Menulis skenario? Gampang, Kok!

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PARAGRAF PENGERTIAN Kalimat/ rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok (boleh dilengkapi dengan ide penjelas) Ide pokok dituangkan dalam kalimat.
Advertisements

PARAGRAF II Pertemuan 8 Matakuliah : G0012 Bahasa Indonesia
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
MENGENAL PRODUKSI FILM Oleh : Pipin Piniman, S. Kom.
PENULISAN NASKAH.
Peranan Bahasa Indonesia dalam Memasuki Dunia Kerja
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
STRUKTUR FILM DAN UNSUR PEMBENTUK FILM
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Pertemuan 3: Karakter & Cara Membaca + Menulis Fiksi
PERTEMUAN XII (DUA BELAS) MATA KULIAH : PENULISAN NASKAH SEMESTER : GANJIL DOSEN : BAMBANG SUDJATI TAHUN : 2011.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
BERBICARA Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita Membahas cerita pendek melalui kegiatan.
PERTEMUAN VIII (KE DELAPAN) MATA KULIAH : PENULISAN NASKAH SEMESTER : GANJIL DOSEN : BAMBANG SUDJATI TAHUN : 2011.
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
CERITA ANAK APA SIH CERITA ANAK ITU? APA SIH CERITA ANAK ITU?
ANGGOTA KELOMPOK BENI SUSANTO (06) DYAH AYU A. (12) PINTA IKAWATI (23)
PRESENTASI LISAN.
IDENTITAS PROGRAM AUDIO VISUAL
Nina Widyaningsih, S.Pd, M.Hum
MENULIS SKENARIO SEKOLAHKU
Storyboard.
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
*STORYTELLING.
Tahapan Produksi Film Pra Produksi (Pre Production)
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
PARAGRAF DISUSUN OLEH : Ulfa Yana Dhiro ( )
CITIZEN JOURNALISM Pertemuan 12.
Menulis skenario? Gampang, Kok!
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
CERITA SUMBER2 CERITA : Kisah Nyata, Novel, Khayalan, Kitab Suci, Lirik Lagu... FUNGSI CERITA : Sebagai bungkus pesan, pengikat unsur2 filmis lainnya,
Pendalaman Materi Produksi
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
PRODUKSI NASKAH RADIO Produksi Naskah Jurnalistik Radio Pertemuan 12
Pendalaman Materi Produksi
BAB XIII TEKNIK BERPIDATO DI DEPAN UMUM Pertemuan 13
Pendalaman Materi Produksi Pertemuan 6
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
PARAGRAF/ALINEA Pertemuan 7
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Skenario.
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
Deskripsi Screen Play of Animation Pertemuan 01
Pengenalan Produksi Film Maukuf Masykur
MENULIS PARAGRAF NARASI
STRUKTUR SHOT MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
PERKEMBANGAN ANAK USIA 4 -6 TAHUN
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
FORMAT BERITA Format penyajian berita TV dapat ditetapkan sesuai dengan bahan yang diperoleh.
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
STRUKTUR FILM Oleh Siti Khusnul K., M.A..
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Narrative Strategies.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI 12 Principles of Animation.
Transcript presentasi:

Menulis skenario? Gampang, Kok! Angky Febriansyah SE.,MM.

Mengapa perlu ada skenario?

Apakah perbedaan menulis skenario dengan menulis naskah lain?

6 steps of story making

Ide (1) Dari manakah ide diperoleh? Perhatikan kejadian menarik di sekitarmu. Perhatikan topik atau permasalahan-permasalahan yang menarik. Menulis tentang buku, film, atau hal lain yang menarik minatmu. Perhatikan orang yang berlalu-lalang, buatlah khayalan. Mengulik pengalamanmu, perhatikan bagaimana pengalaman itu bisa mempengaruhimu. Menuliskan mimpi semalam.

Form (2) Setelah ide cerita didapatkan, maka yang selanjutnya harus dipikirkan adalah form atau dalam bentuk apakah cerita tersebut akan dikemas. Apakah live action, animasi pendek, augmented reality, buku cerita, atau bentuk yang lainnya.

Idiom (3) Idiom berkaitan dengan bagaimana cerita akan disampaikan. Idiom ini sangat erat kaitannya dengan identitas penulis yang membuatnya karena berkaitan dengan ciri khas, style, gaya bertutur, dan teknis menulis lainnya.

