MEDIA PERMAINAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUD
Advertisements

Assalamu'alaikum....
Kualifikasi Profesi Public Relations
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KIP / K
KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM KONSELING
Pendidikan Anak Usia PRA SEKOLAH
Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS ASAS PEMBELAJARAN
TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY Bentuk paling sederhana
Pada Masa ini anak sangat aktif
Keterampilan Dasar Mengajar
1. Bondan Gayuh Almuazzam 2. Luluk Inayatul A 3. Dyah Novi K 4. Mahdum 5. Ryan Pangeran N 6. Alvian Vilen Pandhega 7. Utia Fauziah Yahya 8. Yuli Riyani.
THE POWER OF PLAY OLEH FRANCISCA, M. PSI. 10 MEI 2014.
PENJAS ADAPTED BAGI TUNAGRAHITA
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
MAHASISWA PGSD SEMESTER 1 FIK UNY
MEDIA bk WELCOME WELCOME OLEH: Lely Lutfiyah ( )
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
MASA ANAK SEKOLAH Materi Pertemuan 2. Masa anak sekolah (6 – 12 tahun) Keterampilan yang diperlukan pada masa anak sekolah (Hurlock dalam Munandar, 1999):
THE CHILD WITH SPECIAL NEEDS Nama : sigit wisnu tamtomo nim :
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Masa Kanak-Kanak Akhir/ Masa Sekolah
Pertemuan 13 Team dan group.
Indra | Sulastri.  Teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif kita melalui tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
KIP/K (Komunikasi Interpersonal atau Konseling)
PERBEDAAN INDIVIDU DAN PERILAKU KERJA
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK
Keberhasilan belajar dan mengajar
ESTY ARYANI SAFITHRY, M.PSI, PSI
Ditinjau dari jumlah klien yang dibantu
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK
Model problem based learning
TEORI BELAJAR KONSTRUTIVISTIK
Dasar-Dasar Dukungan Psikososial
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
MASA ANAK SEKOLAH Materi Pertemuan 2.
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Psikologi Perkembangan 1 Unita Werdi Rahajeng
Penerapan model pembelajaran
PERTEMUAN 2 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PERMAINAN BOLA BASKET OLEH : IDA NILA, S.Pd SMA NEGERI 1 PEKANBARU
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BENDA KONKRET SISWAKELAS 5 SDNEGERI01.
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
MODEL-MODEL TUTORIAL/PEMBELAJARAN
Keterampilan Dasar Mengajar
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
3 Keterampilan Dasar Bertanya
Bermain dan perkembangannya
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Keterampilan Dasar Mengajar
Model problem based learning
Pengasuhan Anak Usia Sekolah Dasar PERTEMUAN 8
PENGEMBANGAN 6 ASPEK KEMAMPUAN ANAK USIA DINI
“K O N F L I K“ DEFINISI : Suatu proses yang mulai bila satu fihak merasakan bahwa suatu pihak lain telah mempengaruhi secara negatif atau akan segera.
TIM DOSEN BIOEDUTAINMENT JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES DASAR-DASAR BIOEDUTAINMENT.
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pelatihan Dasar Konsultan
KOMUNIKASI INTERPERSONAL / KONSELING (KIP/K) Tri Yunita FD STr. Keb.
PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA. CATATAN: Pembelajaran orang dewasa (POD) melibatkan 8 prinsip dasar yang disusun berdasarkan lingkungan belajar orang.
Transcript presentasi:

MEDIA PERMAINAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING EKA YUDHA SAKTI, S.Pd EVA IMANIA ELIASA, S.Pd IIS SHOLIHAT, S.Pd NANI CHAERANI, S.Pd RINA MARLINA, S.Psi

KONSELOR MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MEMFASILITASI HUBUNGAN KO-KI, MEMBANGUN INFORMASI, PENILAIAN DAN SEGALA KEGIATAN UNTUK PERUBAHAN TINGKAH LAKU DIANTARA MEDIA YANG DIPAKAI ADALAH PLAY AND EXSPRESSIVE ARTS

PENTINGNYA PERMAINAN Permainan (play) adalah suatu kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri ( Santrock, 2002) Erikson dan Freud : Permainan adalah suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna menolong anak menguasai kecemasan dan konflik Piaget melihat permainan sebagai suatu metode yang meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak

JENIS-JENIS PERMAINAN Permainan Sensorimotor ( Praktis ) Menggunakan semua indera dengan menyentuh, mengeksplorasi benda, berlari, melompat, meluncur, berputar,melempar bola

Permainan Simbolis ( Pura-pura/bermain peran ) Lanjutan… Permainan Simbolis ( Pura-pura/bermain peran ) Terjadi ketika anak mentransformasikan lingkungan fisik ke suatu simbol, sehingga bersifat dramatis dan sosiodramatis Dalam permainan pretend, ada 3 hal yang biasa terjadi : alat-alat, alur cerita dan peran 3. Permainan Sosial Adalah permainan yang melibatkan interaksi sosial dengan teman sebaya

4. Permainan Konstruktif …………lanjutan 4. Permainan Konstruktif Mengombinasikan kegiatan sensorimotor yang berulang dengan representasi gagasan simbolis. Permainan Konstrukstif terjadi ketika anak-anak melibatkan diri dalam suatu kreasi atau konstruksi suatu produk atau suatu pemecahan masalah ciptaan sendiri

