Kuliah al-Islam III, FIP, 7 Juni 2012

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hukum Islam tentang Muamalah
Advertisements

Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
RIBA Riba berasal dari bahasa Arab yang berarti lebih atau Tambahan
JUAL BELI KHIYAR QIRADH
JUAL BELI DALAM PANDANGAN ISLAM
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Nikah Arti Nikah; Bahasa: الضم و الجمع (bergabung dan berkumpul), terkadang kata-kata ‘Nikah’ sebagai ungkapan berhubungan dan juga kata ini dimaksudkan.
HOME.
Fiqih Muamalah: RIBA Disampaikan pada perkuliahan STAI Al-Hidayah tanggal 01 November oleh: Enteng Suwondo Firman Taufik Fuad Hasan Haristian Sahroni Putra.
Riba dan Bank Oleh: Anggraini Dwi Ikhwani اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُة.
BAB 5 SUMBER HUKUM ISLAM Standar Kompetensi
FIQIH MUAMALAH (JUAL BELI)
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
ِ HUKUM-HUKUM JUAL BELI
LARANGAN TENTANG MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
SYARI’AH MU’AMALAH A. Arti dan Pengertiannya.
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
Pertemuan Ke-3.
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
Menyebutkan arti Q.S. al-Ma’idah /5:90-91 dan 32 serta hadis tentang makanan dan minuman yang halal dan bergizi dengan benar. Menjelaskan makna isi kandungan.
أَحْكَامُ اْلبُيُوْعِ HUKUM-HUKUM JUAL BELI (baG 2)
Etika Bisnis Islami Murabahah & Mudharabah Kelompok 2:
PRINSIP-PRINSIP MUAMALAH DALAM EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Tafsir Ayat dan Hadis tentang Mudharabah
RENUNGAN.
Etos (motivasi) Kerja Unggulan
EKONOMI SYARIAH Bab IV Kelas X.
Maulid Nabi Muhammad SAW
Ekonomi Islam “Riba/Bunga dan Perekonomian tanpa Bunga”
ANASIR HADIS SIAP UNTUK KULIAH??? SANAD / RAWI MATAN
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
EKONOMI SYARI’AH DALAM PRAKTEK
Kelompok 6 : Septi Indriasari Desy Iswara
Pertemuan V PAI Ekonomi dan Kebudayaan Islam
MURABAHAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
PRINSIP DASAR & KARAKTERISTIK EKONOMI ISLAM
AKAD BISNIS DALAM ISLAM
WASIAT DAN HIBAH.
HERNANDA DAMANTARA (E )
PENERAPAN AKUNTANSI MURABAHAH PADA PERBANKAN SYARIAH
Pertemuan Ke-3.
AKHLAK BERMASYARAKAT.
Oleh: Anton Sudrajat, MA
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Jual Beli dan Jual Beli Terlarang I
KEPUTUSAN FATWAMAJELIS ULAMA INDONESIA BUNGA (INTEREST/FA’IDAH)
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
BAB 10 PERILAKU TERCELA Standar Kompetensi
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
Pengertian Adil Adil adalah memutuskan suatu perkara sesuai dengan perbuatan seseorang tanpa memandang rakyat atau pejabat kaya atau miskin, siapa.
RIBA DEFINISI RIBA Dari segi bahasa : Bertambah
مختارات في آداب المجالس.
القياس.
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
Kelas Bimbingan Dewasa Unit 6 Bersuci Dari Hadas
ETIKA BISNIS ISAM Dr. H. ANDI DARMAWANGSA, s.Ag., M. Ag.
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
KONVENSYEN MEDIC INSANIAH
Perekonomian Dalam Islam “Jual Beli”. JUAL BELI Pengertian dan Hukum Jual Beli Rukun dan Syarat Jual Beli Macam-macam Jual Beli Bentuk-Bentuk Jual Beli.
Kesesuaian Referensi dalam Makalah Eksplorasi Gagasan Baru Riset Kimia Berbasis Wahyu R. Arizal Firmansyah Diskusi Dosen: Semarang, 29 Nopember 2016.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
H.M. Shiddiq Al-Jawi, S.Si, MSI
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
JUAL BELI VS RIBA.
PENTINGNYA UKHUWAH ISLAMIYAH ADI MANSAH. إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
16 TRANSAKSI TERLARANG Dalam Ekonomi Islam 1. Riba Tambahan yang diberikan dalam pertukaran barang-barang ribawi (al-amwal al-ribawiyah) dan tambahan.
Transcript presentasi:

Kuliah al-Islam III, FIP, 7 Juni 2012 JUAL BELI Kuliah al-Islam III, FIP, 7 Juni 2012 Jual Beli

Pokok Bahasan Pengertian Landasan Rukun Jual Beli Tentang Akad Syarat Objek Akad Macam Jual Beli Khiyar Riba Jual Beli

