ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Advertisements

ANAK Lesson 2 for July 12, 2014.
BAHAN AJAR Kelas XII Semester II (Genap).
Makna Sengsara dan Wafat Yesus
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
KESEMPURNAAN ALKITAB 2 Tim. 3:16; 2 Pet. 1:20-21
14 MEI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Oleh : Pdt. A. Letlora
KEBAKTIAN SEKOLAH MINGGU 11 JANUARI 2015
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2011 “MENDENGARKAN TUHAN BERCERITA” "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi.
MENGENAL KITAB-KITAB DEUTEROKANONIKA
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
MEMPERTANGGUNGJAWABKAN IMAN KATOLIK
Awam Dalam Kiprah Pewartaan Injil
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
Spiritualitas: dasar, akar dan jangkar Kita dan spritualitas kita Menurut anda secara pribadi, apakah arti kata “Spiritualitas” itu? Buatlah definisi.
BIBLIOLOGI DIsiplin Imu Yang Mempelajari Tentang Alkitab
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
Apa itu Institusi sosial?
Babtis.
ANAK DAUD Lesson 1 for April 2, 2016.
JADILAH PEMENANG HIDUP YANG BENAR
Thema: “Dipilih Untuk Melayani”
KOMISI PENGKADERAN TAFSIR ALKITAB.
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
AGAMA KATOLIK Drs. A.P. Oenarto M.
YESUS KRISTUS (Lanjutan)
4 PILAR GEREJA MEMBANGUN JEMAAT RD RUDY HARTONO.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
Bibliologi disiplin ilmu yang mempelajari akan Alkitab
MELESTARIKAN HUBUNGAN
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
JANJI BAGI YANG TERANIAYA
INJIL DATANG KE TESALONIKA
YESUS KRISTUS, Tuhan dan Manusia
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
BAB V Kitab Suci dan Tradisi.
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
YESUS KRISTUS SUNGGUH ALLAH DAN SUNGGUH MANUSIA
Kanonisasi Perjanjian Lama
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
Ireneus dari Lyon Kelompok IV.
WE ARE ONE Kisah Para Rasul 2:41-47.
BAB VI YESUS KRISTUS PEJUANG KERAJAAN ALLAH
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
PENAHANAN DI YERUSALEM
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
BAB V KITAB SUCI DAN TRADISI SEBAGAI IMAN AKAN YESUS
PENYEBAB PERPECAHAN Lesson 2 for October 13, 2018.
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
KOTBAH BIOGRAFI Biografi adalah kisah perjalanan yang mewarnai hidup seseorang. Metode ini mempelajari hidup dari beberapa tokoh yang kita temukan dalam.
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
PERSATUAN DALAM IBADAH
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
YESUS PUTRA ALLAH DAN JURU SELAMAT
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
KESEPAKATAN KELAS 8.1 ( PAK ) KBM PENDIDIKAN AGAMA = 80
PERAN ROH KUDUS BAGI MURID YESUS
“.... Sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari Pada-Ku” (Yes 56:1-8) “....sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran...”
WELCOME “YESUS KRISTUS SEBAGAI TOKOH IDOLA DAN JURU SELAMAT MANUSIA” By Kelompok 4.
PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW.
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)

B. KHUSUS KITAB SUCI PERJANJIAN BARU PENGERTIAN KUMPULAN KARANGAN YANG DISUSUN OLEH BERBAGAI JEMAAT KRISTEN BERSUMBER DARI TRADISI (LISAN ATAU TERTULIS) YANG MEMUAT PENGALAMAN IMAN/ KESAKSIAN SEHARI – HARI.

PENGALAMAN : IMAN TERSEBUT DITULIS PARA PENGARANG YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG YANG BERBEDA – BEDA MENGENAI BAHASA/ BUDAYA, KEADAAN GEOGRAFIS, KARAKTER DAN PENGALAMAN HIDUPNYA MASING – MASING PENGALAMAN IMAN /KESAKSIAN HIDUP BERBAGAI PENGARANG YANG BERIMAN MENJADI BERBEDA PULA.

