ASSALAMUALAIKUM WR WB.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
Advertisements

KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN
Metode Penelitian.
METODE MEMAHAMI ISLAM AGAMA ISLAM DIYAKINI MEMILIKI SEGALA KESEMPURNAAN DAN AJARAN YANG LENGKAP, TETAPI TERKESAN KAKU DAN MENJADI BEBAN KARENA DISAMPAIKAN.
Oleh: Kulsum Nur Hayati
TUGAS PRESENTASI MATA KULIAH 800 PPS 3 - FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DAN METODE DALAM MENGKAJI FENOMENA SOSIAL
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
RUMUSAN MASALAH & LANDASAN TEORI
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
LANGKAH-LANGKAH BERFIKIR ILMIAH
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
SEJARAH & PENDEKATAN ILMU POLITIK LENI ANGGRAENI, S.PD., M.PD.
Keterpaduan Islam dan Iptek
Pokok Bahasan 3 MASA KEBANGKITAN SAINS The History and Philosophy of Social Science Sumber: Scott Gordon 4/11/20151.
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
Hubungan Sains dan Agama
METODE ILMIAH ILMU DAN TEKNOLOGI
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka 12
Paradigma Ilmu Ahmad Arif Rifan, S.HI. M.SI. Paradigma Ilmu.
Bab 6 Perspektif Post Positivisme :Kritik Terhadap Positivisme
 Farros  Asti  Rara  Yesi  Dzikria  Hanna. Perkembangan paradigma Psikologi Islami selama hampir dua dekade di Indonesia menunjukkan dinamika keilmuwan.
Filsafat Sebagai Dasar Metodologi Penelitian Akuntansi
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
ILMU FILSAFAT DISUSUN OLEH : Yunita Betharia ( )
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Gisely Vionalita SKM., M.Sc.
MUHAMMAD FAHMI AL HABIB ( )
Realitas & “Kesadaran” Semiotika
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
FILSAFAT ILMU SEBAGAI PENGEMBANGAN METODE ILMIAH
MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
KEGIATAN KEILMUAN SEBAGAI SUATU PROSES
FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN
KELOMPOK 1 FARICHATUN NI’MAH (080) WINDA PUTRI (066)
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
INTEGRASI ILMU DAN AGAMA
Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
BHP FILSAFAT ILMU KELOMPOK A
PENYUSUNAN LAPORAN ILMIAH
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
MENGAPA MANUSIA HARUS BERKOMUNIKASI OLEH : ARIS FEBRI RAHMANTO
Assalamualaikum Wr. Wb..
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
FILSAFAT ILMU SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN KEBENARAN
2.3.Metode Ilmiah.
Metode Keilmuan Dakwah
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
METODE PENELITIAN KUANTITATIF PERTEMUAN 1 Gisely Vionalita SKM. M.Sc.
Ilmu Pengetahuan dan Iman
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh SYUKUR program pascasarjana pai iain salatiga 2015
Pengetahuan Pengetahuan didefinisikan sebagai apa yang diketahui oleh seseorang tentang sesuatu. Dalam pengertian tersebut pengetahuan mempunyai subyek,
Ilmu Pengetahuan dan Iman
FILSAFAT ILMU Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah hidayati Faradhiba Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Oleh : Moh. Syamsudin Baharsyah Muhammad Zainal Abidin Al Gafur Program Pascasarjana DIKDAS UNNES Hakikat Hubungan PerkembanganLandasanTahapanSikap Ilmiah.
METODE RISET (Research Method)
Metode Penelitian Sastra
Transcript presentasi:

ASSALAMUALAIKUM WR WB

INTEGRASI ISLAM DAN ILMU Ma’ruf Awwaludin 11710102 Muhammad Umar Hamzah 14710049 Afifatun Nisa 14710055 Heryanto 14710061 Arif Rahman Rizaldi 14710067 Ahmad Manan Darmawan 14710073 Rofiqah Dwi Cahyani 14710079 Riska Rahayu 14710085 Zaen Isnaini S N 14710091

Pengertian Ilmu Pengetahuaan Ilmu adalah bagian dari pengetahuaan yang terklasifikasi, tersistem, dan terukur serta dapat dibuktikan kebenaraannya secara empiris. Pengetahuaan adalah keseluruhan pengetahuaan yang belum tersusun baik mengenai metafisik maupun fisik

PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN Menurut Thomas S. Khun, teori-teori tidak dapat diperbandingkan, sehingga ia tidak dapat diletakkan dalam hubungan yang entailment. hubungan antara paradigma dan teori adalah sangat dekat. Ketika memutuskan untuk mengikuti suatu paradigma tertentu dan teori-teori yang muncul dalam lingkungan paradigma tersebut, para ilmuan telah siap untuk mengarahkan dirinya hanya akan berkutat dengan masalah-masalah yang terletak dalam batas-batas linGkaran wilayah paradigma dan teori-teori pilihannya itu saja, aktifitas ini di sebut pengetahuan yang normal (normal science).

PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN Menurut Karl R. Popper, normal science ditandai dengan sifat-sifat yang dogmatis dan tidak rasional. Perkembangan ilmu harus diletakkan pada suatu proses pengujian-pengujian hipotesa-hipotesa dan teori tidak boleh berhenti, dengan menggunakan usaha-usaha yang qualified untuk membuktikan kebenaran maupun kesalahannya.

PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN Imre Lakatos merespon gugatan Khun terhadap asumsi-asumsi tradisional dalam filsafat ilmu. Ia mengembangkan sebuah teori alternatif yang dinamakan research program. Teori ini mengandung tiga elemen yaitu: Hard core (negative heuristic) Positive heuristic Sebuah seri yang terdiri dari teori-teori, T1, T2, T3… dan seterusnya.

KESELARASAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN Al- Qur’an dan Hadits merupakan sumber ilmu pengetahuan, dimana kita dapat mengetahui dan mendapatkan suatu ilmu pengetahuan dari Al- Qur’an dan hadits sehingga kita tidak akan buta dan pincang terhadap ilmu.

KESELARASAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN Islam merupakan agama yang ilmiah yang mendorong perkembangan ilmu pengetahuan yang mana tujuan akhir dari semua itu adalah untuk memahami kebesaran yang dimiliki Allah SWT sehingga selain dapat menambah wawasan, kita juga dapat bertambah yakin terhadap ajaran Islam.

Integrasi adalah kemitraan yang lebih sistematis dan ekstensif antara sains dan agama terjadi di kalangan yang mencari titik temu di antara keduaanya.

INTEGRASI AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN Islam adalah agama yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan agama merupakan sesuatu yang saling berkaitan dan saling melengkapi. Agama merupakan sumber ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan merupakan sarana untuk mengaplikasikan segala sesuatu yang tertuang dalam ajaran agama. Agama dan ilmu pengetahuan akan saling menguatkan dan bersinergi sehingga menghasilkan pribadi-pribadi yang taat dalam beragama dan terdepan dalam ilmu pengetahuan.

Berdasarkan penelitiaan di Amerika Serikat 45% percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna, 40% manusia berkembang dalam kurun waktu jutaan tahun dari bentuk yang sederhana dan tuhan lah yang mengarahkan proses tersebut, 10% Tuhan sama sekali tidak berperan dalam proses tersebut.

Ian R. Barbour (1990) Konflik Independensi Dialog Integrasi

Jhon Haught (1995) Konflik Kontras Kontak Dialog Integrasi Konfirmasi

Daftar pustaka http://file.upi.edu/Direktori/KD-CIBIRU/132312854-Jenuri/Seminar%20Pendidikan%20Agama%20Islam/KESELARASAN%20DAN%20INTEGRASI%20ISLAM.pdf Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruaan Tinggi, Pendekatan Integratif- Integratif, (Yogya:Pustaka Pelajar, 2010) Ian R. Barbour, Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, (Bandung :Miza 2000)

SESI PERTANYAAN Arif Sudrajad : Hubungan Entairment itu apa? Hubungan Islam dan Ilmu Pengetahuan mencari teori kebenaran, yang dimaksud teori kebenaran disini itu yang bagaimana? Bagaiman perkembangan ilmuwan dahulu sampai sekarang dalam merumuskan sebuah teori? Nurasmah Hard core mempunyai asumsi fundamental dan tidak dapat dimodifikasi , padahal ilmu harus mengikuti perkembangan zaman?