Pengertian Jual beli secara harfiah : pergantian/pertukaran (al-mubadalah) Jual Beli

Landasan Hukum الذين يأكلون الربا لا يقومون إلا كما يقوم الذي يتخبطه الشيطان من المس ذلك بأنهم قالوا إنما البيع مثل الربا وأحل الله البيع وحرم الربا فمن جاءه موعظة من ربه فانتهى فله ما سلف ولأمره إلى الله ومن عاد فأولئك أصحب النار هم فيها خلدون (البقرة : 275) أفضل الكسب عمل الرجل بيده وكل بيع مبرور (الحديث) لا غش فيه ولاخيانة Jual Beli

Landasan Hukum يأيها الذين ءامنوا أوفوا بالعقود (المائدة :1) يأيها الذين ءامنوا لا تأكلوا أمولكم بينكم بالباطل (النساء: 29) يأيها الذين ءامنوا إذا تداينتم بدين إلى أجل مسمى فاكتبوه (البقرة : 282) وإن كنتم على سفر ولم تجدوا كاتبا فرهان مقبوضة (البقرة : 283) وأشهدوا إذا تبايعتم (البقرة: 282) Jual Beli

Rukun Jual Beli Orang yang berakad (penjual-pembeli) Akad (Ijab Kabul) Objek akad (benda/barang) Jual Beli

Tentang Akad (Ijab Kabul) Inti akad adalah kerelaan Tidak ada lafaz ijab kabul khusus Benda yang kecil disesuaikan dengan adat yang berlaku di masyarakat Utamanya dengan lisan Dengan tulisan (kitabah) Dengan utusan (rasul) Jual Beli

Tentang akad Ulama Syafiiyah لا ينعقد البيع إلا بالصفة الكلامية Ulama Malikiyah إن البيع قد وقع وقد لزم بالإستفهام Akad Muathat / akad dg perbuatan المعاطة وهي الأخذ والإعطاء بدون كلام كأن يشتري شيئا ثمنه معلوم له فالأخذ من البائع ويعطيه الثمن وهو يملك بالقبض Jual Beli

Syarat Pada Barang Suci vs khamar, bangkai Bermanfaat menurut Syara vs cicak,… Milik sendiri vs miliki OL Dapat diterima vs barang yg hilang, kabur Diketahui vs tidak diketahui kadarnya (banyak, berat, takaran) Jual Beli

Macam Jual Beli Jual beli benda yg kelihatan (dibolehkan) Jual beli benda yg tidak kelihatan, tetapi disebutkan sifat-sifatnya dalam janji; jual beli tidak kontan (bay’ al-salam-- dibolehkan) Jual beli benda yg tidak ada yg berpotensi penipuan (bay’ al-gharar- diharamkan) بيع السلم بيع الغرر Jual Beli

Jual Beli Tipuan (bay’ al-gharar) مر النبي صلى الله عليه وسلم برجل يبيع الطعام, فأعجبه ظاهره, فأدخل يده فيه فوجد به بللا فقال : ما هذا يا صاحب الطعام قال : أصابته السماء –يريد أن المطر نزل عليه—فقال عليه السلام: فهلا أبقيته فوق الطعام حتى يراه الناس ؟ من غش, وفي رواية (من غشنا فليس منا) إن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن بيع العنب حتى يسود وعن الحب حتى يشد لا تشتروا السمك في الماء فإنه غرر (رواه أحمد) Jual Beli

Jual Beli Zaman Jahiliyah Jual beli tanaman di ladang (muhaqalah) Jual beli buah yg belum pantas dipanen (mukhdadharah) Jual beli secara lempar melempar (munabadzah) Jual beli buah yg basah dg buah yg kering (muzabanah) Jual beli dengan cara sentuh menyentuh (mulamasah) Jual Beli

Jual Beli Zaman Jahiliyah عن أنس رضي الله عنه قال نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن المحاقلة والمخاضرة والملامسة والمنابذة والمزابنة (رواه البخاري) Jual Beli

Khiyar Pilihan untuk meneruskan atau membatalkan jual beli Khiyar Majelis Khiyar Syarat (ada syarat waktu) Khiyar Aib Jual Beli

Riba Secara bahasa : tambahan (al-ziyadah) Tambahan dari pokok harta وإن تبتم فلكم رؤوس أمولكم لا تظلمون ولا تظلمون (البقرة : 279) Eksploitasi : dasar hukum riba الذين يأكلون الربو لا يقومون إلا كما يقوم الذي يتخبطه الشيطان من المس (البقرة : 275) Semua agama (Samawi) melarangnya Jual Beli

