MENGELOLA KOMUNIKASI MASSAL: IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, PERISTIWA DAN PENGALAMAN, SERTA HUBUNGAN MASYARAKAT Bab #18
IKLAN IKLAN, adalah segala bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sebuah sponsor yang diidentifikasi.
LIMA ‘M’ IKLAN Mission/misi Money/uang Message/pesan Media Measurement/pengukuran
TUJUAN IKLAN Informatif/Sebagai informasi Persuasif/meyakinkan Reminder/pengingat Reinforcement/penguatan
FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MENYUSUN ANGGARAN IKLAN Tahapan dalam daur hidup produk Pangsa pasar dan basis konsumen Pesaing dan clutter Frekuensi iklan Kemampuan substitusi produk
MENGEMBANGKAN KAMPANYE IKLAN Generasi dan evaluasi pesan Pengembangan dan pelaksanaan yang kreatif Isu-isu Legal/hukum dan sosial
Above The Line Below the Line Target audiens luas Target audiens terbatas Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep ataupun idee. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli TV, radio, majalah, koran, billboard Event, sponsorship, sampling, point-of-sale (POS) materials, consumer promotion, trade promotion
Ketentuan Soal Iklan Asing dalam Permenkominfo No.25/2007 Bab V Iklan Asing Pasal 5 menyebutkan iklan asing atau iklan yang menggunakan sumber daya asing untuk disiarkan pada lembaga penyiaran terbatas pada: Iklan pariwisata, yaitu iklan yang memuat unsur pariwisata dari suatu negara asing dengan barang atau jasa yang keberadaannya di negara tersebut Iklan properti yaitu iklan mengenai bangunan, rumah, apartemen, gedung yang berlokasi, di luar Indonesia Iklan mengenai pertandinganinternasional, perlombaan, festival, pendidikan, sekolah/studi dan kegiatan lain yang berlokasi di luar Indonesia Iklan brand global dan atau yang membawa brand image dengan tokoh pemeran tertentu, di mana penayangan produk iklan termasuk di seluruh dunia akan menggunakan tokoh tersebut Iklan dengan karakter atau yang merupakan aktivitas unggulan (flag ship) suatiu negara Perbedaan pendapat mengenai penafsiran huruf d dan e di atas dapat dikonsultasikan kepada menteri
CREATIVE BRIEF Janji merek Pernyataan pemosisian Bukti dari janji Media Latar belakang Pertimbangan kreatif Pernyataan pemosisian Pesan inti/kunci Pasar sasaran Tujuan Manfaat merek utama
TELEVISI KEUNTUNGAN Meraih spektrum konsumen yang luas Biaya rendah per exposure Kemampuan mendemontrasikan penggunaan produk Kemampuan memotret citra dan personalitas merek KERUGIAN Brief Clutter Produksi biaya tinggi High cost of placement Kurangnya perhatian penonton
IKLAN CETAK KEUNTUNGAN KERUGIAN Informasi produk detil Media pasif Kemampuan untuk mengkomunikasikan citra pengguna imagery Fleksibel Mampu disegmenkan KERUGIAN Media pasif Clutter Tidak dapat mendemontrasikan penggunaan produk
KRITERIA EVALUASI IKLAN CETAK Apakah pesan jelas pada saat itu? Apakah manfaat ada dalam headline? Apakah ilustrasi mendukung headline? Apakah baris pertama mendukung atau menjelaskan headline dan ilustrasi? Apakah iklan mudah dibaca dan diikuti? Apakah produk dapat dengan mudah diidentifikasi? Apakah merek atau sponsor secara jelas teridentifikasi?
