Kitab Ayub.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
What, Why, Where, When, Who , How?
Advertisements

Copyright © 2008 Tommy's Window. All Rights Reserved ♫ Turn on your speakers ♫ Turn on your speakers CLICK TO ADVANCE SLIDES.
Lesson 1 for April 5, Yesus dan para rasul hidup pada abad ke-1. Ada beberapa jenis hukum yang mengatur bangsa Yahudi pada saat itu: 1.Hukum manusia:
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 AGAMA YAHUDI OLEH: KHAIRUL UMAM Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag Tafsir Hadis Ushuluddin dan Filsafat Uin Syarif.
Arti Kerajaan Allah pada zaman Yesus
Materi KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL, BEKASI.
PEMAHAMAN ALKITAB Interaktif Selasa, 14 Okt 2014
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
Ibadah Komisi Wanita Rabu 22 Oktober 2014
Abialbon Dan Abida. Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Kelas Alkitab Malam, 11 Feb 2013.
Perempuan Berikat Pinggang Kekuatan
MATERI KELAS ALKITAB MALAM GPIB JEMAAT IMMANUEL, BEKASI KITAB ESTER
GPIB Immanuel Bekasi, 22 APRIL 2013 PDT. ALEX LETLORA.
MENGENAL KITAB-KITAB DEUTEROKANONIKA
Kepentingan Wahyu Bagi Kehidupan Gereja Wahyu 1:1-3 Oleh :
ORANG FARISI MENGASIHI “kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan.
Serial Tokoh Alkitab GAMALIEL KELAS ALKITAB MALAM - 10 OKTOBER PDT.ALEX LETLORA.
ALLAH PEMBERI HUKUM Pelajaran 6, 11 Febuari 2012.
HIKAYAT.
Materi “Kelas Alkitab Malam” KITAB DANIEL
09 JULI 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Pdt. Alex Letlora
KEDATANGAN YESUS Lesson 1 for April 4, 2015.
KERAJAAN-KERAJAAN 1 & 2 sAMUEL.
IMAN YANG MENEMBUSI BATAS KEHIDUPAN
dalam Bentuk Bunga Rampai
PEMECAH SEJARAH DUNIA DANIEL 12.
PRIBADI UNGGUL MENANG ATAS KRISIS Lukas 1 :
MENGENAL KITAB SUCI.
Lahirnya sebuah bangsa
A. Gambaran Kerajaan Allah Pada Zaman Yesus
PADA MULANYA Pelajaran 2 untuk Januari 14, 2012.
BAHAN SEMESTER 2.
APA ITU PERJANJIAN LAMA ?
Kitab Ibrani Hidup oleh Iman
HUKUM DAN INJIL Lesson 10 for December 8, 2012.
Tommy's Window Slideshow
BIARLAH GEREJA MENGETAHUINYA
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Makna “PENDERITAAN” Dalam Kitab Taurat dan Kitab Nabi-Nabi
INJIL DATANG KE TESALONIKA
BAB III TRADISI MASA PRA-AKSARA DAN AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Ps. Danny Hanafi.
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
BAB V Kitab Suci dan Tradisi.
Sekte-Sekte Agama Yahudi
SEJARAH TULI DISUSUN OLEH : BAGASKARA M.P.IRAWAN.
KEBAHAGIAAN DI BALIK KEMATIAN
Kanonisasi Perjanjian Lama
MAKALAH AL_ISLAM TENTANG MEMAHAMI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH Disusun oleh: Hesti trimurti gorang Juparmi erwan Imam muslimin Lismawati Ilham.
DESAIN PESAN PERSUASIF
Berasal dari bahasa Arab Dari 2 kata AL Dan Kitab AL : kata sandang atau tambahan Kitab : Buku/Kitab Jadi Alkitab : Buku itu / Buku / Kitab Bahasa.
Allah Sebagai Ahli Seni
KANONISASI KITAB PERJANJIAN LAMA Loading… KANON.
Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya
BAB VI YESUS KRISTUS PEJUANG KERAJAAN ALLAH
Melihat Ulang Tahun dari Budaya Alkitab Dan Perspektif Ibrani - Outline Kotbah Ibadah Minggu 19 Agustus 2018 Di GBI Kapernaum Negara - Bali - Oleh Ps. El Roi Israel Sipahelut
BAB V KITAB SUCI DAN TRADISI SEBAGAI IMAN AKAN YESUS
PENYEBAB PERPECAHAN Lesson 2 for October 13, 2018.
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
SAAT KONFLIK MUNCUL Lesson 7 for November 17, 2018.
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
MENCINTAI FIRMAN TUHAN
LAYAKLAH ANAK DOMBA Lesson 4 for January 26, 2019.
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
SESI 9 : MENGENAL KITAB SUCI – PERJANJIAN LAMA FU 2017.
MENGUBAH KETERBATASAN MENJADI KEMENANGAN
A Presentation of The Bible…Basically Ministries International Inc
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
MEMAHAMI SEJARAH: ZERUBABEL DAN EZRA Lesson 1 for October 5, 2019.
Transcript presentasi:

