Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
Pengertian Grafika Komputer ▶ Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital. Grafika komputer juga sering disebut dengan istilah visualisasi data.
Sejarah Grafika Komputer ▶ Sejarah grafika komputer dimulai sejak Leonardo da vinci pelukis dari Italia sudah menghasilkan lukiasan dengan objek 3D. Proyeksi ortografik yang sekarang digunakan dalam sistem grafika komputer sekarang ditemukan oleh Gaspard Monge ( 1746 – 1868 ) seorang ahli matematika berkebangsaan Prancis.
Perkembangan Grafika Komputer ▶ Fase pertama, tahun 50an merupakan era grafika komputer interaktif. ▶ Fase kedua, dalam dekade 1960an, grafika interaktif moden telah ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran Sketchpad. ▶ Fase ketiga, 1980an, sektor industri melakukan perbaikan kualitas komputer interaktif agar cepat dan mudah. ▶ Fase keempat, 1980an, grafika komputer berkembang pesat
Pengertian komunikasi ▶ Komunikasi salah suatu proses seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Sejarah komunikasi ▶ Sejarah komunikasi sudah diperkenalkan diperkirakan dimulai sejak sekitar 4000tahun sebelum masehi, para ahli pra-sejarah menemukan lukisan – lukisan dalam gua yang diperkirakan karya komunikasi manusia pada jaman tersebut.
Perkembangan komunikasi ▶ Era komunikasi tulisan ▶ Era komunikasi cetak ▶ Era komunikasi telegraph ▶ Era komunikasi interaktif
Grafika 2D ▶ Adalah sekumpulan titik titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polygone, polyline, atau kurva.
Macam – macam objek 2D ▶ Circle ▶ Line ▶ Polygon ▶ Rectangle ▶ dll
Grafik 3D ▶ Adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3D merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x dan y.