5. Games Adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kenikmatan dan menyenangkan yang melibatkan aturan dan seringkali kompetisi dengan satu anak atau lebih

FUNGSI BERMAIN 1. BERMAIN DAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL Merangsang perkembangan kognitif Membangun struktur kognitif Permainan akan mengasah kepekaan anak akan keteraturan, urutan dan waktu juga meningkatkan kemampuan logika Belajar Memecahkan Masalah Mengembangkan rentang konsentrasi

2. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN BAHASA 3. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN SOSIAL Meningkatkan sikap sosial Anak juga dapat belajar bagaimana sebuah tim dan semangat tim Belajar berkomunikasi Belajar berorganisasi Belajar empati 4. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN EMOSI Kestabilan emosi Rasa kompetensi dan percaya diri

c. Menyalurkan keinginan d. Menetralisir emosi negatif e. Mengatasi konflik f. Menyalurkan agresivitas secara aman 5. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN FISIK Mengembangkan kepekaan penginderaan Mengembangkan ketrampilan motorik Menyalurkan energi fisik yang terpendam 6. BERMAIN DAN KREATIVITAS

MEDIA PERMAINAN DALAM BK IN DOOR : media sederhana dengan memanfaatkan fasilitas di ruangan kelas dan dipersiapkan untuk di dalam kelas, ex: dinamika kelompok

B. OUT DOOR : media yang direncanakan dengan menggunakan fasilitas di luar kelas, seperti out bond BAIK IN DOOR MAUPUN OUT DOOR, DIPERLUKAN KETERAMPILAN, PENGETAHUAN, KERJASAMA, KERJA KERAS DAN KOMPETENSI KONSELOR AGAR TUJUAN DARI BIMBINGAN DAN KONSELING TERCAPAI

PERMAINAN MERUPAKAN SALAH SATU MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGHADAPI KONSELI, KHUSUSNYA TERHADAP ANAK KARENA TERKADANG ANAK TIDAK MAMPU MENGATAKAN TETAPI DAPAT MENUNJUKKAN DALAM PERILAKUNYA ( WITH PLAY PROVIDES ONE OF THE BEST WAYS TO COMMUNICATE WITH CHILDREN AND “SEE THEIR WORLD” OR “A WINDOW INTO THE CHILD`S WORLD”)

PLAY THERAPY , SUATU TEKNIK TERAPI YANG DILAKUKAN UNTUK MENGHADAPI KONSELI, UTAMANYA YANG MENGALAMI GANGGUAN MENTAL SEPERTI PHOBIA, ANXIETY, TRAUMA, UNDERCONVIDENCE, CHILD ABUSE, ALCOHOLICS & ADDICTS, CHILD VICTIMS OF INCEST, ALLERGIES,STUTERING DENGAN TEKNIK TERTENTU DAN TUJUAN TERTENTU MEMBANTU KONSELI MENUJU KE ARAH KEBAHAGIAAN

PERMAINAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING SANGAT DIPAKAI DALAM : SITUASI KRISIS ( KORBAN GEMPA BUMI, TSUNAMI, ANGIN ) PANTI SOSIAL REHABILITASI

DENGAN BERMAIN, ANAK BELAJAR BERMAKNA (Iirdekamp & Rosegrant,1992) bahwa belajar secara bermakna, bila : 1.Merasa permainan secara psikologis serta kebutuhan fisik terpenuhi 2. Dapat mengkonstruksi pengetahuan 3. Belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa serta anak lain 4. Belajar melalui bermain 5.Minat serta kebutuhan anak untuk mengetahui terpenuhi 6.Unsur variasi individual anak diperhatikan

MEDIA SENI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING THE ARTS PROVIDE AN EXPERIENCE THAT IS “PROCESS-ORIENTED, EMOTIONALLY-SENSITIVE, SOCIALLY DIRECTED AND AWARENESS-FOCUSED” THAT ENABLE “PEOPLE FROM DIVERSE BACKGROUND TO DEVELOP IN WAYS THAT ARE PERSONALY ENHANCING AND ENJOYABLE”

KESIMPULAN MEDIA PERMAINAN MERUPAKAN ALAT YANG PENTING BAGI KONSELOR DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BAGI KONSELI PENDEKATAN INI MERUPAKAN SEBUAH METODA ALTERNATIF DALAM BERKOMUNIKASI (VIOLET, 1988) MENYEBUTNYA DENGAN “A WINDOWS TO OUR CHILDREN” TEKNIK YANG KREATIF AKAN MENGURANGI MASALAH TINGKAH LAKU, MEMBENTUK POLA PIKIR YANG SEHAT, SIFAT AFEKSI DAN MENGEMBANGKAN INTERPERSONAL DENGAN BERMAIN ANAK BELAJAR SECARA BERMAKNA

REFERENSI : Kevin J.O`Connor.1994.Hand Book of Play Therapy.Canada:A.Wiley Interscience Publication John Santrock.2006.Life Span Development.Jakarta:Penerbit Erlangga Yusi Riksa.2008.Konsep dan Aplikasi BK : Aktivitas Bermain Sebagai Strategi Pengembangan Belajar Bermakna.PPB UPI Pamela O.Parsley.What A School Administrasion Need To Know: About Expressive Art And Play Media In School Counseling Journal Proquest Dokumentasi Kelompok

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT