Modeling Concept & Technique

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar 3 Dimensi Spesifikasi Koordinat 3D
Advertisements

MELUKIS SEGITIGA.
KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.
Titik yang terletak di tengah-tengah alas dan tutup tabung disebut titik….alas dan titik….tutup tabung.
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 13 ::
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
MELUKIS GARIS BAGI, GARIS BERAT, GARIS TINGGI DAN GARIS SUMBU
PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA Mirna Ratnawati,
TOOLS UNTUK MENGGAMBAR 3D: POLYGON MESH & POLYHEDRA
Matakuliah : Kalkulus II
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
Matakuliah : Kalkulus-1
Persamaan Garis Pada Bidang Pertemuan 09
Matakuliah : Kalkulus-1
10. TORSI.
RENDERING (Shading & Shadow)
Human Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
Mental Ray Materials Pertemuan 02 Matakuliah: U0686 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering II Tahun: 2009.
UNITY Pertemuan 4 Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Penggunaan Aplikasi Komputer Pertemuan 9 Matakuliah: R0452/ Matematika Arsitektur Tahun: 2008.
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP
Clipping Edy Mulyanto.
Pengantar Analisis Struktur Dengan Metode Matrik Pertemuan 1
Pertemuan 21 Notasi dan Ukuran pada model 3D
Bilangan Kompleks-1 Pertemuan-21: Bilangan i, a+b.i Operasi +,-,x,/
Sistem Koordinat.
Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Matakuliah : Kalkulus-1
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
3D Elisabeth, S.kom.
Animasi 3D dengan Blender
MENGGAMBAR 2 Pertemuan ke -1
RENDERING (Shading & Shadow)
Mathematics : Cube By Boy Group.
MODELING Mail merge.
Hubungan antara Garis dan Kerucut Pertemuan 20
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
RHYTHM dan DEPTH Pertemuan 3
Basic Animation (anthropomorphic) Pertemuan 02
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
Matakuliah : K0054 / Geometri Terapan I
Menformat suatu Style (Formatting Style) Pertemuan 13&14
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Ordinary Annuity vs. Annuity Due Pertemuan 13
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
GARIS DAN SUDUT Sudut dapat dipandang sebagai suatu bangun yang terjadi dari dua buah sinar atau ruas garis yang bertemu di suatu titik. Jumlah dua sudut.
Hubungan Gambar Teknik Isometri dengan Desain Furnitur Week-10
Review Aljabar Matrix (Lanjutan) Pertemuan 2
KINEMATIKA ROTASI Pertemuan 13
Teknik Menggambar (Technical Drawing) Pertemuan 3&4
Pengukuran data Obyek (Measurement Object) Pertemuan 15&16
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Matakuliah : Kalkulus-1
GEOMETRI DIMENSI DUA.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
By : Elisabeth Margareth Gultom. Prisma adalah bangun ruang yang memiliki alas dan atap yang sama bentuk dan ukurannya serta memiliki sisi tegak (sisi.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Kedudukan Dua Garis.
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Manajemen Gambar (Management Drawing) Pertemuan 7&8
P OSISI LIGHTING SAMPING KANAN Gambar disamping peletakan lighting hanya berada di sisi samping kanan, sehingga dapat di lihat bahwa sisi kanan pada objek.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

Modeling Concept & Technique Matakuliah : U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun : 2010 Modeling Concept & Technique

Apa itu 3D Modeling? 3D modeling is the process of developing a mathematical representation of any three-dimensional surface of object (either inanimate or living) via specialized software. The product is called a 3D model -wikipedia Bina Nusantara University

Antara 2D dan 3D Perbedaan paling mencolok antara 2D dan 3D adalah sumbu Z. Dengan adanya sumbu Z, maka workspace akan berbeda. Bina Nusantara University

Workspace 2D dan 3D Bina Nusantara University

3D workspace Bina Nusantara University

Jumlah bidang kerja anda bukanlah 4, tetapi 1. PERLU DIINGAT! Jumlah bidang kerja anda bukanlah 4, tetapi 1. Keempat bidang yang anda lihat disebut viewport. Viewport adalah sudut pandang anda dalam bidang kerja anda. Bina Nusantara University

Modeling 3D Modeling 3D bukan menggambar. Jangan memperlakukan modeling 3D seperti menggambar 2D, namun perlakukan modeling 3D seperti layaknya sculpting. Bina Nusantara University

Vertex: Titik sudut, Edge: Ruas Garis, Polygon: Sisi Struktur Model 3D Vertex: Titik sudut, Edge: Ruas Garis, Polygon: Sisi Bina Nusantara University

Vertex, Edge, dan Polygon dinamakan sebagai Sub Object. Struktur Model 3D Vertex, Edge, dan Polygon dinamakan sebagai Sub Object. Bina Nusantara University

Modeling Styles Box Modeling Spline Modeling NURBS Modeling Surface Modeling Primitive Modeling Bina Nusantara University

Modifier Modifier, sesuai dengan namanya adalah sebuah fungsi dalam 3dsmax untuk memodifikasi objek diluar dari parameter dasar objek tersebut. Bina Nusantara University

Modifier Layer Modifier menggunakan fungsi layer seperti dapat dilihat dari gambar disamping: Objek dasar adalah Cylinder, dan modifier Bend yang berfungsi untuk membengkokkan objek diletakkan diatas layer Cylinder. Bina Nusantara University

Modifier Layer Maka yang terjadi adalah: Objek dasar Cylinder (tabung) kemudian diproses oleh modifier bend, sehingga silinder tersebut menjadi bengkok. Proses urutannya adalah dari yang paling bawah ke paling atas. Kesalahan dalam meletakkan urutan layer ini dapat berakibat fatal. Bina Nusantara University

Modifier Layer Jangan lupa bahwa anda juga dapat memilih hanya sebagian dari objek tersebut saja yang akan anda kenakan modifier tertentu. Lihat contoh disamping, hanya bagian atas silinder saja yang dikenakan bend. Apabila anda mengaktifkan sub object (vertex, edge, polygon) dan memilih sebagian dari objek tersebut, maka modifier yang ada diatas layer pilihan tersebut hanya akan berlaku untuk bagian yang dipilih saja. Bina Nusantara University

Pivot Point Elemen dasar yang tidak kalah pentingnya dalam modeling adalah pivot point. Pivot point dapat juga disebut sebagai ‘sendi’ dalam setiap objek. Bina Nusantara University

Pivot Point Pivot point akan berpengaruh terutama dalam hal rotasi. Rotasi dalam 3d akan selalu berorientasi kepada pivot point. Bina Nusantara University