Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Flowchart (Diagram Alur)
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
Algoritma dan Pemograman 1A
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
APSI.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
FLOW CHART.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
Alur Sistem Dan flowchart.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA Anifuddin Azis.
Algoritma.
Flowchart.
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
Pertemuan-II METODA ALGORITMA
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
FLOW CHART.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
FLOWCHART.
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Algoritma dan Flowchart
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
Dasar Konstruksi Pemrograman
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
Transcript presentasi:

Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar FLOW CHART

FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan-kegiatan secara keseluruhan suatu bagan yang menggambarkan/ mempresentasikan suatu algoritma/ prosedur untuk menyelesaikan masalah. bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.

KEGUNAAN FLOW CHART Kegunaan: Untuk mendesain program Untuk merepresentasikan program Flowchart harus dapat merepresentasikan komponen-komponen dalam bahasa pemrograman

FUNGSI FLOW CHART Sebelum pembuatan program Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program Sesudah pembuatan program Menjelaskan alur program kepada orang lain

JENIS FLOWCHART Flowchart ada dua macam : FLOWCHART SYSTEM FLOWCHART PROGRAM

FLOW CHART SYSTEM Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam sistem data. Yang dijelaskan adalah: File-file yang diproses oleh program Jenis piranti yang digunakan oleh file Operasi terhadap file (I/O)

SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Magnetic disk Proses/ Program Terminal (start dan end) Hubungan paralel Hubungan Punched card Looping Garis alir Keyboard Pusat data Prosedur/ Sub routin Fungsi Dokumen tape Tidak Ya Display Operasi Manual

SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Keyboard CPU Monitor

FLOWCHART PROGRAM Yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses (logika) dan hubungan antar proses secara detail di dalam suatu program dari suatu prosedur pemecahan masalah. Yang dijelaskan adalah: Pembacaan data Pemrosesan data Pengambilan keputusan terhadap data Penyajian hasil pemrosesan data

SIMBOL FLOWCHART PROGRAM Simbol yang digunakan : menunjukkan awal dan akhir dari program memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data menunjukkan proses input atau output untuk mewakili operasi perbandingan logika proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi penghubung pada halaman yang sama penghubung pada halaman yang berbeda

SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (1/3) Keterangan Simbol Mulai/selesai (terminator) Aliran data Input/Output Proses

SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (2/3) Keterangan Simbol Percabangan/keputusan Pemberian nilai awal suatu variabel (preparation) Memanggil prosedur/fungsi (call)

SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (3/3) Back Page 24 Keterangan Simbol Connector (di halaman yang sama) (di halaman lain)

KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari 3 unsur utama dalam pemrograman yaitu Input - Proses - Output. INPUT (bahan mentah) PROSES OUTPUT (bahan jadi)

KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah (Urutan Baku Flowchart Program ) : START, berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan. READ, berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input. PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca. WRITE, berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output. END, mengakhiri kegiatan pengolahan. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

CONTOH-1 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI LUAS PERSEGI PANJANG ... !?

Solusi : Perumusan untuk mencari luas persegi panjang adalah: L = p * l di mana, L adalah Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l adalah lebar persegi.

Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program Keterangan : Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari p Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari l Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga dengan menggunakan perumusan L=p*l Simbol kellima menunjukkan hasil output dari proses dari simbol ketiga Simbol keenam atau terakhir menunjukkan berakhirnya program Start End p l L L = p*l 1 2 3 4 5 6

CONTOH-2 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENGHITUNG LUAS LINGKARAN ... !?

PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari luas lingkaran a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia Beri nilai phi dengan 3.14 Masukkan jari-jari lingkaran Kalikan phi dengan kuadrat dari jari-jarinya Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode 1) phi  3.14 2) input  (R) 3) L  phi *R*R 4) Output  (L) c. Algoritma dengan flowchart

CONTOH-3 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI RATA-RATA DARI 3 BILANGAN YG DIINPUTKAN ... !?

PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia Baca bilangan a, b, dan c Jumlahkan ketiga bilangan tersebut Bagi jumlahnya dengan 3 Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode 1) Input  (a,b,c) 2) Jml  (a+b+c) 3) Rerata  Jml/3 4) Output  (Rerata) c. Algoritma dengan flowchart

CONTOH-4 : FLOW-CHART kasus : PR Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENENTUKAN BILANGAN GENAP / GANJIL... ?!

HOMEWORK : Buat dalam 3 format algoritma : kalimat deskriptif, pseudo-code dan flowchart ?! 1. Mencari Bilangan Terbesar dari 2 buah bilangan yang diinputkan ... ?! . 2. Mencari Bilangan Terkecil dari 3 buah bilangan yang diinputkan .. ?!

Sampai ketemu minggu depan  S e l e s a i Sampai ketemu minggu depan 