KOMPUTER/MEDIA GRAFIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP DESIGN IMK.
Advertisements

MERANCANG DAN MEMBANGUN WEBSITE
PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI DENGAN POWER POINT
Drs. Iwan Wijaya PELATIHAN MEDIA PRESENTASI DENGAN Ms. POWER POINT 2007 SELAMAT DATANG di.
Desain Kartu Nama.
Unsur / Komponen Desain Grafis
TIPS Presentasi dengan Power Point
Perancangan Grafis dan Tipografi
PRINSIP DASAR TIPOGRAFI
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS PowerPoint
Desain permodelan grafis
PEMBELAJARAN berbasis ICT
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
MK. Grafis Industri.
PENDAHULUAN TIPOGRAFI adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata HURUF dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan.
Oleh : Fajar Y. Zebua ◊ ◊ Id YM : fajarzebua ◊ Mobile Phone :
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Teknik Pembuatan Powerpoint
DASAR DESAIN GRAFIK Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang.
Semua isi di dalam PPT ini bersumberkan:
Basic Design Principles
Lutfi Budi Ilmawan Univ. Muslim Indonesia
DESAIN IMK/HCL PERTEMUAN KE-7.
Dasar Design Diyah Ayu Amalia Avina Jurusan Ilmu Komunikasi
Teknologi Dan Rekayasa
Prinsip Dasar Desain Web
Kelompok “Powerpoint ??”
ELEMEN SENI RUPA Sanuka T. D KKN-PPL UNY 2013.
Media Presentasi Menggunakan Microsoft Power Point 2007
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
DESAIN.
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Definisi Desain Grafis
STRATEGI KREATIF.
PENGERTIAN FONT SERIF DAN SANS SERIF
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS Power Point
Bahasa visual Untuk Media internal.
Tips Membuat Desain & Layout Surat Kabar
SERIF Jenis huruf Serif adalah huruf yang memiliki garis-garis kecil yang berdiri horizontal pada badan huruf. Garis-garis kecil ini biasa disebut juga.
PANDUAN PEMBUATAN PRESENTASI
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-3
Perancangan Grafis dan Tipografi
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Desain MULTIMEDIA dalam.
Tipografi.
Komponen Desain Grafis
STRATEGI KREATIF.
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
MK. Grafis Industri.
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Pemanfaatan Prangkat lunak Presentasi
Pengantar DKV Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 9
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Bahasa visual Untuk Media internal.
CIRI POSTER YANG BAIK Dipasang di tempat-tempat umum.
Pertemuan 3 INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM KOMUNIKASI bisnis Internasional Disarikan Dari : Budi Raharjo, Yudi Adha, Indah Pritikasayu, Sumber.
ASAS GRAFIK.
Media Presentasi Menggunakan Microsoft Power Point 2007.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS PowerPoint
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
Transcript presentasi:

KOMPUTER/MEDIA GRAFIS Bayu Pratama Nugroho, S.Kom, M.T

Elemen Desain ILUSTRASI TIPOGRAFI/ HURUF WARNA LAYOUT

Elemen desain ILUSTRASI Ilustrasi adalah bentuk atau rupa visual yang dimaksudkan untuk lebih menjelaskan maksud naskah, membantu melengkapi informasi yang diinginkan. Secara umum ilustrasi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu fotografi, gambar dan diagram.

TIPOGRAFI Tipografi (typo = huruf, grafos = gambar) adalah susunan penataan huruf-huruf sehingga membuat komunikasi tercetak menjadi efektif, lancar dan mudah dibaca. Dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tipografi diantaranya adalah bentuk huruf, karakter/ sifat huruf, jarak, bentuk susunan teks, dan variasi huruf.

TIPOGRAFI (BENTUK/JENIS HURUF) Secara umum huruf modern terbagi dalam empat kelompok besar, yaitu: Roman, San Serif, Slab Serif dan Dekoratif. Roman/ Serif Roman ditandai dengan garis tebal tipis dengan kait/ kaki lancip. Bentuk hurufnya yang formal mengekspresikan organisasi dan intelektualitas. Roman bersifat anggun dan konservatif. Contoh: Times, Bookman, Garamond.

