Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I Matakuliah : T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun : 2005 Versi : 1/0 Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
<< TIK-99 >> << TIK-99>> Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : << TIK-99 >> << TIK-99>>
Outline Materi Materi 1 Materi 2 Materi 3 Materi 4 Materi 5
Optimalisasi Kode pada Representasi Karakter Representasi karakter dengan fixed-length Contoh : ASCII (7 bit) EBCDIC (8 bit) Representasi ini membutuhkan banyak bit Representasi karakter dengan Variable-length Setiap karakter direpresentasikan dengan jumlah bit yang berbeda. Makin tinggi frekuensi kemunculan suatu karakter dalam suatu string, makin sedikit jumlah bit yang digunakan. Kode untuk suatu karakter tidak boleh menjadi awalan dari kode karakter lainnya supaya tidak menimbulkan kerancuan.
Huffman Code’s A B C D E F G H 22 5 11 19 2 25 Urutkan karakter secara ascending berdasarkan frekuensi munculnya karakter dalam string. Bangun Huffman Tree, dengan algoritma Huffman. Contoh : misalkan karakter dalam suatu string sebagai berikut Karakter A B C D E F G H Frekuensi 22 5 11 19 2 25
Huffman Code’s contd’ Dengan algoritma Huffman di dapat Huffman Tree Karakter A B C D E F G H Code 00 11011 011 111 11010 010 10 1100
End of Pertemuan 18