Postmodernisme dan Dekonstruksi Kebudayaan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fenomena Komunikasi Massa
Advertisements

(Apa Kontribusinya Terhadap Pemahaman Olahraga di Masyarakat)
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
Filsafat Ilmu: administrasi
RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial
Pengantar Filsafat Panorama Rasionalitas Dalam Filsafat
Filsafat Pancasila.
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
PANCASILA 8 FILSAFAT, PANCASILA, DAN FILSAFAT PANCASILA
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
Pancasila Sebagai SistemFalsafah Bangsa
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
PEMIKIRAN MASA YUNANI ROMAWI KUNA
FILSAFAT PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
POSTMODERNISME DAN TEORI-TEORI RELEVAN UNTUK PENELITIAN BUDAYA (SENI)
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
Pengertian Filsafat Dalam wacana ilmu pengetahuan filsafat adalah merupakan bidang ilmu yang rumit, kompleks dan sulit dipahami secara definitif. Pengetahuan.
Posmodernisme 2017.
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
KELOMPOK-KELOMPOK DENGAN IDEOLOGI MURNI
Oleh: RUSDIANTO UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2012
BAB 04 TINDAKAN SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT DAN FALSAFAH
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
Introduction of Japanese Thought Pertemuan 1
Posmodernisme Selasa, 24 Mei 2016.
Fenomena Komunikasi Massa
Kata “filsafat” berasal dari bahasa Yunani, yakni philosophia: philein artinya cinta, mencintai, philos pecinta, sophia kebijaksanaan atau hikmat. Cinta.
Filsafat Sosiologi Komunikasi
Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH, M.Hum
Realitas & “Kesadaran” Semiotika
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
BUDAYA POLITIK DI I N D O N E S I A
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
SEJARAH FILSAFAT HUKUM
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
Pertemuan 3 Filsafat Pancasila Mahendra P. Utama.
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
RUANG LINGKUP FILSAFAT
BUDAYA DAN ETIKA Perubahan lingkungan semakin turbulen, sistem dan subsitem organisasi menjadi makin terbuka dan tingkat persaingan semakin ketat dan.
PENDEKATAN KUALITATIF: METODE PENELITIAN ETNOGRAFI
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
Etika Pancasila.
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
Filsafat Pendidikan Perenialisme
HUBUNGAN : ILMU POLITIK DENGAN ILMU PENGETAHUAN LAINNYA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
SURYO EDIYONO S1 ILMU FILSAFAT UGM 1990 S2 ILMU FILSAFAT UGM 1998
03 FILSAFAT UMUM CABANG-CABANG FILSAFAT Psikologi 2015 PSIKOLOGI
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
Iklim dan Lama Terjadinya Perubahan
KURIKULUM PERENIALISME
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
Militer dan Budaya Politik Indonesia
Perkembangan Perencanaan
POSITIVISME HUKUM Positivisme adalah suatu aliran filsafat yang bertitik tolak bahwa ilmu alam (fakta yang positif) sebagai satu-satunya sumber pengetahuan.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
DNJ //Landasan Pendidikan
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
HUBUNGAN SOSIAL ANTAR KELOMPOK ETNIK
Pancasila sbg Pendidikan Moral dan Karakter
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Transcript presentasi:

Postmodernisme dan Dekonstruksi Kebudayaan Dosen: Prof. Dr. Deddy Mulayana, MA Asep Salahudin Iding R. Hasan Aep Wahyudin Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung 2009

Abad Tengah (Skolastik) Sejarah Filsafat Yunani Kuno I Romawi Kuno Abad Tengah (Skolastik) Renaissance Zaman Modern / Pasca Modern

Gugagat atas modernisme postmodernisme merupakan kritik atas masyarakat modern dengan segala mitos yang ada di belakangnya, mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas. Yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, negara bangsa, kehidupan dalam jalur cepat

Dampak Praksis Modernisme Pandangan dualistik yang membagi seluruh kenyataan menjadi subyek dan obyek, spiritual dan material, manusia dunia, dsb., telah mengakibatkan obyektivisasi alam secara berlebihan dan pengurasan alam semena-mena, hal ini kita tahu telah menyebabkan krisis ekologi Pandangan modern yang bersifat obyektivitas dan positivitas akhirnya menjadikan manusia seolah obyek juga, dan masyarakatpun direkayasa sebagai mesin. Akibat dari hal ini adalah bahwa masyarakat cenderung menjadi tidak manusiawi Dalam modernisme ilmu-ilmu positif-empiris mau tak mau menjadi standarkebenaran tertinggi. Akibat dari hal ini adalah, bahwa nilai-nilai moral dan religius kehilangan wibawanya Bila kenyataan terdasar tak lagi ditemukan dalam religi, maka materilah yang mudah dianggap sebagai kenyataan terdasar. Materialisme ontologis ini didampingi pula dengan materialisme praktis, yaitu bahwa hiduppun menjadi keinginan yang tak habis-habisnya untuk memiliki dan mengontrol hal-hal material. militerisme. Oleh sebab norma-norma religius dan moral tak lagi berdaya bagi perilaku manusia, maka norma umum obyektif pun cenderung hilang juga. Akibatnya, kekuasaan yang menekan dengan ancaman kekerasan adalah satu-satunya cara untuk mengatur manusia

