KONSEP KECERDASAN BUATAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Kecerdasan Buatan Oleh : Saatul Ihsan.
Advertisements

AI CONCEPTS PRESENTASI PART ONE.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Topik Khusus 1 Pertemuan I Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom, M.Kom.
ARTIFICIAL INTELLEGENT
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan I “Inteligensia Semu” (IS)
Artificial Intelligence
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
PENDAHULUAN.
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Artificial Intelligence
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Sistem Pakar
Qomariyah.  Artificial intelligence  Dari beberapa perspektif, AI dapat di pandang sebagai : 1. Perspektif kecerdasan : bagaimana membuat mesin yang.
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom Chapter 2 1.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Sistem Informasi Manajemen
Satuan Acara Perkuliahan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 1.
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Artificial Intelligence
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE Chapter 1
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kecerdasan buatan.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
Sejarah Kecerdasan buatan atau Artificial Intellegent (AI) ditemukan di awal abad 20, seorang penemu spanyol, Torres y Quevedo, membuat sebuah mesin.
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Fakultas Ilmu Komputer
Artificial Intelegence
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
Pengantar Kecerdasan Buatan
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

KONSEP KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 1 KONSEP KECERDASAN BUATAN

Pengertian Kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H. A. Simon [1987])

Pengertian Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight [1991])

Fondasi AI (1 of 2 ) Manusia dibekali kecerdasan yang luar biasa. Pada usia 3 tahun, dia sudah mampu mengenali berbagai macam benda walaupun hanya terlihat sebagian. Ketika melihat sebagian ekor cicak, maka dia akan dengan mudah mengenali bahwa hewan tersebut adalah cicak yang sedang bersembunyi dibalik bingkai lukisan. Pada usia dewasa, kecerdasannya terus berkembang dengan pesat, mulai dari kecerdasan kognitif, emosional dan spiritual. Sampai saat ini belum ada satu mesinpun yang mampu menyamai kecerdasan manusia secara keseluruhan. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan berusaha mempelajari kecerdasan manusia. Dari pemikiran para ilmuwan tersebut, maka lahirlah AI sebagai cabang ilmu yang berusaha memahami kecerdasan manusia.

Fondasi AI (2 of 2) Dukungan perkembangan teknologi, baik hardware maupun software yang sangat beragam. Hingga saat ini AI telah menghasilkan banyak piranti cerdas yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Hingga saat ini pula AI terus dipelajari dan dikembangkan secara meluas maupun mendalam.

Dua Ide Dasar yang berkaitan dengan AI Pertama, ide yang melibatkan pembelajaran proses pemikiran manusia (untuk memahami apa yang dimaksud dengan kecerdasan)

Artinya… belajar atau mengerti dari pengalaman,  Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman, memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Pendergast, 1994)

Ide ke dua… Kedua, berkaitan dengan representasi dan duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya, komputer dan robot).

Kecerdasan buatan dapat dipandang dalam berbagai perpektif Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia

Kecerdasan buatan dapat dipandang dalam berbagai perpektif Dari perspektif bisnis, AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.

Kecerdasan buatan dapat dipandang dalam berbagai perpektif Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search)

Domain penelitian dlm AI Formal tasks (matematika, games) Mundane task (robotics, natural language, reasoning /penalaran) Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering,scientific analysis, dll)

Domain penelitian (cont..) PERMAINAN (Game) Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan. Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang. Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit. Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC. Heuristic – Menemukan (Yunani)  Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar. Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic

Domain penelitian (cont..) NATURAL LANGUAGE Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari -hari.

Domain penelitian (cont..) ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan dlm suatu sistem yang luas disebut sistem robotik. EXPERT SYSTEM Sistem pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.

Perbedaan Kecerdasan Buatan dgn Kecerdasan Alami Lebih permanen Menawarkan kemudahan duplikasi dan penyebaran Lebih murah daripada kecerdasan alami Konsisten dan menyeluruh Dapat didokumentasikan Dapat mengeksekusi tugas tertentu lebih cepat daripada manusia Dapat menjalankan tugas tertentu lebih baik dari banyak atau kebanyakan orang.

Kelebihan Kecerdasan Alami dibanding AI Bersifat lebih kreatif Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi-representasi Menggunakan fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan fokus yang sempit

AI Saat Ini Berbagai produk AI berhasil dibangun dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Produk-produk tersebut dikelompokkan ke dalam empat teknik yang ada di AI, yaitu : searching, reasoning, planning dan learning. Contoh-contohnya : GPS (Rute Optimal) Catur MedicWare (Rekam medis Pasien) Speech Processing (Pengenalan suara, Pengenalan Pembicara) Computer Vision Robotic

AI Masa Depan (1 of 2) Tahun 2009, sebuah PC seharga $1000 akan dapat melakukan sekitar satu triliun kalkulasi per detik. Tahun 2019, sebuah Pc seharga $1000 akan setara dengan kemampuan komputasional otak manusia. Virtual Reality Interaksi komputer dengan isyarat tubuh Tahun 2029, sebuah PC $1000 akan setara dengan kemampuan komputasional seribu otak manusia. Komputer dapat terhubung dengan otak manusia Komputer mampu membaca semua literatur dan material multimedia.

AI Masa Depan (2 of 2) Tahun 2049, makanan diproduksi menggunakan nano technology. Tahun 2072, picoengineering atau tenologi pada skala picometer atau 10-12 meter berhasil diaplikasikan. Tahun 2099, ada kecenderungan untuk membuat gabungan antara pemikiran manusia dan kecerdasan mesin. Sehingga kita tidak dapat membedakan lagi apakah agent tersebut adalah mesin atau manusia.

Tugas Carilah contoh aplikasi/sistem penggunaan kecerdasan buatan dan beri penjelasan terhadap aplikasi tersebut! Melihat perkembangan AI saat ini, mungkinkah tahapan prediksi yg dibuat Ray Kurzweil akan terwujud? Berikan alasan Anda!