PERKEMBANGAN PENULISAN NASKAH PERJANJIAN BARU : MENGALAMI PROSES PERKEMBANGAN MELALUI PENGARUH DARI 3 KEBUDAYAAN ; DARI BUDAYA PALESTINA, LALU BERKEMBANG DIPENGARUHI BUDAYA – BUDAYA YUNANI (DIASPORA) KEMUDIAN MASUK KEDALAM BUDAYA YUNANI BUKAN YAHUDI (BANGSA DAN CAMPURAN DI ASIA KECIL)

2. PENJELASAN TENTANG PENGARUH DARI 3 KEBUDAYAAN : PENGARUH BUDAYA PALESTINA (YAHUDI) : MENGUTAMAKAN PENGALAMAN AKAN KERAJAAN ALLAH ( = MANUSIA YESUS YANG DIRAJAI KRISTUS , SABDA ALLAH) AKAN DATANGUNTUK KEDUA KALINYA BERPERAN SEBAGAI HAKIM PADA HARI KIAMAT : IA RINDUKAN UNTUK MEMENUHI HARAPAN AKAN KESELAMATAN => GELAR MARANATHA / DATANGLAH YA TUHAN DIBERIKAN KEPADA YESUS.

PENGARUH BUDAYA YAHUDI - YUNANI (ORANG – ORANG YAHUDI DIASPORA / PERANTAUAN) DILUAR PALESTINA. MENGUTAMAKAN PENGALAMAN AKAN KERAJAAN ALLAH DI MASA YANG AKAN DATANG SEPERTI ORANG – ORANG YAHUDI DI PALESTINA : MENGHARAP YESUS SEBAGAI MESIAS DI PALESTINA : MENGHARAP YESUS SEBAGAI MESIAS BERPERAN SEBAGAI HAKIM PADA HARI KIAMAT. NAMUN, DISAMPING ITU SEPERTI ORANG – ORANG YAHUDI PERANTAUAN MENGUTAMAKAN YESUS KRISTUS SPIRITUAL SEKARANG BERPERAN SEBAGAI RAJA ALAM SMESTA DENGAN DIBERI GELAR KYRIOS. ARTINYA YANG DIURAPI : YAITU ALLAH SENDIRI.

PENGARUH BUDAYA YUNANI BUKAN YAHUDI (BANGSA CAMPURAN BERDOMISILI DI LUAR PALESTINA BERKEBUDAYAAN HELLENISTIS / YUNANI) MENGUTAMAKAN PERAN YESUS SEBAGAI MARANATHA / HAKIM DI HARI KIAMAT DAN SEBAGAI KYRIOS, ALLAH SEBAGAI RAJA ALAM SEMESTA. NAMUN, DITAMBAH LAGI PENGALAMAN IMAN AKAN KEBERADAAN YESUS SEBELUM LAHIR. IA DIBERI GELAR SANG SABDA KEKAL (YOH 1 : 1 – 4)

3. CARA MENAFSIR ISI KITAB SUCI PERJANJIAN BARU SEMUA YANG DITULIS DALAM NASKAH KITAB SUCI DINYATAKAN SEBAGAI PENUTURAN LENGKAP/SEMPURNA MELIPUTI HIDUP YESUS TERSEMBUNYI DAN PADA MASA HIDUP YESUS, DIMUKA UMUM, WAFAT YESUS, DAN KEBANGKITAN KRISTUS, SERTA KENAIKANNYA KE SURGA. PENUTURAN TENTANG CERITA – CERITA TERSEBUT BENAR – BENAR TERJADI SEBAGAIMANA DITULIS DALAM NASKAH KITAB SUCI DAN YESUS PUN DIANGGAP SUDAH MENGETAHUI KEBENARAN PENUTURAN CERITA – CERITA TERSEBUT, YANG DIWARTAKAN OLEH GEREJA PERDANA AKIBAT UMAT MENJADI KAUM FUNDAMENTALIS, SEBAB CARA MENAFSIR NASKAH KITAB SUCI SECARA HARAFIAH. (C0NTOH BEBERAPA GEREJA PROTESTAN).

2. YESUS HISTORIS TIDAK PUNYA HUBUNGAN DENGAN KRISTUS YANG DIIMANI DAN DIWARTAKAN OLEH GEREJA. INTI POKOK PEWARTAAN GEREJA ADALAH PESAN CINTA KASIH YESUS SAJA. GEREJA AWAL MENULIS NASKAH KITAB SUCI BERISI KISAH / CERITA SEPERTI DITULIS DALAM NASKAH KITAB SUCI PERJANJIAN BARU, UTAMANYA PESAN CINTA KASIH YANG DIAJARKAN YESUS DIJADIKAN DASAR, TOLAK UKUR DAN ARAH PENULISAN KITAB SUCI PERJANJIAN BARU. JADI TAFSIR MENGENAI KARYA GEREJA CUKUP BERPEDOMAN PADA PESAN CINTA KASIH KITAB SUCI PERJANJIAN BARU.