Structure (4) Structure membahas mengenai komposisi penyusun cerita secara utuh, bukan hanya ceritanya saja tapi juga mencakup komposisi visualnya.

Craft and surface (5) Konsep cerita yang baik perlu diimbangi juga dengan penguasaan teknis dan skill yang baik. Teknis dan skill ini mencakup penguasaan kosa kata, diksi atau pemilihan kata-kata yang tepat, pengetahuan mengenai teknis kamera, dan lain-lain.

Apakah semua orang bisa menulis? YA! Kemampuan menulis bisa dipelajari.

Teknik menulis fast writing Ambil kertas dan pensil, atau buka laptop sekarang! Pikirkan sebuah kata atau tema. Tanpa banyak berpikir, tuliskanlah semua hal yang terbersit di pikiranmu. Menulislah secepatnya. Buat deadline sendiri, misalnya : 5 menit. Tulis terus, jangan pikirin bagus/jelek, geje/keren, salah/benar. Yang penting, tulis semuanya! Ingat, waktumu 5 menit aja lho! Editing itu belakangan! Highlight kalimat-kalimat yang kamu suka. Kembangkan kalimat itu selanjutnya.

Yuk, berlatih fast writing! Waktu: 5 menit

Tricky trics Latihan menulis setiap hari. Membaca. Pelajari cara menulis. Terus menulis sampai selesai, jangan dulu pikirkan masalah editing, belakangan aja. Buatlah tempat untuk menulis. Tulis tentang sesuatu yang kamu tahu dan kuasai. Riset Berikanlah tulisanmu pada orang lain, mintai komentarnya.

Deskripsi karakter

Mendeskripsikan karakter berarti membuat informasi-informasi yang detail tentang tokoh yang ada di dalam cerita. Tujuannya adalah untuk membuat penanaman informasi supaya penonton atau pembaca dapat memahami isi cerita. Dalam produksi animasi, deskripsi karakter ini akan memudahkan ilustrator atau character artist dalam menggambarkan tokoh secara visual. Deskripsi karakter berisi penjelasan tentang nama karakter, jenis kelamin, usia, hobi atau kebiasaan, ciri-ciri fisik, ukuran tinggi dan berat badan, serta latar belakang kehidupan tokoh.

Super neli Usia : 75 tahun Jenis Kelamin : Perempuan Pekerjaan : Melawan kejahatan di Bumi. Hobi : Pencak silat dan bela diri. Karakteristik Fisik SUPER NELI adalah seorang nenek tua dengan dua buah gigi dan menggunakan kebaya. Kacamata yang digunakannya membuat ia terlihat unik dan misterius. SUPER NELI sangat gesit dan kuat. Suara teriakannya yang kencang membuatnya semakin menggemaskan.

Latar Belakang SUPER NELI diasingkan oleh keluarganya karena keluarganya berpikir bahwa ia adalah sumber permasalahan. Hal ini membuat SUPER NELI dikirimkan ke sebuah panti jompo yang bernama Matahari Senja. Di usianya yang sudah tua, SUPER NELI ingin menjadi seseorang yang suka menolong dan berguna bagi orang lain. SUPER NELI mempelajari bela diri dari sebuah buku yang diberikan oleh Ni Odah yang sebelumnya juga pernah tinggal di panti jompo Matahari Senja. Setelahnya, ternyata SUPER NELI menjadi super hero. Sebagai seorang super hero, ia tidak menyukai kejahatan. Meskipun sudah menjadi super hero, SUPER NELI tetap takut pada ayam.

Super galak Usia : 40 tahun Jenis Kelamin : Laki-laki Pekerjaan : Melakukan kejahatan dan membuat kerusuhan. Hobi : Membuat kerusuhan. Karakteristik Fisik Berbadan tegap, menggunakan topeng dan memiliki rambut bergaya Elvis Presley.

Latar Belakang Berbeda dengan penampilannya yang terlihat jahat, Super Galak sebenarnya adalah seorang penyayang. Tetapi, sikapnya yang penuh kasih sayang itu membuat banyak orang mengolok-oloknya. Itulah alasan mengapa ia pada akhirnya memutuskan untuk menjadi orang jahat dan sering membuat kerusuhan.

Si kampret Usia : 25 tahun Jenis Kelamin : Laki-laki Pekerjaan : Mencuri, menguntit dan mengambil hak orang lain. Hobi : Membuat kerusuhan Karakteristik Fisik Bertubuh kecil dan mungil, menggunakan sandal jepit dan memakai sarung sebagai penutup kepala.

