INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Try, Catch, Finally Throws
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control & Exception Handling
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Algoritma & Pemrograman 1
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
- PERTEMUAN 4- EXCEPTION
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Try, Catch, Finally Throws
Penanganan Eksepsi.
algoritma dan struktur data dalam bahasa java ramos & christine
Mendapatkan input dari keyboard
Bahasa Pemrograman Operasi File Oleh: Chaerul Anwar, MTI.
Input/output dan Kelas File
Kendali program dan teknik penyimpanan data
VARIABEL TIPE DATA OPERATOR INPUT
Perulangan.
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Konsep Dasar Exception Handling
Package dan package standard java
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Algoritma & Pemrograman 3
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
S. Indriani Lestariningati, M.T
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
OPERASI FILE & EXCEPTION HANDLING
Pemrograman Berorientasi Objek
PERTEMUAN 3 I/O STREAMS PERINTAH MASUKAN.
Pengenalan Program Java
Struktur Kode Program MIDlet
Pendahuluan PBO.
PEMROGRAMAN JAVA.
Aplikasi Berbasis Teks
INPUT DATA DI JAVA.
PACKAGE.
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #2 HUMANIKA
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Pilar Object Oriented Programming
Perulangan.
Package dan package standard java
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Input Keyboard & Keyword “Final”
Pengenalan Pemrograman 1
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 4
Transcript presentasi:

INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT

INPUT DARI KEYBOARD Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mendapatkan masukan (input) dari keyboard. Pada java terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan masukan darikeyboard, diantaranya yaitu menggunakan : kelas Scanner kelas BufferedReader Kelas JOptionPane (GUI). .

Class Scanner Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna. Langkah-langkah dalam menggunakan class scanner adalah sbb : Memanggil kelas scanner dari paket java.Util Membuat objek scanner Memberikan nilai kedalam object scanner

Class Scanner 1. Memanggil kelas scanner dari paket java.Util Kelas Scanner berada pada paket java.util, maka anda harus mengimpornya terlebih dahulu pada baris sebelum deklarasi class dengan sintaks : Import java.util.Scanner;

Class Scanner 2. Membuat object scanner Object Scanner berfungsi untuk menampung nilai yang akan diberikan. Object scanner perlu dideklarasikan sebelumnya dengan sintaks : Scanner namaObject = new Scanner(System.in); Sintaks Scanner namaObject = mendeklarasikan bahwa namaObject adalah suatu object bertipe Scanner. Sintaks new Scanner(System.in) = menciptakan suatu objek bertipe Scanner.

Class Scanner 3. Memberikan nilai kedalam object scanner Untuk memberikan nilai kedalam Object Scanner dapat dilakukan dengan dengan sintaks : String nama = namaObject.methode(); Objek namaObject dapat memanggil seluruh methode yang ada pada kelas Scanner methode berfungsi untuk membaca berbagai tipe data masukan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini, metode – metode untuk objek Scanner.

Class Scanner metode – metode yang ada pada kelas Scanner :

Class BufferedReader Class BufferedReader berada di package java.io Class BufferedReader merupakan salah satu metode lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard. Langkah-langkah dalam menggunakan class scanner adalah sbb : Memanggil kelas scanner dari paket java.io Membuat objek BufferedReader Memberikan nilai kedalam object BufferedReader

Class BufferedReader 1. Memanggil kelas scanner dari paket java.io Sama seperti halnya class Scanner, BufferedReader merupakan sebuah class yang berada di luar dari package yang kita buat, sehingga untuk menggunakan class ini harus di import terlebih dahulu pada baris sebelum deklarasi class dengan sintaks : import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;

Class Scanner 2. Membuat object BufferedReader Object Scanner berfungsi untuk menampung nilai yang akan diberikan. Object scanner perlu dideklarasikan sebelumnya dengan sintaks : BufferedReader namaObject = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ) Sintaks BufferedReader namaObject = mendeklarasikan bahwa namaObject adalah suatu object bertipe BufferedReader. Sintaks new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ) = menciptakan suatu objek bertipe BufferedReader.

Class BufferedReader 3. Membuat object BufferedReader Pada class BufferedReader juga terdapat fungsi untuk menerima inputan dari keyboard yaitu dengan fungsi readLine(). Fungsi ini harus ditulis dalam blok try-catch try-catch berguna untuk menangani exception pada java. try{ String name = namaObject.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); }

Class JOptionPane Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JOptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane memudahkan memunculkan dialog box standard yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu. Contoh penggunaan :

Class JOptionPane Langkah-langkah dalam menggunakan class JOptionPane adalah sbb : 1. Memanggil kelas JOptionPane dari javax.swing package Kelas JoptionPane berada pada javax.swing package. maka anda harus mengimpornya terlebih dahulu pada baris sebelum deklarasi class dengan sintaks : import javax.swing.JOptionPane; 2. Membuat objek JOptionPane Untuk memberikan nilai kedalam Object JOptionPane dapat dilakukan dengan dengan sintaks : String a1 = JOptionPane.showInputDialog(“Angka Pertama :”);

Diketahui sebuah tabung tersebut memiliki Variabel Diameter : 7 cm, variabel tingginya 100 mm dan juga ditentukan nilai konstanta PI = 3.14 V Tabung = π  x r2  x  t

Download Materi : https://www.dropbox.com/s/leikq8kc2yq3qhi/4.%20Inputan%20dari%20Keyboard.pptx?dl=0 Download Latihan : https://www.dropbox.com/s/wv019aqh81knrzo/latihan7.zip?dl=0 https://www.dropbox.com/s/46spoyysuc56gpy/latihan8.zip?dl=0 https://www.dropbox.com/s/wpqspzf7ehr6645/latihan9.zip?dl=0