Pengenalan AI (Artificial Intelligent) Desita Ria Yusian TB Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) desita@uui.ac.id
Definisi AI Salah satu ilmu pada Computer Science yang membahas bagaimana komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik manusia
Penjelasan Pada awal di ciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer sekarang dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan manusia dan dapat menyelesaikan permasalahan manusia. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.
Definisi Kecerdasan Buatan Rich and Knight [1991]: Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal‐hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Encyclopedia Britannica: Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol‐simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
Definisi Kecerdasan Buatan Alan Turing [1956]: AI adalah bidang yang memodelkan proses‐proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia.
Sejarah Kecerdasan Buatan Pada tahun 1950‐an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing, seorang matematikawan Inggris pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian dikenal dengan Turing Test, dimana si mesin tersebut menyamar seolah‐olah sebagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).
Sejarah Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan sendiri dimunculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Dartmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga di definisikan tujuan utama dari kecerdasan buatan, yaitu mengetahui dan memodelkan proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.
Sejarah
Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]: Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama) Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
AI dipandang dalam berbagai perspektif Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal‐hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia Dari perspektif bisnis AI adalah sekelompok alat bantu ( ) tools) y g ang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool‐tool tersebut guna menyelesaikan masalah‐masalah bisnis.
AI dipandang dalam berbagai perspektif Dari perspektif pemrograman (Programming) AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search) Dari perspektif penelitian (research) Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960‐an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sederhana).
Studi Area Artificial Intellegent
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN Persepsi (Vision & Percakapan) Bahasa Alamiah (Pemahaman, Penurunan, Translasi) Kontrol Robot Permainan (Game) Persoalan Matematis (Geometri, Logic, Kalkulus Integral) Egineering (Desain, Penemuan Kesalahan, Perencanaan Pabrik) Analisa ilmiah Diagnosa bidang Kedokteran Analisa Financial
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN PERMAINAN (Game) Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan. Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang. Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu y g ang rumit. Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC. Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN NATURAL LANGUAGE Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari‐hari.
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN EXPERT SYSTEM Sistem pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah‐masalah spesifik.
Perbedaan Artificial Intelligence dan Human Brain Permanen Y N Transferable Cost cheap Expensive Consistent Bisa Berubah Documentable Time-consuming Fast Not fast Creativity Experience Case-dependent
Kelebihan Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami ( manusia ) akan cepat mengalami perubahan. Kecerdasan buatan lebih mudah di duplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama dan juga keahlian dan tidak pernah di duplikasi dengan lengkap. Jika pengetahuan terletak di komputer, pengetahuan dapat disalin dan dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami akan senantiasa berubah-ubah. Kecerdasan buatan dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk di reproduksi. • Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami.
APLIKASI AI
HUMANOID ROBOT
GAME PLAYING
LINGKUP KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL Dalam kehidupan manusia, komputer dapat membantu dalam bidang: 1. Pertanian 2. Pabrik 3. Kesehatan 4. Pekerjaan Rumah tangga any else ?