Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Advertisements

PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan I “Inteligensia Semu” (IS)
Pertemuan 4.
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
1 Pertemuan 18 Matriks Matakuliah: T0016/Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2005 Versi: versi 2.
1 Pertemuan #2 Clocks Matakuliah: H0232/Sistem Waktu Nyata Tahun: 2005 Versi: 1/5.
Pertemuan 11 Akuisisi Pengetahuan
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
Pengenalan Sistem Pakar
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
1 Pertemuan 26 Penyederhanaan dan Transformasi Aljabar Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pemrograman Komputer dalam analisa Struktur Baja
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
1 Pertemuan 21 Latihan Soal Matakuliah: J0274/Akuntansi Manajemen Tahun: 2005 Versi: 01/00.
Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 1 “ Inteligensia Semu ” (IS)
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
1 Pertemuan 8 Konsep Penelusuran (Searching) Matakuliah: H0383/Sistem Berbasis Pengetahuan Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 7 Ketidakpastian dalam Rules Matakuliah: H0383/Sistem Berbasis Pengetahuan Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Visual Basic Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
1 Pertemuan 6 Hubungan WCA dan Sistem Informasi Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
1 Pertemuan 9 Integral Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
PENGENALAN SISTEM PAKAR
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Artificial Intelligence
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
Pertemuan 4 ALGORITMA lanjutan….
Pertemuan 6 KONVERSI NFA MENJADI DFA Lanjutan..
Pertemuan 17 Aplication Domain
Fakultas Ilmu Komputer
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA I Kadek Ruwa Suarnegara ( ) for further detail, please visit
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
Pertemuan 10 Analisis State Space untuk sistem diskret
Rekayasa Pengetahuan (Knowledge Engineering)
Pengembangan Sistem Pakar
PERBANDINGAN SISTEM KONVENSIONAL
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Sistem Pakar.
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Introduction to Soft computing
Fungsi Kepekatan Peluang Khusus Pertemuan 10
Akuisisi dan Rekayasa Pengetahuan
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Pengenalan Sistem Pakar
Rekayasa Pengetahuan (Knowledge Engineering)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
Transcript presentasi:

Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan Matakuliah : H0383/Sistem Berbasis Pengetahuan Tahun : 2005 Versi : 1/0 Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan

Menjelaskan Konsep Umum Pengetahuan Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menjelaskan Konsep Umum Pengetahuan

SBP: Definisi, latar belakang Representasi Pengetahuan Outline Materi SBP: Definisi, latar belakang Representasi Pengetahuan Organisasi Pengetahuan Manipulasi Pengetahuan Akuisisi Pengetahuan Contoh-contoh SBP

SBP: Definisi Knowledge Based System: A system that uses specialized sets of coded knowledge to reason and perform specified intelligent tasks (Dan W. Patterson) Reasoning: process of reaching conclusions by using reasons

SBP: Latar belakang Problem-problem pada bidang artificial inteligence sulit dipecahkan hanya dengan menggunakan sistem konvensional yang menggunakan konsep pemrograman yang bertumpu pada data. Contoh problem artificial inteligence: natural languages-, visual image understanding, expert systems.

Knowledge vs Data Data: patient’s record Knowledge: What doctors have learned and gained at a university and from other sources

Representasi Pengetahuan Komputer hanya mengenal kode biner. Bagaimana komputer mengenali dan memroses Pengetahuan? Pengetahuan harus dikodekan atau direpresentasikan

Representasi Pengetahuan Contoh Pengetahuan: Joe is tall Bill loves Sue Sam has learned to use recursion to manipulate linked lists in several programming languages

Representasi Pengetahuan Contoh representasi pengetahuan: TALL(Joe) LOVES(Bill,Sue)MARRIED(Bill,Sue) IF error<0.02 THEN is_value=ref_value Bird Tweety Is

Organisasi Pengetahuan Sebuah SBP dapat memiliki ratusan hingga puluhanribu Pengetahuan. Agar pemrosesan Pengetahuan berlangsung efisien, maka Pengetahuan perlu diorganisasikan dalam memori. Salah satu bentuk organisasi pengetahuan adalah struktur graph/tree

Manipulasi Pengetahuan Sistem Berbasis Pengetahuan melakukan sebuah keputusan atau aksi setelah melakukan manipulasi terhadap Pengetahuan berdasarkan input yang diterima (REASONING) Manipulasi Pengetahuan ini banyak menggunakan konsep searching dan matching. Diperlukan algoritma spesifik untuk menyelesaikannya.

Akuisisi Pengetahuan Darimanakah komputer mendapat Pengetahuan? Pengetahuan diperoleh dari Knowledge Engineer Seorang Knowledge Engineer harus mendapatkan pengetahuan dari seorang Domain Expert dan/atau dari sumber-sumber tertulis.

Penutup SBP diperlukan untuk menyelesaikan masalah pada bidang AI. Pengetahuan diekstraksi oleh Knowledge Engineer dari pakar maupun sumber tertulis. Pengetahuan direpresentasikan kedalam bahasa yang dimengerti komputer. Pengetahuan diorganisasi dalam memori. Aksi dan Keputusan SBP dilakukan dengan melakukan REASONING dari Pengetahuan dengan memperhatikan input yg diperoleh.