Simulasi Peran Peserta,Pengampu, dan Mentor

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Advertisements

Workshop Wakasek Kurikulum
MONITORING, EVALUASI, DAN PELAPORAN
Bagaimana Memanfaatkan Komputer dalam Pembelajaran?
TUTORIAL PROGRAM PASCASARJANA
UNIT 2B Bagaimana Memanfaatkan Media dalam Pembelajaran?
Pertemuan Teknis Tim Fasilitator Pelatihan Pembina KP-Ibu
copyright: dit.akademik.ditjen dikti
PANDUAN PENYELENGGARAAN ONLINE LEARNING UNIVERSITAS PAMULANG
Penilaian Peserta dan Evaluasi Penyelenggaraan
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK PRAKTEK PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
KULIAH ONLINE.
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
TUTORIAL PROGRAM PASCASARJANA
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Kegiatan 6b Kajian dan Simulasi Penggunaan Modul GP (Materi Profesional) Waktu: 38 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Penilaian Peserta dan Evaluasi Penyelenggaraan Waktu: 2 JP
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Petunjuk Teknis Pelaksanaan GP TM Waktu: 2 JP
GURU PEMBELAJAR Disampaikan pada sosialisasi Guru Pembelajar
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
GURU PEMBELAJAR BAHAN DISKUSI DAN LEMBAR KERJA PESERTA PLPG RAYON 113 UNS SURAKARTA 2017.
Petunjuk Teknis Pelaksanaan GP moda Daring Waktu: 2 JP
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
Kegiatan 6b Kajian dan Simulasi Penggunaan Modul GP Waktu: 14 JP
Kegiatan 7a Strategi Fasilitasi Moda Tatap Muka
RAMBU - RAMBU PENYUSUNAN RPP
PERANCANGAN RPP KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kegiatan 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Waktu: 2 JP.
Kegiatan 7d Simulasi Fasilitasi Kelas Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Moda Daring Murni/Daring Kombinasi Waktu: 9 jp.
DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kegiatan 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Waktu: 6 JP.
PERANCANGAN RPP KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kegiatan 5 Materi Kompetensi Pedagogik
Kegiatan 3 Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Waktu: 3 jp.
Kegiatan 7b Strategi Fasilitasi Kelas Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Moda Daring Murni/Daring Kombinasi Waktu: 2 jp.
Kegiatan 6 Materi Kompetensi Profesional
Kegiatan 7c Simulasi Fasilitasi Moda Tatap Muka
PERANCANGAN RPP PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK
Penyusunan RTL Waktu: 2 JP
KULIAH ONLINE.
Penyusunan RPP.
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Literasi TIK (Pengenalan Internet) Waktu: 2 JP
RAMBU - RAMBU PENYUSUNAN RPP
Model problem based learning
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
Sistem Belajar Jarak Jauh: Penerapannya di Universitas Terbuka
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
PENGUATAN MATERI-MATERI ESSENSIAL
Pengampu dan Mentor Moda Daring dan Daring Kombinasi
‘.
Panduan Simulasi Moda Daring
Pembelajaran Manajemen Kinerja
Pembelajaran Manajemen Kinerja
Pembelajaran Manajemen Kinerja
Pembelajaran Manajemen Kinerja
KEMENTERIAN KEHUTANAN
Penyusunan RTL Waktu: 1 JP Disiapkan oleh: Tim Pengembang Disampaikan oleh: 1. Destilawaty (LPPPTK KPTK)
Belajar di Kelas Maya.
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Transcript presentasi:

Simulasi Peran Peserta,Pengampu, dan Mentor Kegiatan 06d Simulasi Peran Peserta,Pengampu, dan Mentor Disampaikan oleh: 1. 2. Disiapkan oleh: Tim Pengembang

Tujuan Pembelajaran Memahami peran pengampu, mentor, peserta dalam GP moda Daring Mempraktekan peran pengampu, mentor, peserta dalam GP moda Daring

Skenario Login sesuai peran (10’) Penguatan (10’) Pengantar mengenai kegiatan simulasi pembelajaran GP-D (10’) Pembagian kelompok dan penentuan peran : pengampu, mentor, peserta (15’) Diskusi untuk Menjawab Pertanyaan (10’) Login sesuai peran (10’) Bermain Sesuai Peran (90’) Berganti peran setiap 90’ (180’) Diskusi peran (45’) Latihan analisis data evaluasi pelatihan (45’) Presentasi hasil diskusi (45’) Penguatan (10’)

Bahan/Media Bahan Presentasi Buku Pegangan Buku user manual Alamat website untuk mengakses modul GP-D Contoh Data Evaluasi Peserta Pelatihan Petunjuk Teknis GP moda daring Laptop Koneksi internet

Diskusi (10’) Peserta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan : Apa yang harus dilakukan oleh guru dalam GP moda daring? Apa yang harus dilakukan oleh pengampu dalam GP moda daring? Apa yang harus dilakukan oleh mentor dalam GP moda daring? Bagaimana mentor mengetahui reaksi peserta terhadap pembelajaran? Bagaimana pengampu mengetahui ketercapaian hasil kegiatan GP moda daring?