PEMILIHAN MEDIA Jangkauan Frekuensi Dampak Exposure
MEMILIH DI ANTARA BERBAGAI JENIS MEDIA UTAMA Audien sasaran dan media habits Karakteristik produk Karakteristik pesan Biaya
JENIS MEDIA UTAMA Luar Ruang Koran Halaman Kuning Televisi Newsletters Brosur Telepon Internet Koran Televisi Direct mail Radio Majalah
Tabel 18.2 PENGELUARAN KOMUNIKASI PEMASARAN Media $ % of Total TV 72.1 32 Radio 20.9 9 Internet 16.7 8 Magazines 23.7 11 Newspaper 45.8 20
PLACE ADVERTISING Billboards Public spaces Product placement Point-of-purchase
Billboard Ruang Publik (Public Space)
Product Placement
MENGUKUR UKURAN AUDIEN Sirkulasi Audien Audien yang efektif Effective ad-exposed audience
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA WAKTU Turnover pembeli Frekuensi pembelian Rata-rata melupakan
POLA PENJADUALAN MEDIA Continuity Concentration Flighting Pulsing
MENGEVALUASI EFEKTIVITAS IKLAN Penelitian Efek Komunikasi Metoda Umpan Balik Konsumen Uji Portfolio Uji Laboratorium Penelitian Efek Penjualan
MENGUKUR DAMPAK PENJUALAN ATAS IKLAN Share of expenditures Share of voice Share of mind and heart Share of market
PROMOSI PENJUALAN PROMOSI PENJUALAN (Sales Promotion), terdiri dari kumpulan alat-alat insentif, kebanyakan jangka pendek, dirancang untuk menstimulasi pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atar produk atau jasa oleh konsumen atau pertukaran.
TAKTIK PROMOSI PENJUALAN TRADE DIRECTED terdiri dari kumpulan alat-alat insentif, kebanyakan jangka pendek, dirancang untuk menstimulasi pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atar produk atau jasa oleh konsumen atau pertukaran. Price offs Allowances Free goods Sales contests Spiffs Trade shows Specialty advertising
MENGGUNAKAN PROMOSI PENJUALAN Menyusun tujuan Memilih alat Mengembangkan program Pretest Pelaksanaan dan kontrol Mengevaluasi hasil
PERISTIWA DAN PENGALAMAN $14.9 billion dikeluarkan untuk pemberian sponsor pada tahun 2007; 66% olah raga 11% tour 5% festival, fairs 5% seni 10% causes
ALASAN MENSPONSORI PERISTIWA (EVENTS) Untuk mengidentifikasi pasar sasaran utama atau gaya hidup Untuk meningkatkan kesadaran merek Untuk menciptakan atau mendorong(reinforce) persepsi konsumen atas asosiasi citra merek Untuk meraih citra korporat Untuk menciptakan pengalaman dan evoke feelings Untuk mengekspresikan komitmen pada komunitas Untuk menghibur klien penting atau reward karyawan To permit merchandising or promotional opportunities
MENGGUNAKAN ACARA YANG DISPONSORI Menentukan tujuan Memilih acara Merancang program Mengukur efektivitas
PERISTIWA (EVENT) IDEAL Audience closely matches target audience Event menghasilkan perhatian media Event unik dengan sedikit sponsor Event lends itself to ancillary activities Event meningkatkan citra merek sponsor
MENGELOLA PENGALAMAN PELANGGAN: EXPERIENCE PROVIDERS Komunikasi Identitas Keberadaan produk (Product presence) Co-branding Lingkungan Internet Media elektronik Orang
LANGKAH-LANGKAH DALAM RERANGKA CEM Menganalisis pengalaman dunia pelanggan Membangun experiential platform Merancang pengalaman merek Structure the customer interface Terlibat dalam inovasi berkelanjutan
TUGAS YANG DILAKUKAN HUBUNGAN MASYARAKAT Launching produk baru Mereposisi produk ‘mature’ Membangun ketertarikan dalam kategori produk Mempengaruhi kelompok sasaran spesifik Defending products that have encountered public problems Membangun citra korporat yang merefleksikan kesukaan pada produk
FUNGSI-FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT Press relations Product publicity Corporate communications Lobbying Counseling
ALAT-ALAT DALAM PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT Publikasi Peristiwa Sponsorships News Pidato Aktivitas Layanan Publik Mengidentifikasi Media
KEPUTUSAN DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT Menyusun tujuan Memilih pesan Memilih langkah Implementasi Mengevaluasi hasil