Sans-serif Sans-serif (no serif) ditandai dengan garis yang relatif sama tebal dan tanpa kait/kaki. Ujungnya bisa berbentuk tumpul (rounded corner) atau tajam. Sans-serif bersifat kurang formal. San-Serif biasanya sangat cocok sebagai screen- font (untuk tampilan di layar monitor) karena tajam dan gampang untuk dibaca. Contoh: Arial, Euro, Futura.

Slab serif Slan serif/egyptian ditandai dengan kait yang lurus dan kaku. Jenis ini banyak digunakan oleh programmer untuk coding, dan juga untuk preformatted text. Contoh: Glizerin, Courier.

Dekoratif Dekoratif/ornamen ditandai dengan bentuk yang bebas dan terkadang terlalu rumit sehingga susah terbaca. Cocok untuk dipakai secara terbatas misalnya untuk Headline. Jenis ini memberikan kesan keanggunan, sophistication (kecanggihan), dan sentuhan pribadi. Pemakaiannya jangan sampai terlalu banyak. Contoh: Braggadocio, Campaign.

Tipografi (Karakter/ sifat huruf)

Tipografi (jarak) Jarak antar huruf Jarak antar kata

Tipografi (Bentuk Susunan teks )

Tipografi (variasi huruf )

WARNA Pemilihan warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pembaca. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pembaca (terutama warna background). Untuk mencapai design warna yang efektif, dapat dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan sebuah publikasi. Palet warna yang dibuat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan publikasi. Menurut Idarmadi (1999) terdapat korelasi secara umum secara psikologis antara warna dan orang, seperti pada tabel berikut:

Tidak hanya palet warna harus sesuai dengan isi publikasi, tetapi juga harus sesuai dengan budaya pembacanya. Beberapa penelitian menujukkan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda akan berbeda. Misalnya warna oranye, secara universal, akan merepresentasikan produk yang tidak mahal, dan perayaan Halloween. Di Amerika, warna biru tua merepresentasikan kepercayaan (trust), tapi di Korea, kepercayaan lebih direpresentasikan oleh warna warna pastel, terutama pink.

Layout Layout atau tata letak berarti pengaturan atau perletakan dari elemen-elemen desain ke dalam suatu media. Layout yang baik harus memperhatikan lima prinsip dasar desain, yaitu keseimbangan (balance), proporsi (proportion), irama/ urutan (sequence), kesatuan (unity), kontras (contrast).

LAYOUT balance (KESEIMBANGAN) Menurut Amir fatah Sofian (2004), Keseimbangan dapat diibaratkan dengan sebuah timbangan dengan beban di satu sisi dan barang di sisi lainnya. Keseimbangan tipografi dan ilustrasi dapat dicapai dengan bentuk simetris dan bentuk asimetris.

Layout proportion (proporsi) Proporsi dapat diartikan sebagai perbandingan atau keselarasan. Proporsi dalam hal ini menyangkut perbandingan ukuran media, unsur-unsur pengisi media, dan perbandingan antara keduanya

Layout sequence (urutan) Urutan berarti kecenderungan pengamat dalam menikmati sebuah komposisi. Urutan dapat dicapai antara lain dengan membuat sesuatu dari yang besar ke yang kecil, dari kiri ke kanan, atau dari terang ke gelap.

Layout unity (kesatuan) Kesatuan tidak berarti seragam dalam segala hal, namun memang akan lebih mudah membuat kesatuan dengan keseragaman. Kesatuan dapat dicapai dengan mengatur pemakain huruf, corak/gaya, warna, bentuk, pola/grid, atau dengan elemen pengikat lainnya.

Layout contrast (kontras) Kontras dapat dicapai dengan membuat kebalikannya. Fungsi kontras adalah untuk menonjolkan sesuatu (point of interest), sehingga cukup satu saja yang dominan.