Materi 3 - Komputer Multimedia Aplikasi CAI Materi 3 - Komputer Multimedia
Prinsip utama Mampu menggantikan peran pengajar Memanfaatkan individualitas Kapan saja, dimana saja Efisiensi & Efektivitas Dapat lebih memberikan pemahaman Lebih menarik, menyenangkan, dst. Lebih murah
Struktur Aplikasi Perencanaan secara top-down Analisis tugas instruksional Mengidentifikasi rencana eksekusi materi Perencanaan dengan flowchart Identifikasi proses secara grafis Perantara/penerjemah spesifikasi materi Dapat memperlihatkan aliran penyampaian materi secara detail
Eksekusi Materi CAI (1) Desain linear Semua pengguna mengikuti rangkaian yang seragam penghilangan individualisasi Untuk kasus tertentu (mis: karena materi harus dijalani satu per satu secara berurut) Keuntungan: mengurangi kompleksitas (bagi pembuat), cocok untuk para siswa dengan kemampuan pemahaman yang seragam Kekurangan: buruk untuk siswa dengan beragam kemampuan
Eksekusi Materi CAI (2) Desain bercabang Penekanan pada individualisasi Titik utama kekuatan CAI dibandingkan klasikal Efisiensi dalam penggunaan, juga dalam pengembangan (menggunakan subprogram) Desain yang lebih banyak dipilih dalam pengembangan CAI
Jenis Percabangan CAI Percabangan Maju berdasarkan urutan ke depan Percabangan Mundur berdasarkan urutan ke belakang Percabangan Acak tidak berdasarkan urutan
Putaran Dalam CAI Disengaja, pada suatu titik tertentu yang memang memerlukan perulangan berkali-kali Terkadang memunculkan infinite loop bila siswa tidak merespon dengan semestinya Tidak disengaja, error pemrograman Dapat dikurangi dengan error handler
Model & Desain CAI Didasarkan atas variasi materi dan cara penyampaian yang sesuai Adaptasi dari elemen penyampaian materi secara tradisional Jenis-jenis utama: Tutorial, Drill & Practice, Simulasi, dan Permainan Memungkinkan jenis baru yang berbeda, atau kombinasi/hybrid
Elemen CAI Modern Konsep Multimedia, menggunakan beragam media yang sesuai dan memungkinkan untuk penyampaian materi Teks Grafis 2D/3D Suara/audio Animasi Video interaktif
Bagian-bagian CAI Frame Transisi Frame Instruksional Frame Pertanyaan Mengikat berbagai aspek CAI Frame Instruksional Kerangka penyampaian/presentasi materi Frame Pertanyaan Meminta respon spesifik dari pengguna berdasarkan materi
Frame Transisi Mendukung aliran penyampaian materi Memudahkan pemahaman pada prosedur penggunaan aplikasi/materi Memuluskan perpindahan ke bagian lain Menyediakan dukungan kontekstual atau prosedural, bukan dukungan substantif
Jenis-jenis Frame Transisi (1) Orientasi Menyiapkan siswa sebelum menerima materi Jembatan Menyiapkan pengguna terhadap perubahan (materi, tampilan, metode interaktivitas, dll. Umpan Balik Memberikan reaksi atas respon yang diberikan siswa kepada program
Jenis-jenis Frame Transisi (2) Pengarahan Menjelaskan beberapa hal yang berhubungan dengan penggunaan atau penyampaian materi Laporan Kinerja Menyediakan informasi yang memperlihatkan evaluasi secara individual berdasarkan perkiraan/harapan pengembang program
Jenis-jenis Frame Instruksional Pre-requisite Menyampaikan informasi/keahlian yang diperlukan agar dapat memahami materi Definisi Menyeragamkan pemahaman terhadap suatu istilah tertentu Contoh Menyediakan cara untuk memperkuat konsep Aturan Materi yang telah distandarkan
Jenis-jenis Frame Pertanyaan Betul-Salah Ya-Tidak Pilihan Ganda Melengkapi/Jawaban Singkat Terbuka