Kitab Ayub

Pendahuluan Kitab Ayub (bahasa Ibrani: איוב, Standar Iyyov Tiberias ʾIyyôḇ; bahasa Arab: أيّوب, ʾAyyūb; bahasa Inggris: Book of Job) adalah salah satu kitab dalam Tanakh) yang juga merupakan bagian dari Perjanjian Lama. Kitab ini merupakan yang pertama dalam kumpulan kitab-kitab syair (= nyanyian atau puisi). Nama Ayub atau Yob ("Yobe") berarti Permusuhan dalam bahasa Ibrani. Kitab ini adalah salah satu kitab yang paling rumit ditelaah di dalam Alkitab. Berbagai eksegesis atas Kitab Ayub menggambarkan upaya-upaya untuk menerangkan kehadiran kuasa jahat sementara Allah yang baik juga ada. Dalam bahasa Yunani, penjelasan ini dikenal dengan istilah teodisi). Ayub menggambarkan upaya untuk mengajarkan agar orang hidup dengan benar, tetapi pada saat yang sama juga melukiskan dengan sinis gambaran tentang hidup yang benar itu. Di tengah-tengah keadaan itu, kitab ini memberikan tanggapan terhadap upaya untuk menjelaskan kehadiran kuasa jahat. Para pakar berbeda pendapat tentang apa tujuan sebenarnya dari puisi yang kini ada di tangan kita dalam bentuk Kitab Ayub. Segelintir orang bahkan mengatakan bahwa kitab ini merupakan satire (Satire adalah gaya bahasa untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang) terhadap mereka yang berusaha menjunjung agama dengan cara yang puritan.

Penulis Ada berbagai-bagai pendapat tentang pengarang kitab ini. Dua tradisi Talmud mengatakan bahwa Ayub hidup pada masa Abraham atau Yakub. Lewi ben Laḥma mengatakan bahwa Ayub hidup pada masa Musa, yang menulis Kitab Ayub itu sendiri. Yang lainnya berpendapat bahwa Ayub sendirilah yang menulis kitab ini, atau Elihu, atau Yesaya. Dari bukti-bukti internal, seperti misalnya kesamaan perasaan dan bahasa dengan apa yang ditemukan dalam Kitab Mazmur dan Amsal (lihat Mazmur 88 dan 89), maraknya gagasan tentang "hikmat," dan gaya serta sifat komposisinya, diduga bahwa kitab ini telah ditulis pada masa Raja Daud dan Raja Salomo. Namun, sebagian orang menempatkannya pada masa pembuangan Babel. Tradisi Talmud memperlakukan kisah Ayub sebagai sebuah perumpamaan. Sebaliknya, pengkajian sekular tentang teksnya secara umum menyimpulkan bahwa, meskipun ciri-ciri kuno bertahan dalam cerita ini, seperti misalnya "dewan sorgawi" (Ayub 1:6 dst). Meskipun kisah Ayub dikenal oleh Yehezkiel, bentuk Kitab Ayub yang sekarang ini diperkirakan baru dibakukan pada abad ke-4 SM. Kisah Ayub tampaknya berasal dari negeri Edom, yang tetap dipertahankan sebagai latar belakangnya. Potongan-potongan dari Ayub ditemukan di antara Naskah Laut Mati, dan Ayub tetap menonjol dalam legendaHaggadah. Bandingkan dengan Perjanjian Ayub dalam bahasa Yunani di antara kitab-kitab apokrif. Para sarjana sekular percaya bahwa bagian pengantar dan penutup dari kitab ini, yang merupakan kerangkanya, disusun untuk menempatkan puisi sentralnya ke dalam bentuk prosa "kitab rakyat," seperti yang diungkapkan oleh para penyusun Jewish Encyclopedia (Ensiklopedia Yahudi). Di dalam prolog dan epilog, nama Allah adalah Yahweh, sebuah nama yang bahkan digunakan oleh orang-orang Edom. Para pakar sekular sepakat bahwa puisi sentralnya berasal dari sumber yang lain.

Waktu Penulisan Ada 2 topik dalam penentuan waktu dalam Kitab Ayub: Waktu terjadinya Sejumlah faktor menunjukkan bahwa cerita ini mungkin sekali terjadi pada abad ke-20 sampai ke-18 SM, yaitu pada zaman Abraham:[1] Tidak ada penyebutan tentang "Israel" maupun hukum Taurat Usia Ayub yang panjang: lebih dari 140 tahun (42:16) Ayub bertindak sebagai imam untuk keluarganya (1:5), suatu hal yang dilarang menurut hukum Taurat. Kekayaan Ayub diukur dengan ternak (1:3) Waktu disusunnya Sejumlah bukti mengarah kepada masa pemerintahan Salomo, yaitu zaman keemasan sastra Israel:[2] Penyebutan alat-alat dan senjata dari besi (19:24; 20:24; 40:18) Pertambangan besi (28:2), menunjuk kepada Zaman Besi, setelah tahun 1200 SM Gambaran tentang kuda perang (39:19-25), yang digunakan paling awal sekitar abad ke-10 SM Adanya kutipan ayat Alkitab dari zaman Salomo, yaitu ayat 7:17-18 dengan Mazmur 8:4; ayat 28:28 dengan Amsal 3:7; 9:10.

Stuktur Kitab Ayub

Stuktur Kitab Ayub