Mobile Device User Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar-dasar Web Design
Advertisements

Video Conference Training Polycom VSX7400s Series
Web Service.
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Interaksi Manusia dan Komputer
Prinsip Perancangan Multimedia
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Rekayasa Web “Materi 6 – WebApp Testing” Sandhika Galih
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Protyping IMK-M5.
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
KONSEP WEB.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Designing Effective Output / Input
DESAIN IMK-M5.
Bina Sarana Informatika
komponen antarmuka pengguna
Interaksi Manusia & Komputer Website
Interaksi Manusia dan Komputer
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
konsep disain Interaksi Manusia - Komputer
Perancangan Antar Muka
DUKUNGAN SISTEM OPERASI
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
Pramita Firnanda 2 D3 Teknik Informatika A
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pengantar Teknologi Mobile
Web-Based User Interface
Pendahuluan.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Panduan Merancang Interface
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Web-Based User Interface
Web-Based User Interface
Interfase design Pertemuan 4.
CLIENT-SERVER DATA TRANSFER
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interfase design Pertemuan 4.
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
PENGANTAR PEMROGRAMANN WEB
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Operating System UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pengantar Teknologi Mobile
Assalammualaikum wr. wb
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
INFRASTUKTUR MOBILE Mengerti infrastruktur mobile membuat anda akan mengembangkan aplikasi yang lengkap dan untuk membuat keputusan yang lebih tentang.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
ANALISA DAN PERANCANGAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SLIDE MASTER & HYPERLINK
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Mobile Device User Interface Membahas tentang user interface pada perangkat mobile yang memiliki beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengan perangkat output lainnya yang telah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Seperti inikah yang dimaksud dengan mobile device?

Navigasi one-handed Kamera mobile sebagai channel input Mendeskripsikan karakteristik dan batasan Mobile, wireless dan kemampuan akses Internet dimana pun kapan pun Kelemahan: bandwidth kecil, tingkat kesulitan dan kecepatan input, layar kecil

Apa yang Berbeda pada Perangkat Mobile? Perbedaan input One-handed, keypad, camera, pens, soft keyboard Digunakan pada tempat berbeda Power yang terbatas Mudah rusak Bandwidth yang rendah Layar yang kecil

Interface Perangkat Mobile Memungkinkan pemakai menggunakan shortcut Menawarkan umpan balik informasi Mendesain dialog yang mudah digunakan Mendukung kendali internal

Penggunaan Shortcut Pemakai cenderung lebih suka mengurangi jumlah interaksi. Pengurangan jumlah operasi untuk melakukan aktivitas. Shortcut untuk memudahkan pengoperasian fungsi tertentu. Tombol yang mudah digunakan.

Umpan Balik Informasi Setiap aksi dari sebuah operasi, disediakan adanya umpan balik sistem, misalnya dengan suara beep ketika tombol ditekan atau terjadi kesalahan. Umpan balik harus mudah dipahami oleh pamakai.

Desain Dialog Urutan aksi dan fungsionalitas sistem harus diorganisasikan dalam grup/kategori. Pemakai akan lebih nyaman jika menemukan gaya dialog yang sama antara penggunaan PC dengan perangkat mobile.

Kendali Internal Pemakai akan lebih suka apabila sistem memberikan respon terhadap aksi mereka, daripada sistem yang mengontrol mereka.

Hal yang Diperhatikan Gaya dialog yang memungkinkan penggunaan layar yang terbatas. Konsistensi Tampilan dan gaya dialog suatu aplikasi harus sama pada lintas platform maupun ketika ditampilkan pada perangkat mobile yang berbeda-beda. Mobile device harus dibekali dengan kemampuan metodologi I/O ketika menampilkan sebuah dokumen untuk menjaga konsistensi ketika ditampilkan pada mesin/komputer desktop dan mobile device itu sendiri.

Hal yang Diperhatikan (lanjutan) Pencegahan kesalahan dengan error handling yang sederhana Efisiensi dan optimasi penggunaan memori internal Aplikasi mobile device harus memiliki desain antarmuka yang menggunakan memori sangat kecil selama menjalankan berbagai tugas Stabilitas koneksi jaringan dan pemanfaatan akses jaringan yang seminimal mungkin.

Prinsip Desain Antarmuka Perangkat Mobile Desain konteks multiple dan dinamis Memungkinkan user mengatur konfigurasi yang diinginkan Memungkinkan pengoperasian dengan satu tangan atau hand-free Memungkinkan aplikasi beradaptasi otomatis menyesuaikan lingkungan kerja pemakai Desain perangkat dengan ukuran kecil Memanfaatkan layar yang terbatas dengan menyusun fungsi berdasarkan urutan aktivitas Menyediakan pemilihan huruf atau kata pada input teks Desain dengan perhatian khusus Menyediakan suara dan opsi keluaran sebagai umpan balik sistem

Prinsip Desain Antarmuka Perangkat Mobile Desain kecepatan dan recovery Memungkinkan aplikasi dihentikan, dimulai maupun dilanjutkan tanpa masalah Aplikasi harus dapat berjalan cepat Desain interaksi top-down Menampilkan struktur informasi yang dapat dipilih detail informasi mana saja yang akan ditampilkan Desain personalisasi Menyediakan personalisasi aturan dan desain sesuai yang diinginkan pemakai Desain yang menyenangkan Aplikasi harus memiliki tampilan yang menarik dan interaktif saat digunakan

Interface mobile device yang menggantikan keypad dengan touch screen berupa alfabed yang disusun melingkar. Sesuaikah interface ini?

Mobile device yang dioperasikan dengan cara menggoyangkan perangkat ke arah depan-belakang, kiri-kanan untuk mengoperasikan susunan menu yang tersedia dalam perangkat tersebut.

Browsing Menggunakan Mobile Device Keterbatasan layar menjadi salah satu kendala dalam mobile device untuk mengakses Internet. Lalu bagaimana menyesuaikan halaman website untuk dapat diakses melalui mobile device?

Browsing Menggunakan Mobile Device Layout halaman website yang ditampilkan melalui web browser. Sebuah halaman website agar sesuai untuk ditampilkan pada layar sebuah mobile device, perlu adanya re-design. Adakah website yang telah menyediakan auto-converting tampilan website menyesuaikan dengan perangkat mobile yang mengaksesnya?

Browsing Menggunakan Mobile Device Auto-converting dari tampilan web menjadi tampilan pada perangkat mobile tidak selamanya dapat bekerja dengan baik, perlu re-design.