Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer Tahun : 2005 Versi : Versi 1 / Revisi 0 Pertemuan 12 Pembentukan huruf dengan metoda Bit Map dan Outline serta Matrix Transformasi grafik 2D
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan Mahasiswa akan mampu : Menghitung pembentukan huruf dan transformasi grafik 2D dalam grafik komputer(OFC)
Outline Materi Materi 1 : Membentuk Huruf dengan BitMap sama lebar dan proporsional Materi 2 : Membentuk Huruf dengan Metoda Outline. Materi 3 : Membangun matrix translasi 2D Materi 4 : Membangun matrix rotasi 2D Materi 5 : Membangun matrix scaling 2D
Oleh : Djunaidy Santoso M.Kom. ISI Pokok Bahasan (12) : Pembentukan huruf dengan metoda Bit Map dan Outline dan membangun persamaan serta matrix transformasi grafik 2D(OFC) Oleh : Djunaidy Santoso M.Kom.
Pokok Bahasan (12) : Pembentukan huruf dengan metoda Bit Map dan Outline dan membangun persamaan serta matrix transformasi grafik 2D(OFC)
Koordinat Kartesian dan Koordinat Homogen TRANFORMASI GEOMETRI 2D Koordinat Kartesian dan Koordinat Homogen Translasi, rotasi, Penyekalan Komposisi 3D Translasi, Rotasi, Penyekalan Algoritma dan Struktur Data
KOORDINAT KARTESIAN DAN KOORDINAT HOMOGEN Koordinat Kartesian (x,y) bisa dinyatakan sebagai koordinat Homogen (wx, wy, w) Contoh : Koordinat Kartesian Koordinat Homogen (2,3) (2,3,1) atau (4,6,2) (1,1.5) (1,1.5,1) atau (4,6,4) (-3,6) (-3,6,1) atau (-1.5,3,1.5) Catatan : Untuk 2D umumnya digunakan nilai w = 1 Nilai w =1 digunakan pada perumusan proyeksi 3D.
CLOSING Mahasiswa dapat menghitung pembentukan huruf dan transformasi grafik 2D dalam grafik Komputer(OFC)