Produksi Konten Multimedia (lanjutan)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Teknik Multimedia Minggu Ke 3.
ULEAD VIDEO STUDIO Direktorat e-Business
Representasi audio dan video
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Element Multimedia Eri Prasetyo.
SMK PGRI 1 Kota Tangerang Alir Proses Produksi Produk Multimedia
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Proses Produksi Konten Multimedia Pertemuan 3
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Sistem Multimedia.
Pemrograman multimedia
Produksi Multimedia (KMN 504)
Perangkat Lunak [Software]
1.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3.
PASCA PRODUKSI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Sistem Operasi - Multimedia
Produksi Konten Multimedia
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
Memahami etimologi multimedia
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PRAKTIKUM CASE Ati Suci Dian Martha, S.Kom., M.T. -
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Proses produksi konten multimedia:
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA #rahmatSetiawan rhOne15.wordpress.com.
Macromedia Flash.
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
DASAR DASAR MULTIMEDIA
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
Sistem Multimedia Materi : Audio/Suara.
PENGOLAHAN CITRA DAN POLA CITRA DIGITAL
Memahami etimologi multimedia
Multimedia Authoring Tools
Macromedia Flash.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Memahami Etimologi Multimedia
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
1.
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
4.2 PERKAKASAN DAN PERISIAN
Macromedia Flash.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Memahami etimologi multimedia
Pengolahan kata dan desktop publishing
1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Animasi Flash.
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Element Multimedia Eri Prasetyo.
Transcript presentasi:

Produksi Konten Multimedia (lanjutan) pertemuan ke-3 Produksi Konten Multimedia (lanjutan)

Proses produksi konten multimedia Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.

Proses produksi konten multimedia: akuisisi, digitalisasi, audio sampling, editing, authoring, animasi.

Akuisisi Akuisisi: Proses pengambilalihan konten media dalam multimedia.

Digitalisasi Digitalisasi: Digitalisasi merupakan proses merubah bentuk analog menjadi digital, seperti: a. Image b. Audio

Image Menggunakan camera analog dan camera digital, kemudian dapat dilakukan image processing pada komputer secara digital dengan berbagai software, diantaranya : Paint (untuk proses pewarnaan) Microsoft paint Lview pro Paint shop pro dll

Audio Salah satu kunci maraknya musik digital adalah kemajuan teknologi kompresi data. Pemanfaatan ini bisa memperkecil data jadi sepersepuluh kali, bahkan seperseratus kalinya.

Audio sampling Transformasi dari sinyal continous (time-depended) ke data diskrit. Quantized Amplitude Signal -> sampling size (bit) Sampling: interval antara pengambilan data Sample Rate / Frequency = banyaknya sampling per detik (Hz)

REPRESENTASI SUARA Gelombang suara analog tidak dapat langsung direpresentasikan pada komputer. Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk menghasilkan sejumlah angka. Tiap satuan pengukuran ini dinamakan “SAMPLE”.

editing Editing software multimedia memberikan kemampuan untukmembuat video atau rekaman audio. Alat video dapatmemotong bagian yang tidak diinginkan, menampilkan bagian yang berbeda bersama-sama, dan overlay, grafis dan teks bersamaan. Editing yang baik membutuhkan waktu dan beberapa keterampilan, tetapi sejumlah biaya- rendah dapatmenggunakan paket langsung seperti : GarageBand, Audacity, iMovie, dan Adobe Premiere Elements

authoring Melibatkan menyusun, strukturisasi dan menyajikan informasi dalam bentuk dokumen yang dibuat di beberapa media atau media (Csinger, 1995). Secara tradisional telah diterapkan pada produksi dokumen teks statis. Dengan munculnya sistem multimedia digital - yang dapatmenggabungkan teks, audio, dan gambar bergerak, proses authoring menjadi jauh lebih kompleks.

Authoring Dimensi Ketiga dimensi, yaitu, waktu, dimensi ruang dan digital tidak sepenuhnya ortogonal. Perubahan dalam satu dimensi dapat mempengaruhi komposisi dimensi lain. Dimensi temporal Berkaitan dengan komposisi presentasi multimedia dalam waktu.Aspek utama dari komposisi temporal narasi, yang mirip dengan plot cerita.

Proses authoring Semua sistem authoring memerlukan proses yang penulis perlu untuk mengikuti, untuk secara efektif menyampaikan ide-ide mereka kepada konsumen konten. Proses yang terlibat dalam menciptakan sebuah presentasi multimedia digital telah berevolusi dari proses yang digunakan dalam sistem media massa authoring, dan beberapa di antaranya digunakan sebagai metafora untuk mendukung proses penciptaan multimedia. Sebagai contoh, PowerPoint menggunakan metafora slideshow, yang berhubungan dengan kuliah presentasi berdasarkan proyektor slide (optik)

Software yang digunakan sebagai Multimedia Authoring diantaranya : a. Macromedia Flash b. Macromedia Director c. Authorware d. Quest(similar to Authorware in many ways) e. Adobe Premiere f. Macromedia Director , Flash and MX

Tools multimedia authoring Dengan menggunakan Tools multimedia authoring, dapat dilakukan : a. Video productions b. Animations c. Games d. Demo disks and interactive guided tours e. Presentations f. Interactive kiosk application g. Interactive training h. Simulations, prototypes, and technical visualizations

Tools multimedia authoring (Lanjutan…..) Dengan menggunakan Tools multimedia authoring, dapat dilakukan : a. Video productions b. Animations c. Games d. Demo disks and interactive guided tours e. Presentations f. Interactive kiosk application g. Interactive training h. Simulations, prototypes, and technical visualizations

animasi Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan. Ketika frame- frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusi perubahangambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision”

Animasi 3 Dimensi Animasi 3D mudah untuk di deskripsikan, tapi lebih sulit untuk dikerjakan. Properties 3D model didefinisikan dengan angka-angka. Dengan merubah angka bisa merubah posisi objek, rotasi, karakteristik permukaan, dan bahkan bentuk. Faktor yang membuat animasi 3D lebih sulit : 1. Harus memvisualisasikan bentuk 3 dimensi. 2. Kemampuan processing untuk proses render objek 3D 3. Perlu cukup dana, kesabaran dan latihan

Software yang dapat digunakan untuk animasi, diantaranya : Java3D Directx OpenGL 3d Studio Maya RenderMan