SEQUENTIAL ART.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Advertisements

Mendeskripsikan tentang multimedia
MENGERTI PENGOPERASIAN KAMERA
MENGENAL PRODUKSI FILM Oleh : Pipin Piniman, S. Kom.
Persiapan Membuat Film
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
DASAR-DASAR PRODUKSI ACARA RADIO-TV
CAMERA SET-UP.
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Macam-macam bidang pemandangan gambar
Recording dan Editing Berita di Televisi
TEHNIK KAMERA.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 7 TEKNIK PEMBUATAN STORYBOARD
Video Recording NURUL MUSAWATIRA P.
MENJELASKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
ALUR PEMBUATAN VIDEO PEMBUATAN STORY BOARD PENGAMBILAN GAMBAR
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Berita TV: Virtual Stories Oleh: Dwiyatna Widinugraha, S.Sos. M.A.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Dasar-dasar Penyambungan
TEKHNIK KAMERAMEN Bayu Pratama.
Melakukan gerakan kamera dalam pengambilan gambar
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
TAHAP PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 11 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
SINEMATOGRAFI-VIDEOGRAFI
TAHAPAN PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 10 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
Storyboarding II Pertemuan 10 Matakuliah : UO522 / Screen Play of Animation Tahun : 2007.
Mendeskripsikan tentang multimedia
OLEH: R. WISNU WIJAYA DEWOJATI
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
VIDEOGRAFI AGUS NURSAMSU.
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan 2016
Konsep-konsep penting dalam TV(C)
CITIZEN JOURNALISM Pertemuan 12.
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
SENI MULTIMEDIA Wisnu Adisukma, M.Sn..
UNTUK TUJUAN VIDEOGRAPHY / FILM
Oktaviana Purnamasari, S.Sos, M.Si
Fotografi dan Videografi
Nyatakan teknik fotografi yang digunakan untuk mengambil gambar (foto)
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
SINEMATOGRAFI-VIDEOGRAFI
PRAKTEK  PEMOTRETAN Andi Nurul Huda.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
SINEMATOGRAFI.
MENJELASKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
TEKNIK KAMERA MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
SINEMATOGRAFI.
Storyboarding I Pertemuan 09
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
Teknik Produksi Kamera.
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
STRUKTUR SHOT MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO
KAIDAH-KAIDAH VISUAL MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
Camera Angle & Movement
TEKNIK EDITING, ANIMASI DAN MULTIMEDIA 8
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
Analisis Dokumenter Yoki Yusanto.
Dua Pendekatan dalam Editing: Kontinuitas dan Diskontinuitas
SARI KURNIAWATI.  Teknik ini biasa juga di sebut Very Long Shot atau Extra Long Shot.Teknik ini mencakup sudut pandang yang cukup luas.  Hal ini bertujuan.
COACHING CLINIC. Pemateri Achmad Teguh Wibowo, S.Kom., MT Kru Dakwah TV PUSAT STUDI Literasi UINSA Penelitian Papper Pengabdian Haki Speech Application.
Memahami Storyboard Mendeskripsikan tentang multimedia.
Transcript presentasi:

SEQUENTIAL ART

David Russell

STORYBOARD

STORYBOARD “Gambar yang terorganisir dan ditampilkan secara berurutan sebagai konsep awal dari sebuah pertunjukan”.

STORYBOARD Composition Shot sizes Framing

COMPOSITION “Mengatur hubungan antara elemen gambar, dan dimana peletakannya pada layar”. a. Horizontal lines b. Vertical lines c. Thirds d. Diagonal lines e. Perspective

Horizontal lines

Composition

Vertical lines

Thirds 1 2 3

Thirds

Diagonal lines

Composition and framing

Perspective lines

Perspective lines

SHOT SIZES “Ukuran ‘Shot’ ini berhubungan dengan penentuan seberapa banyak layar kita isi dengan subyek”.

Very Long Shot (VLS) Long Shot (LS)

Medium Long Shot (MLS) Mid Shot (MS)

Medium Close-Up (MCU) Close-Up (CU)

Extreme Close-Up (ECU) Big Close-Up (BCU) Extreme Close-Up (ECU)

FRAMING Framing of the shot “Framing ini menentukan dimana letak ujung gambar secara keseluruhan dalam layar”. a. Head Room b. Looking or Talking room c. Walking room d. Appropriate size e. Masking

a. Head room 1 2 3

b. Looking or talking room

c. Walking room

d. Appropriate size

e. Masking

Composition and framing

Composition and framing

Composition and framing

Composition and framing

Composition and framing

Composition and framing

Composition and framing

Shooting two-dimentional object

Shooting two-dimentional object

Shooting two-dimentional object

Shooting two-dimentional object

Reverse shots for dialogue

CAMERA

CAMERA Line of Action Movement a. Pan Motivation for a camera move b. TILT c. ZOOM d. TILT with ZOOM Motivation for a camera move

Line of Action

Line of Action A B

Pan

Tilt

Zoom

Tilt with Zoom

Tilt with Zoom

Motivation for a camera move

Motivation for a camera move 1. “Benda apa itu dikejauhan?” 2. “Pria itu sedang membawa apa?” 3. “Mau kemana sih pria itu?” 4. “Apa yang ada diujung jalan itu?” 5. “Seberapa tinggi gedung ini?”

The Dolly

Tracks

Cranes

‘JUMP CUT’

Cut to Frame 1 Frame 2 ‘JUMP CUT’

Cut to Frame 1 Frame 2

Cut to Cut to Frame 1 Frame 2 Frame 3

‘Crossing the lines’

Crossing the lines

A B C

Crossing the lines

A B

Script

Script

STORYBOARD GRAPHIC VIDEO AUDIO

Telling the story

Telling the story

STUDIO 29 Agustus 2008 - Minggu depan membawa buku novel - Ukuran shot Membuat sebuah storyboard FILM. Minimal 12 frame. Frame ukuran 6x8 cm, ditinta. Gambar dipensil rapi dan bersih. Gunakan: Komposisi Ukuran shot Framing Efek Audio Video Gerakan subyek/obyek Arah gerak kamera yang tepat sesuai fungsi serta kejelasan dalam bercerita. - Minggu depan membawa buku novel -