STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Procedure pada Pascal ALPROG II
Advertisements

Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Praktikum pemprograman terstruktur1
STRUKTUR DATA.
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
ALGORITMA “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. sistematis dan logis artinya,
RECORD.
VARIABEL DAN OPERATOR.
STRUKTUR SUATU BAHASA PEMROGRAMAN
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Algoritma dan Struktur Data
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Notasi Algoritma.
Variabel dan Konstanta Bahasa Pemrograman I Pertemuan:2 Edri Yunizal / Fauzi MS.
Selamat datang Di Prosedur dan Fungsi. Sub Program “Adl Program kecil yg dpt di panggil berulang-ulang sesuai dg kebutuhan”  Manfaatnya: 1.Memudahkan.
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Algoritma dan Struktur Data
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
PROSEDUR.
Pemprograman Terstruktur 1
Procedure , Function dan Parameter
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
T I P E D A T A.
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL
Algoritma Konsep Dasar Bahasa PASCAL
Algoritma Dan Pemrograman
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
STRUKTUR DATA Nanik Susanti, S.Kom.
Pertemuan 2.
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
Struktur Program Pascal
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman 2A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
STRUKTUR DATA Materi : Bagian I Pendahuluan Bagian II Larik
PROCEDURE & FUNCTION FajrizaL.
Array/larik Sri Supatmi Oleh:.
MINGGU I ALGORITMA & PEMROGRAMAN II
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
Algoritma & Pemrograman 1
Minggu I STRUKTUR DATA Gerlan A. Manu, ST.
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Erna Kumalasari Nurnawati
PEMROGRAMAN PASCAL ELEMEN PEMROGRAMAN PASCAL.
Matematika Pascal Identifier x bernilai 10 X = 10
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Oleh: Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom.
Algoritma & Pemrograman 1
Matematika Pascal Nilai dari 40 siswa Identifier Nilai memuat 40 data
Procedure pada Pascal ALPROG II
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 04)
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Tipe data sederhana Hermansyah,S.Kom.
Array (Larik)‏ Struktur Data 1 1.
Matematika Pascal Identifier x bernilai 10 X = 10
Pengenalan Bahasa Pascal
ARRAY (LARIK) MINGGU VI.
Pemrograman Dasar I Putu Hendra Tresnadana. S.
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
SMK BINA INSAN Pemograman Dasar Operasi Aritmatika Dan Logika Yobi Saputra 22.
Transcript presentasi:

STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data ) Fajrizal

Maksud & arti Struktur data : Adalah untuk mengorganisasikan data sedemikian rupa sehingga implementasi ( penerapan ) atau pemeliharaan logika program menjadi lebih terstruktur. Bahasa Program Turbo Pascal : Secara umum, yg dikatakan program adalah ; Kumpulan instruksi atau perintah yg disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan logika yg tepat u menyelesaikan suatu persoalan. Nah, salah satu aplikasi program tersebut adalah Turbo Pascal. Materi kuliah Struktur Data akan disampaikan dengan menggunakan logika Turbo Pascal.

Algoritma dan Struktur Data: Algoritma merupakan jantung semua program yang merupakan urutan langkah sistematis dan dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah spesifik dan dengan usaha yang paling minimal Karakteristik Algoritma: 1. Input 2. Output 3. Definite (Jelas) 4. Efective 5.Terminate(Berakhir)

Algoritma adalah : sarana untuk memanipulasi data agar mencapai sasaran atau tujuan tertentu. Manipulasi algoritmik terhadap data sangat berkaitan dengan teknik representasi data dimemory. Contoh: teknik penyimpanan, pengaksesan dan transformasi sehingga dapat menyelesaikan persoalan Kebanyakan persoalan memerlukan penguasaan terhadap beberapa typedata abstrak dasar Misal: Array,Stack,List,Queuedll

Struktur Program Pascal : program NAMA_PROGRAM; { judul program } uses ….. { deklarasi piranti } label ….. { deklarasi label } const ….. { deklarasi konstanta } type ….. { deklarasi type data } var ….. { deklarasi variabel atau perubah } procedure NAMA_PROCEDURE ; begin ….. ; end; function NAMA_FUNCTION; Begin { awal program utama } End { akhir program utama } Modul / sub program procedure Modul / sub program function Program Utama