45 TAHUN YANG LALU CARA TAFSIR INI DIMINATI OLEH BANYAK GEREJA, YANG INTINYA MENGAJARKAN : YESUS HISTORIS TIDAK SAMA DENGAN KRISTUS SPIRITUAL YANG DIAJARKAN GEREJA TIDAK ADA KESINAMBUNGAN KEBERADAAN YESUS DENGAN KRISTUS YANG SUDAH BANGKIT / KRISTUS SPIRITUAL YANG DIIMANI GEREJA. CARA TAFSIR YANG KEDUA INI BERTENTANGAN DENGAN PAHAM GEREJA KATOLIK, SEBAB DISINI YESUS DIAKUI SEBAGAI PEWARTA SAJA, SEDANG YANG DIWARTAKAN BERADA DILUAR DIRINYA PADAHAL GEREJA KATOLIK MENGAJARKAN : MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH SAMA DENGAN MENGAJARKAN KRISTUS SPIRITUAL,

SEBAB KERAJAAN ALLAH DIPAHAMI SEBAGAI PERSATUAN MANUSIA YESUS DENGAN KRISTUS YANG BANGKIT/ SPIRITUAL KEBERADAAN YESUS DENGAN KRISTUS SALING BERHUBUNGAN DAN SALING MELENGKAPI (ADA KESINAMBUNGAN KEBERADAAN YESUS HISTORIS. YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH, SAMA DENGAN KERAJAAN ALLAH ; YANG ADALAH KERAJAAN ALLAH ; SEDANG GEREJA MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH SAMA DENGAN MEWARTAKAN KRISTUS YANG SUDAH BANGKIT/SPIRITUAL. DIKAITKAN DENGAN YESUS HISTORIS YANG JUGA KYRIOS / ALLAH => YESUS YANG DIRAJAI ALLAH ADALAH KERAJAAN ALLAH SECARA NYATA DAN OTENTIK : SEDANG MANUSIA – MANUSIA YANG DIRAJAI KRISTUS / ALLAH ADALAH KERAJAAN ALLAH PULA SEBAGAI KRISTUS YANG LAIN (ALTER CHUISTUS/ IMAGO KRISTI) GAMBAR KRITUS YANG KELIHATAN.

SETIAP KALI GEREJA MEWARTAKAN KRITUS / KERAJAAN ALLAH, SELALU MENGANDAIKAN JAWABAN/TANGGAPAN MEREKA MANUSIA TANPA PAKSAAN. SEBAB HAKEKAT CINTA KASIH SELALU TANPA PAKSAAN. WUJUD TANGGAPAN TERSEBUT BERUPA : FIDES EX AUDITU, MENGAMINI KEBENARAN AJARAN IMAN KRISTIANI. FIDES FIDUCIALIS, MENJATUHKAN PILIHAN SEBAGAI KONSEKUENSI SIKAP MENGASIHI ALLAH DENGAN MENYATAKAN KEHENDAKNYA DALAM HIDUP SEHARI – HARI. MENGAMINI KEBENARAN AJARAN IMAN, LALU BERI CONTOH – CONTOHNYA.

KESIMPULAN HAKEKAT MEMBACA KITAB SUCI BERJUMPA DENGAN ALLAH YANG HIDUP/ PRIBADI SEMPURNA DALAM SEJARAH KARYA KESELAMATANNYA. ALLAH BERBICARA/BERKOMUNIKASI DENGAN MANUSIA: ALLAH MENYATAKAN BAHWA SEGALA SESUATU DICIPTAKAN OLEHNYA DAN UNTUK MANUSIA AGAR MENGELOLANYA/ MENGATUR LEBIH BAIK => COCREATOR SEBAGAI REKAN PENCIPTA / RAJA DUNIA ALLAH MENGHENDAKI MANUSIA HIDUP BERSAMANYA SEBAGAI TUJUAN HIDUPNYA. ALLAH MEMBERI PEDOMAN MANUSIA HIDUP BERSAMANYA SEBAGAI TUJUAN HIDUPNYA

KESIMPULAN ALLAH MEMBERI PEDOMAN HIDUP UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG MEMILIKI PERSPEKTIF BARU HIDUP SEBAGAI MANUSIA BARU “Akulah adalah jalan kebenaran dan hidup (Yoh 14 : 6). Allah selalu mendengarkan manusia yang curhat kepadaNya.