Jawaban: Entailment adalah tuturan yang hubungan antarkalimatnya bersifat mutlak atau saling berterima. Contoh: Andi kehujanan, tubuhnya basah. Tuturan tersebut merupakan tuturan yang bersifat sebab akibat dan dengan jelas diketahui tubuh Andi basah, karena dia kehujanan. Kebenaran yang dicari oleh ilmu pengetahuan dan islam sama yaitu ingin mencari kebenaran yang mutlak. Ilmu kebenaran yang sekarang ini dianggap benar oleh ilmu pengetahuan belumlah mencapai kebenaran yang mutlak, karena kebenaran mutlak itu hanyalah milik Allah. Menurut kami, teori dibuat dari hasil penelitian akan sesuatu, dengan mengamati sesuatu secara cermat dan terus menerus. Membuat percobaan-percobaan yang bisa membuktikan kebenaran tentang teori yang akan diajukan. Sehingga jika semua percobaan-percobaan itu dapat dibuktikan maka bisa menjadi sebuah teori. Research program mengandung tiga elemen yakni: hard core, positive heuristic dan teori-teori. Kami mengibaratkan hard core itu Al-Qur’an yang tidak bisa diubah dan tidak dapat dibatalkan, sedangkan positive heuristic kami ibaratkan ilmu-ilmu yang bisa di dapatkan dari Al-Qur’an yang di dalamya terdapat teori-teori yang dapat dikembangkan.

CATATAN DOSEN PENJELASAN CUKUP RUNTUT. PERLU DIKETAHUI PENEKANAN DARI MATERI INI ADALAH: DALAM KAJIAN EPISTEMOLOGI, TERDAPAT KRITIK BAGI EPISTEMOLOGI KEILMUAN MODERN BARAT, BAIK YANG BERASAL DARI ILMUAN DI BARAT (THOMAS KUHN, IMRE LAKATOS, DLL) ATAUPUN DARI LUAR ILMUAN (JOHN HAUGHT, IAN BARBOUR, FAZLUR RAHMAN, DLL) KRITIK TSB MENUNJUKKAN PERLU ADANYA CARA PANDANG (PARADIGMA) BARU DALAM MENGGUNAKAN ILMU DI ERA KONTEMPORER INI, SALAH SATUNYA ADLAH PARADIGMA INTEGRASI ANTARA ILMU DAN AGAMA (ISLAM). SELAIN PARADIGMA INTEGRASI BANYAK PULA PARADIGMA BARU LAINNYA

AMIN ABDULLAH MEMBEDAH ISLAM SEBAGAI ILMU MELALUI KAJIAN ISLAM HISTORIS (ISLAM SEBAGAIMANA DIPRAKTIKKAN DAN DIHAYATI OLEH PEMELUKNYA, MENJADI OBJEK KAJIAN ILMU PENGETAHUAN) DAN ISLAM NORMATIF (ISLAM SEBAGAI DOKTRIN DAN AJARAN, MENJADI OBJEK KAJIAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN ISLAM) DALAM PERJALANANNYA, KEDUA ASPEK KEILMUAN ISLAM TIDAK BISA BERGERAK SENDIRI, TETAPI SALING MEMBUTUHKAN SATU DENGAN LAINNYA. ARTINYA, KEHIDUPAN KEBERAGAMAAN UMAT ISLAM (MASUK KAJIAN ISLAM HISTORIS) HARUS MELIBATKAN KEILMUAN2 SOSIAL DAN HUMANIORA, YANG PADA AKHIRNYA AKAN BERKONTRIBUSI SEBAGAI MASUKAN ATAU KRITIK BAGI KAJIAN ISLAM NORMATIF (KAJIAN ILMU KEAGAMAAN ISLAM, ATAU BIASA DISEBUT DIRASAT ISLAMIYYAH)

CATATAN DOSEN DR DISKUSI Hubungan Entairment itu apa? ???

(PERTANYAAN #2) Hubungan Islam dan Ilmu Pengetahuan mencari teori kebenaran, yang dimaksud teori kebenaran disini itu yang bagaimana? GENERALLY, KEBENARN AGAMA DAN KEBENARAN ILMU LEBIH SERING DIPERTENTANGKAN. INTEGRASI MELIHAT SEBALIKNYA, ADA POTENSI KEBENARAN ANTARA ILMU DAN AGAMA YANG BISA DIPADUKAN, BAHKAN MEMILIKI NILAI KEBENARAN YANG SAMA DENGAN SYARAT2 ANTARA LAIN: ILMU HARUS MELALUKAN KRITIK THD DIRINYA SENDIRI, ANTARA LAIN DENGAN KETERBUKAAN THD REALITAS STUDI YG TDK SEMATA2 FISIK (MENTAL+SPIRITUAL JG DIMASUKKAN), JUGA METODE KEBENARAN YG TDK MELULU TEORI KOHERENSI+KORESPONDENSI.

