer %x Unsigned Octal Integer %o

Contoh 1(): #include <stdio.h> #include <conio.h> #include <iostream.h>   main() { char nama[5] ="bima"; int nilai = 100; clrscr();  printf("hai %s, Kamu mendapatkan Nilai %i" , nama, nilai); getch(); } (Clear screen) untuk membersihkan layar dari aktifitas sebelumnya (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

Penggunaan Penentu Lebar Field Contoh 2: Contoh 3: #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { float a1=87.5, a2=77.50; clrscr(); printf("Nilai Tugas 1: %2f \n",a1); printf("Nilai Tugas 2: %2f ",a2); getch(); } #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { float a1=87.5, a2=77.50; clrscr(); printf("Nilai Tugas 1: %2.2f \n",a1); printf("Nilai Tugas 2: %2.2f",a2); getch(); }

Contoh scanf() #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { char nama[15],kelas[20],hobby[15]; clrscr(); printf(“\t Biodata Saya\n\n”); printf(“ Nama :”); scanf(“%s”,&nama); printf(“Kelas : ”);scanf(“%s”, &kelas); printf(“Hobby : ”); scanf(“%s”, &hobby); getch(); }

Penggunaan Escape Sequence Menggunakan notasi “\” (back slash) jika notasi “\” ini sebagai karakter escape (menghindar). Berikut Escape Sequence lainnya antara lain: Escape Sequence Pengertian \b Backspace \f Formfeed \n New line \r Carriage return \t Tab (default = 8 karakter) \’ Tanda kutip tunggal

puts() = printf() Contoh puts()  Untuk mencetak string ke layar. puts()  put string. Perbedaan antara printf() dan puts(): Printf() Puts() Harus menggunakan pennetu tipe data dari tipe data string, yaitu %. Tidak perlu penentu tipe data string, karena fungsi ini khusu tipe data string Untuk mencetak pindah baris, memerlukan notas ‘\n’ Untuk mencetak pindah baris tidak perlu notasi ‘\n’, karena sudah diberikan secara otomatis. Contoh puts()  #include <stdio.h> #include<conio.h> main() { char x[5] = “BSI”; clrscr(); puts(“Anda kuliah di “); puts(x); getch(); }”

putchar()  menampilkan sebuah karakter kelayar. Contoh putchar()  #include <stdio.h> #include<conio.h> main() { clrscr(); putchar(‘A’); putchar(‘M’); putchar(‘I’); putchar(‘K’); putchar(‘-’); putchar(‘2’); putchar(‘0’); putchar(‘1’); getch(); }

cout()  cin() Contoh:  File header yg digunakan  iostream.h Sebuah objek didalam borland c++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar Sebuah objek didalam borland c++ digunakan untuk memasukan sebuah data, #include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> main() { int nilai1, nilai2, total; clrscr(); cout<<“Masukan Nilai 1 = ”; cin>>nilai1; cout<<“Masukan Nilai 2 = ”; cin>>nilai2; total=nilai1+nilai2; cout<<“Total Nilai = ”<<total<<endl; getch(); } Contoh: 

Fungsi Manipulator endl end flush() dec() hex() oct() setbase() setw() setfill() setprecision() setosflags()

PERTANYAAN Apa Bahasa Pemrograman yg kita gunakan ? IDE singkatan dari ? Sebutkan Fungsi IDE ada 5 diantaranya ? Bentuk Umum Penulisan Borland C++ ?

Latihan 1 Buatlah program untuk menghitung nilai rata-rata dari seorang siswa, dengan ketentuan sebagai berikut : Nim Siswa, Nama Siswa, Nilai Tugas 1, Nilai Tugas II, Nilai Tugas III diinput. Nilai Rata-rata merupakan hasil dari Nilai Tugas I, II dan III dibagi dengan 3. Tampilan yang diinginkan sebagai berikut : 2. Layar Masukkan PROGRAM HITUNG NILAI RATA-RATA Nim Siswa : Nama Siswa : Nilai Tugas I : Nilai Tugas II : Nilai Tugas III : 3. Layar Keluaran Nim ........ Siswa yang bernama …… Memperoleh nilai rata-rata ….. dari hasil tugas yang diikutinya.

Latihan 2 Buatlah program untuk menghitung nilai akhir seorang siswa dari kursus yang di ikutinya. Dengan ketentuan sebagai berikut: Nama siswa, nilai keaktifan, nilai tugas dan nilai ujian diinput Proses yang dilakukan untuk mendapatkan nilai murni dari masing-masing nilai adalah  nilai murni keaktifan = nilai keaktifan dikalikan dengan 20%  nilai murni tugas = nilai tugas dikalikan dengan 30%  nilai murni ujian = nilai ujian dikalikan dengan 50%  nilai akhir adalah nilai murni keaktifan + nilai murni tugas + nilai murni ujian Tampilan yang diinginkan sebagai berikut: Layar Masukan PORGRAM HITUNG NILAI AKHIR Nama Siswa : Nilai Keaktifan : Nilai Tugas : Nilai ujian :

Layar Keluaran: Siswa yang bernama …… Dengan nilai presentase yang dihasilkan: Nilai Keaktifan * 20% : …… Nilai Tugas * 30% : ……. Nilai Ujian * 50% : …… Jadi Siswa yang bernama …. Memperoleh nilai akhir sebesar …….

Exercise Multiple Choice 1. Bahasa C dikembangkan pada tahun… a. Tahun 1977 d. Tahun 1985 b. Tahun 1980 c. Tahun 1983 2. Bahasa C berganti menjadi bahasa C++ pada tahun… 3. Siapa yang mengganti bahasa C menjadi C++, sebutkan: a. Brian W Keminghan d. Rick Mascitti b. Denies M c. Bjame Stroustrup 4. Menterjemahkan program, melakukan proses lingking, membuat file eksekusi serta menjalankan program (ctrl + F9), disebut: a. Compile d. Debuging b. Execution c Run

5. Sebutkan perintah-perintah masukan, kecuali: a. scanf() d. getch() b. cin() e. printf() c. gets() 6. Merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++, disebut…. a. #include <file-header> d. getch() b. main() e. clrscr() c. cout 7. Sebutkan perintah-perintah keluaran, kecuali: a. puts() d. printf() b. putchar() e. gets() c. cout()