ISNAINI, 11100222 Tugas MPSI
dengan Menggunakan Media Teknologi Informasi Komputer Berbasis Web “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bimbingan Belajar Smart and Fun dengan Menggunakan Media Teknologi Informasi Komputer Berbasis Web
BAB I Pendahuluan Latar Belakang Merupakan dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada Pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan. Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.
Permasalahan Penelitian Berdasarkan Latar Balakang Masalah diatas, penulis dapat menarik Identifikasi Masalah sebagai berikut : Bimbingan belajar Smart and Fun belum menggunakan teknologi Informasi Komputer dengan baik dan secara berkala.
Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan Penelitian Secara umum tujuan dari penelitian adalah untuk membangun sebuah sistem informasi Bimbingan belajar Smart and Fun berbasis web yang mampu melakukan pengolah data dan penyajian informasi tentang tatacara mengajar dengan menggunakan teknologi informasi komputer agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, yang dapat diakses melalui internet.
b. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah: Meningkatkan prestasi belajar siswa yang cenderung tidak mau belajar dirumah. Memberikan kemudahan kepada masyarakat luas untuk mengakses atau melihat informasi tentang cara pembelajaran pada Bimbingan Belajar Smart and Fun yang ada di desa Campang. Memberikan pelayanan terbaik bagi siswa yang ingin belajar.
BAB II Kerangka Teeoritis dan Perumusan Hipotesis Sebagai dasar dalam membangun kerangka teori yang mendukung dalam penelitian ini maka perlu kiranya mengetahui definisi teoritis dari setiap istilah yang digunakan dalam sebuah penelitian.
Sistem : Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yaitu: Komponen sistem Batasan Sistem Lingkungan luar sistem Sistem masukan Sistem keluaran Sasaran sistem
Definisi Informasi Menurut Wing Wahyu Winarno dalam bukunya “Sistem Informasi Manajemen” tahun 2004 mengemukakan bahwa “Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga berguna untuk pembuatan keputusan”. Menurut Tata Sutabri kualitas dari suatu informasi tergantung dari tiga (3) hal, yaitu : Informasi harus akurat (accurate) Tepat waktu (on time) Relevan (relevance)
Definisi computer Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Definisi Sistem Informasi Komputer Sistem Informasi Komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan omputer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer,pembaca sisidk jari dan bahkan CD room.
Definisi Bimbingan Belajar Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan yang ditujukan kepada individu atau kelompok siswa agar yang bersangkutan dapat mengenali dirinya sendiri, baik kemampuan yang dimilikinya maupun kelemahannya agar selanjutnya dapat mengambil keputusan dan dapat bertanggung jawab dalam menentukan jalan hidupnya atau memecahkan sendiri kesulitan yang dihadapi.
Definisi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bimbingan Belajar Smart and Fun dengan Menggunakan Media Teknologi Informasi Komputer Berbasis Web adalah suatu sistem yang digunakan untuk menginformasikan tentang sistem pembelajaran pada Bimbingan Smart and Fun yang diberikan oleh siswa-siswi khususnya Sekolah Dasar yang dihasilkan tersebut ditampilkan disebuah halaman website sehingga informasi tersebut dapat dengan mudah diakses dengan cepat dan tepat oleh masyarakat dan siswa-siswi didalam maupun diluar negeri, kapan dan dimana saja.
Macromedia Dreamweaver 8.0 Software-software Macromedia Dreamweaver 8.0 Adobe Photoshop CS3 Xampp-win32-1.7.0 Bahasa Pemrograman PHP (Personal Home Page)
Perumusan Hipotesis Hipotesa adalah dugaan atau kesimpulan sementara, maksudnya adalah dugaan yang mungkin benar dan mungkin salah. Jika mengacu pada latar belakang masalah dan permasalahan di atas, maka dalam hal ini penulis dapat memberikan hipotesa sebagai berikut prestasi siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Teknologi Informasi Komputer.
BAB III Metode Penelitian Rancangan Penelitian digunakan untuk merancang sistem informasi terkomputerisasi untuk menyelesaikan masalah. Rancangan ini menggunakan beberapa peralatan, yang terdiri dari perangkat keras ( Hardware ) yaitu sebuah komputer, perangkat lunak ( Software ) yang terdiri dari sistem operasi Windows 7, Macromedia Dreamweaver 8.0, Xampp-win32-1.7.0, dan Adobe Photoshop CS3, Bahasa Pemrograman PHP. Obyek Penelitian objek penelitian di Bimbingan Belajar Smart and Fun yang berada di desa Campang kecamatan gisting.
Definisi Operasional Variabel Display adalah usaha mendorong perhatian dan minat konsumen pada Bimbingan Belajar Smart and Fun melalui daya tarik penglihatan langsung. Demonstrasi merupakan percobaan yang ditunjukkan pada khalayak ramai tentang Bimbingan Belajar Smart and Fun Labeling adalah suatu keterangan / ciri dari suatu yayasan.
Teknik Pengumpulan Data Observasi Wawancara Metode Analisa Data metode deskriptif kualitatif (Sugiyono, 2005:24). Metode deskriptif tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesa atau membuat prediksi. Metode ini bertujuan untuk melukiskan secara sistematis karakteristik populasi atau bidang-bidang tertentu secara factual dan cermat tanpa mencari atau menjelaskan suatu hubungan( Rakhmat,2001:27)
Selesai ,,, TererengKyu,,,