Menolak world view teoritisi postmodern cenderung menolak apa yang biasanya dikenal dengan pandangan dunia (world view), metanarasi, totalitas, dan sebagainya.

Tidak ada rasio universal penafian atas ke-universal-an suatu Para penganut postmodernisme beranggapan, tidak ada realita yang bernama rasio universal. Yang ada adalah relativitas dari eksistensi plural. Oleh karenanya, mereka berusaha merubah cara berpikir dari “totalizing” menuju “pluralistic and open democracy”

fenomena besar pramodern pemikir postmodern cenderung menggembor-gemborkan fenomena besar pramodern seperti emosi, perasaan, intuisi, refleksi, spekulasi, pengalaman personal, kebiasaan, kekerasan, metafisika, tradisi, kosmologi, magis, mitos, sentimen keagamaan, dan pengalaman mistik. Seperti yang terlihat, dalam hal ini Jean Baudrillard (1988) benar, terutama pemikirannya tentang pertukaran simbolis (symbolic exchange

Menolak Dikotomi teoritisi postmodern menolak kecenderungan modern yang meletakkan batas-batas antara hal-hal tertentu seperti disiplin akademis, budaya dan kehidupan, fiksi dan teori, image dan realitas.

Kritik Epistemologis kritik tajam atas semua jenis epistemologi. Kritik tajam secara terbuka merupakan asas pemikiran filsafat postmodernisme. Pemikiran ataupun setiap postulat—yang bersifat prinsip—yang berkaitan dengan keuniversalan, kausalitas, kepastian dam sejenisnya akan diingkari. Berbeda halnya pada zaman Modernis, semua itu dapat diterima oleh manusia modernis. Tentu, hal itu bukan berarti bahwa semua pemikiran yang dulu terdapat pada masa modernisme ditolak mentah-mentah oleh postmodernisme. Rencana postmodernisme pada kasus tersebut adalah dalam rangka mengevaluasi kembali segala pemikiran yang pernah diterima pada masa modernisme, dengan cara mengkritisi dan menguji ulang.

modernoisme Postmodernisme Totalizing Universal Narasi besar (world view) Keseragaman Rasio pluralistic Partikular Narasi kecil Keragaman emosi, perasaan, intuisi, refleksi, spekulasi, pengalaman personal, kebiasaan, kekerasan, metafisika, tradisi, kosmologi, magis, mitos, sentimen keagamaan, dan pengalaman mistik

Kritik atas Postmodernisme Dianggap merusak epistemologi Realitvisme yang kebablasan dapat menimbulkan nihilisme Merusak keyakinan manusia ketika semua kebenaran (termasuk kebenaran agama) diruntuhkan

Etika manajerial Perilaku terhadap pengurus Perilaku terhadap jamaah

Relasi Perilaku peran perlikau manusia dalam organisasi. Mayo menyimpulkan bahwa: perilaku dan sentimen memiliki kaitan yang sangat erat pengaruh kelompok sangat besar dampaknya pada perilaku individu standar kelompok menentukan hasil kerja masing-masing karyawan uang tidak begitu menjadi faktor penentu output bila dibandingkan dengan standar kelompok, sentimen kelompok, dan rasa aman.

Nabi seorang Manajer Masjid pusat pendidikan dan pengajaran; tempat menerima dan mengadakan pertemuan resmi dengan utusan-utusan dari berbagai negara; tempat melakukan itikaf (terutama di bulan Ramadhan), sebagai tempat membagi-bagikan harta rampasan perang dan hadiah dari sahabat-sahabatnya; tempat mempublikasikan keputusan-keputusan negara yang menyangkut kepentingan publik; tempat peradilan; tempat menggodok siasat dan strategi perang; tempat mematangkan berbagai persoalan yang berkaitan dengan politik dan militer; tempat menyimpan khazanah ilmu pengetahuan (perpustakaan); dan sebagai benteng pertahanan terakhir dari serbuan musuh. Dan masih banyak fungsi lainnya yang erat kaitannya dengan kemasyarakaan