AGAMA HARUS JUGA MELAKUKAN KRITIK, BAHWA KEBENARAN MUTLAK AGAMA HANYA KEBENARAN YG ADA PD TUHAN, SEDANGKAN PRAKTIK DAN PENGHAYATAN KEBERAGAMAAN SEBENARNYA ADL MANUSIAWI YG MUNGKIN BERNILAI BENAR ATAU SALAH. ARTINYA, PADA ASPEK KEBERAGAMAAN ILMU DAPAT MASUK DAN MENELAAH KEBERAGAMAAN. CONTOH, FPI MENOLAK AHOK SBG GUBERNUR DKI KARENA BUKAN MUSLIM, PERLU DITELAAH LEBIH JAUH DR SISI KEILMUAN, APAKAH TAFSIR PEMIMPIN ≠ NON-MUSLIM ITU BENAR SECARA EPISTEMOLOGIS KEILMUAN?

(Pertanyaan #3: Bagaiman perkembangan ilmuwan dahulu sampai sekarang dalam merumuskan sebuah teori?) BERAGAM, TERGANTUNG PADA PARADIGMA KEILMUAN YANG DIGUNAKAN. SAYA SARANKAN UNTUK MELIHAT KEMBALI FASE-FASE KESEJARAHAN KEILMUAN DI PERTEMUAN KE 3 (SEBELUM UTS), ERA YUNANI, PERTENGAHAN, MODERN, DAN KONTEMPORER

(PERTANYAAN #4): Hard core mempunyai asumsi fundamental dan tidak dapat dimodifikasi , padahal ilmu harus mengikuti perkembangan zaman? IMRE LAKATOS ADL SALAH SATU ILMUAN KONTEMPORER YANG MENGKRITIK PARADIGMA POSITIVISME SBG SATU-SATUNYA CARA PANDANG DLM MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN. MELALUI RESEARCH PROGRAM, SEBENARNYA LAKATOS SEDANG MENELITI FAKTA PROSES DILAHIRKANNYA SUATU ILMU PENGETAHUAN (KONSEP, TEORI, HINGGA TEKNOLOGI). HARD CORE ADL LINGKARAN INTI CARA PANDANG YANG DIMILIKI OLEH SEORANG/SEKELOMPOK ILMUAN DAN TIDAK PERNAH BERGANTI/BERUBAH. MISALNYA SEORANG FISIKAWAN AKAN MENYEBUT GRAVITASI SEBAGAI HUKUM YANG MUTLAK SELALU BERADA PADA SETIAP BENDA DI MUKA BUMI, DAN BERSIFAT FUNDAMENTAL BAGI SELURUH AKTIFITAS KEILMUANNYA. WALAUPUN BILA DIMINTA MEMBUKTIKAN ESENSI GRAVITASI IA TDK PERNAH BISA MEMBUKTIKANNYA, KRN IA HANYA BISA MEMBUKTIKAN GRAVITASI MELALUI EKSISTENSI BENDA-BENDA YANG ADA DI MUKA BUMI.

(BEBERAPA KRITIKUS MELIHAT GRAVITASI SEPERTI TUHAN BAGI FISIKAWAN, YANG IA TDK PERNAH BISA MEMBUKTIKAN KEBERADAANNYA, KECUALI MELALUI EKSISTENSINYA YANG MELEKAT PADA BENDA2 DI MUKA BUMI). LAGI—LAGI MENURUT KRITIKUS, GRAVITASI ADL PERSEPSI YANG DIMILIKI FISIKAWAN, BERSIFAT FUNDAMENTAL, TDK PERNAH BERUBAH WALAUPUN PENELITIAN2NYA TENTANG PERHITUNGAN GAYA GRAVITASI BISA BERUBAH2 (ATAU BAHKAN MELAKUKAN OLAH MODIFIKASI GRAVITASI SUATU BENDA TERHADAP BUMI).