Latar Belakang Si Kampret adalah seorang maling kampung yang bercita-cita menjadi seorang penjahat yang hebat. Ia merasa tidak percaya diri dengan wajahnya sehingga ia menutupinya dengan kain sarung. Ini adalah rahasia besar yang dimilikinya.

Buatlah deskripsi 1 karakter yang memungkinkan untuk ada di serial super neli!

Alur, plot dan setting

Alur Alur atau jalan cerita adalah rangkaian atau kronologis peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita. Berikut adalah macam-macam alur: Alur Progresif Alur Kilas Balik Alur Campuran Pola A-B-C Urutan cerita seiring dengan waktu. Paling umum digunakan. Pola B-C-A Urutan dimulai dari akhir cerita dan bergerak ke awal cerita. Campuran antara alur progresif dan alur kilas balik.

plot Plot adalah hubungan sebab-akibat antar peristiwa dalam suatu cerita. Plot digerakkan oleh tokoh-tokoh dalam cerita. Berikut adalah perbedaan antara alur dan plot: Alur Plot Berisi kronologis, walaupun susunannya bisa maju, kilas balik atau gabungan diantara keduanya. Pergerakan cerita dari satu kejadian demi kejadian yang saling berkaitan, sengaja dibenturkan untuk menimbulkan ketegangan, klimaks, antiklimaks hingga ending. Merupakan rangkaian cerita dari awal sampai akhir. Sebagian besar dijabarkan dengan narasi dan dialog. Badan cerita. Ruh yang menggerakkan cerita.

setting Latar atau setting adalah waktu dan tempat terjadinya peristiwa- peristiwa dalam cerita. Latar harus sesuai dengan isi sehingga dapat menghidupkan cerita secara keseluruhan.

Elemen-elemen skenario

Scene Heading Disebut juga dengan Slugline. Fungsinya untuk memberikan informasi tentang tempat dan waktu terjadinya suatu adegan. Yaitu keterangan lokasi apakah suatu adegan terjadi didalam ruangan (INT) atau diluar ruangan (EXT), dimanakah adegan tsb terjadi dan kapankah adegan tsb berlangsung (Day, Afternoon, Night, dll). 2. Action atau General Untuk mendeskripsikan apa yang dilakukan karakter dan bagaimana penggambaran setting yang lebih detail 3. Character name Berkaitan dengan nama-nama tokoh yang ada dalam adegan. Penulisan nama karakter ini digunakan ketika menjelaskan dialog atau perilaku tokoh dalam suatu adegan. 4. Dialogue Ucapan atau perkataan yang diucapkan oleh tokoh dalam suatu adegan. 5.Parenthetical Menggambarkan apa yang dilakukan seorang tokoh dalam suatu adegan tertentu

6. Extensions Catatan teknis yang diletakkan disebelah nama karakter yang menunjukkan bagaimana suara karakter tsb akan didengar oleh penonton. Extensions dibagi 2 jenis : O.S. – Off Screen : suara akan terdengar dari karakter, tapi karakter tsb berada diluar jangkauan kamera atau karakter sedang berada diruangan lain V.O – Voice over : merupakan narasi. Karakter bersangkutan biasanya tidak ada didalam kamera, tapi bernarasi. Kalaupun karakter ad, biasanya ia hanya berakting sebagai narrator. 7. Transition Digunakan untuk memberikan keterangan tentang perpindahan screen. Beberapa istilah transition : Cut To : perpindahan meggambarkan peristiwa yang terjadi bersamaan, tetapi ditempat yang berbeda atau kelanjutan adegan dihari yang sama. Dissolve To : perpindahan gambar yang semakin lama semakin kabur sebelum berpindah keadegan berikutnya. Fade Out : perpindahan gambar dari terang kegelap secara lambat Fade In : perpindahan gambar dari gelap ke terang secara lambat 8. Shot Menggambarkan pengambilan gambar suatu objek atau adegan. Beberapa istilah shot : Close Up, Medium Close Up, Medium Shot

Three Act Structure

Story Board Salah satu cara alternatif untuk mensketsakan kalimat penuh sebagai alat perencanaan. Papan cerita menggabungkan alat bantu narasi dan visualisasi pada selembar kertas sehingga naskah dan visual terkoordinasi.