Ayat2 ttg Riba وإن تبتم فلكم رؤوس أمولكم لا تظلمون ولا تظلمون (البقرة : 279) الذين يأكلون الربو لا يقومون إلا كما يقوم الذي يتخبطه الشيطان من المس (البقرة : 275) وأخذهم الربا وقد نهوا عنه ( النساء : 161) وما ءاتيتم من ربا ليربوا في أموال الناس فلا يربوا عند الله وما ءاتيتم من زكاة تريدون وجه الله فأولئك هم المضعفون (الروم : 39) Jual Beli

Ayat2 ttg Riba يأيها الذين ءامنوا لا تأكلوا الربا أضعافا مضاعفة واتقوا الله لعلكم ترحمون (أل عمران : 13) يأيها الذين ءامنوا اتقو الله وذروا ما بقي من الربا إن كنتم مؤمنين, فإن لم تفعلوا فأذنوا بحرب من الله ورسوله وإن تبتم فلكم رؤوس أمولكم لا تظلمون ولا تظلمون (البقرة : 278-279) Jual Beli

Macam Riba Riba Nasiah Riba Fadhl ربا النسيئة هو الزيادة المشروطة التي يأخذها الدائن من المدين نظير التأجيل—محرم بالكتاب والسنة والإجماع ربا الفضل هو بيع النقود بالنقود أو الطعام بالطعام مع الزيادة—محرم بالسنة والإجماع Jual Beli

Hikmah Pengharaman Riba Kiranya cukup untuk mengetahui hikmahnya seperti apa yang dikemukakan oleh Imam ar-Razi dalam tafsir Qurannya sebagai berikut: 1. Riba adalah suatu perbuatan mengambil harta kawannya tanpa ganti. Sebab orang yang meminjamkan uang 1 dirham dengan 2 dirham, misalnya, maka dia dapat tambahan satu dirham tanpa imbalan ganti. Sedang harta orang lain itu merupakan standard hidup dan mempunyai kehormatan yang sangat besar, seperti apa yang disebut dalam hadis Nabi Muhammad SAW: 2. "Bahwa kehormatan harta manusia, sama dengan kehormatan darahnya."Oleh karena itu mengambil harta kawannya tanpa ganti, sudah pasti haramnya.   Jual Beli

3. Bergantung kepada riba dapat menghalangi manusia dari kesibukan bekerja. Sebab kalau si pemilik uang yakin, bahwa dengan melalui riba dia akan beroleh tambahan uang, baik kontan ataupun berjangka, maka dia akan memudahkan persoalan mencari penghidupan, sehingga hampir-hampir dia tidak mau menanggung beratnya usaha, dagang dan pekerjaan- pekerjaan yang berat. Sedang hal semacam itu akan berakibat terputusnya bahan keperluan masyarakat. Satu hal yang tidak dapat disangkal lagi bahwa kemaslahatan dunia seratus persen ditentukan oleh jalannya perdagangan, pekerjaan, perusahaan dan pembangunan.(Tidak diragukan lagi, bahwa hikmah ini pasti dapat diterima, dipandang dari segi perekonomian). Jual Beli

4. Riba akan menyebabkan terputusnya sikap yang baik (ma'ruf) antara sesama manusia dalam bidang pinjam-meminjam. Sebab kalau riba itu diharamkan, maka seseorang akan merasa senang meminjamkan uang satu dirham dan kembalinya satu dirham juga. Tetapi kalau riba itu dihalalkan, maka sudah pasti kebutuhan orang akan menganggap berat dengan diambilnya uang satu dirham dengan diharuskannya mengembalikan dua dirham. Justru itu, maka terputuslah perasaan belas-kasih dan kebaikan. (Ini suatu alasan yang dapat diterima, dipandang dari segi etika). Jual Beli

5. Pada umumnya pemberi piutang adalah orang yang kaya, sedang peminjam adalah orang yang tidak mampu. Maka pendapat yang membolehkan riba, berarti memberikan jalan kepada orang kaya untuk mengambil harta orang miskin yang lemah sebagai tambahan. Sedang tidak layak berbuat demikian sebagai orang yang memperoleh rahmat Allah. (Ini ditinjau dari segi sosial). Ini semua dapat diartikan, bahwa dalam riba terdapat unsur pemerasan terhadap orang yang lemah demi kepentingan orang kuat (exploitasion de l'home par l'hom) dengan suatu kesimpulan: yang kaya bertambah kaya, sedang yang miskin tetap miskin. Hal mana akan mengarah kepada membesarkan satu kelas masyarakat atas pembiayaan kelas lain, yang memungkinkan akan menimbulkan golongan sakit hati dan pendengki; dan akan berakibat berkobarnya api pertentangan di antara anggota masyarakat serta membawa kepada pemberontakan oleh golongan ekstrimis dan kaum subversi. Jual Beli

Penutup Demikian Terimakasih Jual Beli