TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Nama dan Nilai Data Abdillah, S.Si, MIT Email: abdill01@gmail.com Website: http://abdill01.wordpress.com
Tujuan Mahasiswa memahami aturan penamaan dan pendeklarasian objek serta cara pengisian nilai pada objek.
Apa itu Nama? Di dalam algoritma dan pemrograman, nama digunakan untuk mengidentifikasi dan mengacu sebuah objek. Oleh karena itu setiap nama haruslah unik, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku sama untuk algoritma dan bahasa pemrograman.
Aturan Penulisan Nama Nama dimulai dengan huruf Nama hanya menggunakan huruf, angka dan _ (underscore). Tidak lebih dari satu kata Bedakan huruf besar dan huruf kecil.
Contoh Contoh penamaan yang salah: 9titik nilai ujian PT-12 F 1 Contoh penamaan yang benar: titik9 atau titik_9 nilai_ujian atau NilaiUjian PT12 atau PT_12 F1
Deklarasi Semua nama objek harus dideklarasikan sebelum mereka dapat digunakan. Deklarasi menspesifikasikan nama berikut: Peubah (variabel) beserta tipenya Konstanta beserta nilainya Tipe bentukan Fungsi dan prosedur
Deklarasi Peubah Peubah adalah tempat penyimpanan data/informasi di memori yang nilainya dapat diubah. Contoh: nilai_ujian : real k : integer c : char
Deklarasi Konstanta Konstanta adalah tempat penyimpanan data/informasi di memori yang nilainya tidak dapat diubah selama pelaksanaan program. Notasi untuk menyetakan konstanta adalah const. Contoh: const phi = 3.14 const sandi = ‘xyz’
Deklarasi Tipe Bentukan Contoh: type Titik : record < x,y : real > type Jam : record < hh : integer, (0..23) mm : integer, (0 .. 59) ss : integer, (0..59) > P : Titik J1, J2 : Jam P adalah nama objek dengan tipe data Titik. J1 dan J2 adalah nama objek dengan tipe data Jam.
Deklarasi Fungsi dan Prosedur Contoh: FUNCTION Maks (input A,B : integer) → integer { mengembalikan nilai yang lebih besar antara A dan B } PROCEDURE Tukar (input/output A,B : integer) { mempertukarkan nilai A dan B }
Apa itu Nilai Objek? Nilai adalah besaran dari nama objek yang telah dideklarasikan. Nilai yang disimpan sebuah peubah adalah nilai yang terakhir yang disimpan ke dalamnya.
Cara Pengisian Nilai Nilai dapat diisikan dengan cara berikut: Penugasan langsung Hasil operasi Hasil pembacaan input Nilai yang dikirim oleh fungsi
Penugasan Langsung Sebuah nilai dapat ditugaskan langsung pada sebuah nama peubah dengan ketentuan nilai tsb harus bertipe sama dengan peubah. Notasi penugasan adalah ←. Contoh: k : integer jarak : real type Titik : record < x,y : integer > P : Titik k ← 5 jarak ← 3.14 P.x ← 10 P.y ← 5
Penugasan Nilai Peubah / Konstanta Nilai sebuah peubah atau konstanta dapat ditugaskan pada peubah lain dengan ketentuan nilai tsb harus bertipe sama dengan peubah. Contoh: const phi = 3.14 k : integer, jarak : real type Titik : record < x,y : integer > P : Titik k ← 5 jarak ← phi P.x ← 10 P.y ← k
Hasil Operasi Hasil operasi dapat ditugaskan pada sebuah nama peubah dengan ketentuan hasil operasi bertipe sama dengan tipe peubah. Contoh: A,B,C : integer a,b,c, determinan : real C ← A + B determinan ← b*b – 4*a*c (derajat komputasi)
Hasil Pembacaan Input Nilai peubah dapat berasal dari piranti masukan seperti keyboard. Dalam algoritma, notasi pembacaan adalah read. Contoh: N : integer read (N)
Penulisan Nilai Nilai yang disimpan dalam memori dapat ditampilkan ke piranti keluaran seperti layar monitor. Notasi penulisan nilai sama dengan notasi pencetakan teks, yakni write. Contoh: N : integer write (“Masukkan nilai N: “) read (N) write (“Nilai yang dimasukkan adalah”, N)