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM Mendefinisikan permasalahan Di tahapan ini kita harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan. 2. Membuat rumusan untuk pemecahan masalah Disini kita kita dapat membuat rumusan algoritma untuk pemecahan masalah tersebut. Dapat disusun dalam bentuk pseudocode maupun flowchart. Ex: A.Pseudocode Mulai Input ( Bilangan 1 ) Input ( Bilangan 2 ) Hasil = Bilangan1 + Bilangan2 Output ( Hasil ) Selesai

Mulai Masukan Bilangan 1 Masukan Bilangan 2 Tampilkan Hasil Selesai B. Flowchart Mulai Masukan Bilangan 1 Masukan Bilangan 2 Hasil = Bilangan1 + Bilangan2 Tampilkan Hasil Selesai

Implementasi & Coding Di tahapan ini kita mulai melibatkan bahasa pemrograman, dengan menentukan bahasa program apa yg akan dipilih. Testing ( Menguji Coba ) dan Membuat Dokumentasi Ditahapan ini adalah tahapan pengujian terhadap program dengan tujuan untuk mengetahui apakah telah tepat memberi solusi dari permasalahan yang sebelumnya muncul. Jika belum maka harus dikaji ulang ulang, dst. Sampai Program benar-benar sempurna seperti yg diharapkan.

Jenis-jenis Type Data : 1. Type Sederhana ( simple type ) a. type ordinal ( u semua bil. Kecuali bil real ) @ integer [ -32768 ... 32767 ]  2 bytes @ shortint [ -128 .. 127 ]  1 byte @ longint [ -2147483648 .. 2147483647 ]  4 bytes @ boolean [ benar .. Salah ]  1 byte @ char [ u karakter 1 huruf ]  ‘A’  1 byte ( ASCII ) @ byte [ 0 .. 255 ]  1 byte b. type real ( u bil. Desimal )  6 bytes 2. Type string ( data yg berisi sederetan karakter ) ‘ INFORMASI’ 3. Type terstruktur ( Structured Type )  untuk ukuran tempat a. Larik ( Array )  mempunyai jml data dlm jml tetap, tapi dengan type data yg sama, contoh : [ 1..100 ] b. Rekaman ( record ) sama dg array, tp rekaman tidak harus dengan type data yg sama c. Himpunan ( set )  kumpulan objek yg memp. type data yg sama d. Berkas ( file )  kumpulan sejumlah komponen yg bertipe data sama. 4. Type Pointer ( dijelaskan dalam bab SENARAI BERANTAI )

TYPE rec_mhs = record Nim : string (10) ; Nama : string (20) ; Contoh Type ARRAY : VAR nilai : ARRAY [1..maks_mhs] of char Contoh Type RECORD : TYPE rec_mhs = record Nim : string (10) ; Nama : string (20) ; Jur : string (15) End;

Contoh Program Pascal : 1. Mencari Luas & Keliling Persegi Panjang program mencari_luas_persegi_panjang uses crt ; var lu, kll, p, lb, : real ; begin clrscr ; write ( ‘Panjang=‘ ) ; readln ( p ) ; write ( ‘Lebar=‘ ) ; readln ( lb ) ; lu : = p x lb ; kll : = 2 x p x lb ; writeln ( ‘Luas=‘ , lu) ; writeln ( ‘Keliling = ‘ , kll ) ; end.

2. Mencari Keliling Lingkaran program mencari_keliling_lingkaran; uses crt ; const phi = 3.14 ; var kll : real ; lu : real ; r : real ; begin clrscr; write ( ‘Jari-jari Lingkaran=‘ ) ; readln ( r ) ; lu : = phi x r x r ; kll : = 2 x phi x r ; writeln ( ‘Luas Lingkaran=‘ , lu ) ; write ( ‘Keliling Lingkaran=‘ , kll ) ; end.

3. Mencari Luas Segitiga program mencari_luas_segitiga; uses crt; var lu, al, ti : real ; begin clrscr ; write ( ‘ Alas = ‘ ) ; readln ( al ); write ( ‘ Tinggi = ‘ ) ; readln ( ti ); lu : = 0.5 x al x ti ; write ( ‘ Luas = ‘ ) ; write ( lu ) ; end.

Silahkan anda selesaikan permasalahan u kasus : Luas & Volume KUBUS Luas & Volume BALOK