Pengantar (lanjutan) Peran Pengampu Moda Daring – Model 1: memonitor keaktifan peserta, memberi semangat kepada peserta, mengevaluasi kegiatan peserta, Memeriksa rekaman kegiatan (log activity) peserta, memberikan umpan balik memeriksa dan menganalisis hasil tes awal, tes akhir dan evaluasi penyelenggaraan

Pengantar Peran Pengampu Moda Daring – Model 2 dan Daring Kombinasi: berkomunikasi dengan mentor melalui message, Memeriksa rekaman kegiatan (log activity) mentor, Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan (progress report) mentor secara daring, memberi semangat kepada mentor, memeriksa dan menganalisis hasil tes awal, tes akhir dan evaluasi penyelenggaraan

Pengantar (lanjutan) Peran Mentor (Moda Daring – Model 2 dan Kombinasi) memonitoring dan atau memfasilitasi peserta GP-D di dalam Forum Sesi memonitoring aktivitas pembelajaran peserta melalui laporan ketercapaian kegiatan (report activity completion) memonitoring, memberikan saran dan umpan balik terhadap hasil/tagihan yang diunggah oleh guru di dalam e-portfolio

Pengantar (lanjutan) Peran Peserta melakukan aktivitas yang terdapat di dalam modul GP moda daring pada Sesi Pendahuluan, Pembelajaran, dan Penutup

Pengantar (lanjutan) Bagaimana mentor mengetahui reaksi peserta terhadap pembelajaran? Penilaian terhadap reaksi peserta dilakukan di sesi genap pada sistem GP moda daring Instrumen yang digunakan adalah smiley face

Pengantar (lanjutan) Bagaimana menganalisis hasil smiley face ? Pengolahan data dilakukan dengan menghitung frekuensi masing-masing jenis gambar smiley face Hasil analisa data digunakan sebagai Instant feedback kepada pengampu sebagai dasar perbaikan pada pembelajaran GP moda daring selanjutnya

Pengantar (lanjutan) Bagaimana pengampu mengetahui ketercapaian hasil kegiatan GP moda daring ? Hasil kegiatan GP moda daring dapat diketahui relevansi dan efektifitasnya melalui instrumen evaluasi penyelenggaran/pelatihan Peserta mengisi instrumen evaluasi penyelenggaraan/pelatihan secara daring pada akhir pembelajaran di Sesi Penutup

Pengantar (lanjutan) Contoh instrumen evaluasi pelatihan Bagaimana Saudara menilai kesesuaian isi pembelajaran GP moda daring ini dengan pekerjaan Saudara ? Sangat Baik  Baik  Cukup  Kurang  Sangat Kurang  Bagaimana Saudara menilai akses ke sistem pembelajaran daring? Sangat Baik  Baik  Cukup  Kurang  Sangat Kurang  Bagaimana Saudara menilai kualitas materi pelatihan yang disediakan dalam pembelajaran GP moda daring ini ? Bagaimana Saudara menilai dukungan pengawas dalam pembelajaran daring ? Sangat Baik  Baik  Cukup  Kurang  Sangat Kurang  Bagaimana Saudara menilai pembelajaran GP moda daring ini secara keseluruhan? Sangat Baik  Baik  Cukup  Kurang  Sangat Kurang  Bagaimana Saudara menilai kegiatan ini berkaitan dengan kemampuan Saudara untuk menerapkannya pada pekerjaan Saudara ?

Pengantar (lanjutan) Item pertanyaan 7 sampai 11 menghasilkan Item Pertanyaan 1 sampai 6 menghasilkan Data Kuantitatif Item pertanyaan 7 sampai 11 menghasilkan Data Kualitatif

Pengantar (lanjutan) Bagaimana menganalisis hasil evaluasi pelatihan ?

Cara Menghitung Relevansi Jumlah rerata persentase peserta yang merespon pertanyaan 1 + 6 (Q1+Q6) Sangat baik (excellent) dan Baik (Good) = (Q1+Q6) 2

Cara Menghitung Relevansi Q1= 83 % + 17%= 100% Q6= 50% + 33% = 83% RELEVANSI = (100% + 83%)/2= 183%/2= 91,5%

Cara Menghitung Efektivitas Jumlah Rerata persentase peserta yang memberikan jawaban pertanyaan 2 - 5 (Q2+Q3+Q4+Q5) Sangat baik (excellent) dan Baik (Good) = (Q2+Q3+Q4+Q5) 4

Langkah Menghitung Efektivitas Q2= 32 % + 57,8 % = 89,8% Q3= 15,6 % + 72,7 % = 88,3% Q4= 14,8 % + 69,5 % = 84,3% Q5= 16,4 % + 73,4 % = 89,8% Efektivitas = (Q2+Q3+Q4+Q5)/4 = 89,8 % + 88,3 % + 84,3% + 89,8% = 88,1%

Contoh Data Kuantitatif RELEVANSI 82.75 % EFFEKTIVITAS 88.05 % Apa artinya, apa yang sudah baik, apa yang harus kita perbaiki untuk pelatihan berikutnya ?

Langkah Kegiatan Log in sesuai dengan username dan password sesuai masing-masing peran Secara simultan, peserta mensimulasikan sesuai peran masing-masing dengan mengerjakan aktivitas yang ada.

Penguatan (10’) Guru Mentor Pengampu Pembelajar yang aktif kolaboratif (active learners) Bagian dari komunitas pembelajaran (community learning) Memberikan umpan balik konstruktif Mentor Pendamping (mentor) Berpartisipasi dalam forum (participate in forum) Memonitor tagihan dan aktifitas pembelajaran (report actifity completion) Memfasilitasi tatap muka di pusat belajar Memberi semangat dan memotivasi Menyampaikan progress report ke Pengampu. Pengampu Mendukung pembelajaran (support learning) Mendorong/ memotivasi mentor (encourage learning)

Memaknai Hasil Relevansi dan Efektivitas Dari data di atas mempunyai makna bahwa relevansi pada pelatihan ini adalah 82,75% dan efektivitas adalah 88,05% .

Terima kasih