Ilustrasi dan komik (basic)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan “gambar wajah” Anda berdasarkan informasi yang anda berikan dengan jujur, apa adanya. Anda.
Advertisements

Biometrics Teknologi biometrics adalah teknologi kemanan yang menggunakan bagian tubuh sebagai identitas. Dapat berupa: sidik jari, telapak tangan, pola.
Tablet Grafis XI MM.
Sketsa Muchlis arif, S.Sn,. M,S.n.
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MEMAHAMI KOMIK Fitriana Puspita D.
Gambar Ilustrasi.
Desain Karakter Game Agung Toto Wibowo
TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
Model Sheet Gaya gambar,Konsep verbal & Visual tokoh komik beserta atribut pendukung Minggu 2 Godham eko saputro, S.Sn, M.Ds.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PERTUMBUHAN FISIK REMAJA
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Gambar Ilustrasi Dea rizky fauziah (04) Dewi anggraeni (05)
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan “gambar wajah” Anda berdasarkan informasi yang anda berikan dengan jujur, apa adanya. Anda.
Lecture 5 – part 1 Gradasi bahan referensi: Principles of Two-Dimensional Design, Wucius Wong, 1972, John Wiley & Sons, Inc.
Perancangan Grafis dan Tipografi
Principles of Two-dimensional Design, Wucius Wong,
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan wajah anda berdasarkan informasi yang anda sajikan.
BAB II BERKARYA SENI RUPA
SHAPE AND FORM.
TONE/VALUE/TERANG-GELAP DAN TEKSTUR
In-studio assignments
GROOMING PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Pasundan Crew Sketsa Wajah Anda
Elemen-Elemen Desain.
P E N S I L  Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut.
01 Deskripsi Animasi dan Materialnya Matakuliah: U0623/Desain Karakter Tahun: 2007.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PERTEMUAN VIII : ASPEK DARI GAMBAR ORANG
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
B. BAHASA TUBUH.
Jawab di kertas bergaris (30 Menit)
PENATAAN RAMBUT (STYLING)
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Kebudayaan Bali Baru (Seniman Pendatang) Pertemuan 4
DASAR GAMBAR TEKNIK ASWAN TAJUDDIN.
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Menggambar Teknik.
Dosen : Ratih Setyaningrum,MT
Komik Minggu 1.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Tegangan, Arus, dan Resistansi Pertemuan 1
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PERTEMUAN VIII : ASPEK DARI GAMBAR ORANG
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
PENGANTAR GAMBAR TEKNIK
KELOMPOK 3 “JUDGING” Yosia Dwi Atmo
10 CARA MEMBACA PIKIRAN ORANG LAIN By FEBRIANA SYAFITRI
Bahasa dan Sastra Indonesia
NIHONJIJOU “MANGA” Ega Puspitriani M.Nurul Ikhsan Rahmah Tunisa
JENDER DAN KESEHATAN REPRODUKSI
Teknik Mimik/Ekspresi Wajah
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Pengenalan dan Penggunaan Peralatan serta Kelengkapan Gambar Teknik
GAMBAR TEKNIK PENGENALAN ALAT DAN BAHAN
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan “gambar wajah” Anda berdasarkan informasi yang anda berikan dengan jujur, apa adanya. Anda.
Standar proporsi yang dianggap ideal secara sistematis yaitu :
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan “gambar wajah” Anda berdasarkan informasi yang anda berikan dengan jujur, apa adanya. Anda.
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan wajah anda berdasarkan informasi yang anda sajikan.
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan wajah anda berdasarkan informasi yang anda sajikan.
TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOSPASIAL
Sketsa Wajah Anda Program ini secara otomatis akan menampilkan “gambar wajah” Anda berdasarkan informasi yang anda berikan dengan jujur, apa adanya. Anda.
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK OLEH : KUSTENDAR, S.T TEKNIK GAMBAR OTOMOTIF SMK AL-IHSAN PAMARICAN.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI 12 Principles of Animation.
Transcript presentasi:

Ilustrasi dan komik (basic)

Alat Gambar Pensil 2B (lebih ekspresif) Pensil mekanik 2B (garis yang lebih konsisten) Pensil HB (untuk sketsa tipis) Penghapus (yang empuk…)

Drawing Pen 0.1, 0.3, 0.5 (tipis, standar, untuk garis tebal) Tidak bagus digunakan di kertas yang memiliki daya serap terlalu tinggi/serat yang tidak padat Rapido 0.1, 0.3, 0.5 (idem) Tidak bagus digunakan di kertas gambar karena bisa merusak kuas kecil yang berada di ujung pena, tidak begitu nyaman untuk menggambar

G pen Pena yang biasanya digunakan oleh mangaka (komikus jepang) menggunakan tinta cina Fude pen, pena berujung kuas, biasa digunakan untuk menghitamkan bagian-bagian gambar.

Kertas Kertas Gambar, kertas HVS A4 80 gr, kertas Kent (kento) Ukuran kertas untuk komik jepang B4, sedangkan ukuran kertas untuk komik Indonesia perbesaran secara diagonal ukuran komik Indonesia

Kerangka Dasar Manusia Proporsi Membuat kerangka mempermudah kita untuk membuat proporsi yang tepat untuk sebuah karakter Golden Ratio (1:8) Perbandingan 1:8 dibuat untuk menghasilkan proporsi yang ideal, namun kita juga dapat membuat perbandingan 1:7

Kerangka Tubuh Wanita dan Pria Untuk mempermudah kita menggunakan bantuan garis segitiga untuk tubuh wanita Sedangkan segita terbalik untuk tubuh pria Ciri-ciri dasar dari tubuh wanita; Pundak yang lebih sempit daripada pria Pinggul lebih besar Leher lebih kecil Lekuk tubuh lebih luwes Ciri-ciri dasar dari tubuh pria; Pundak yang lebih bidang Pinggul sempit Leher lebih besar Lekuk tubuh agak kaku

Menggerakan Kerangka

Kerangka Wajah Kerangka wajah dibagi menjadi beberapa bagian untuk mempermudah memposisikan rupa wajah. Garis bentuk wajah Garis alis Garis mata Garis hidung Garis mulut

Berbagai Bentuk Wajah Penerapan Bentuk Wajah

Berbagai Jenis Rambut Berbagai Bentuk Alis Berbagai Bentuk Mata Berbagai Bentuk Hidung

Berbagai Bentuk Bibir Variasi bentuk wajah, rambut, alis, mata, hidung, bibir

Mengarahkan Kerangka Wajah

Mengekspresikan Wajah

Membuat Wajah

Membuat Karakter Menentukan pria atau wanita Karakter tokoh yang memiliki sifat bagaimana (iri, dengki, jahat, baik, sederhana, ceria, riang, cerewet, centil, dsb) Karakter tokoh memiliki bentuk tubuh seperti apa (gemuk, kurus, sintal, macho, kerempeng, obesitas, dsb) Karakter tokoh memiliki ciri khas atau tidak (gaya punk, girly, chic, boho, rock, necis, perlente, flamboyan, dsb)

Tugas hari ini Halaman 1 Gambar kerangka manusia dalam berbagai gerakan minimal 5 gerakan atau interaksi Halaman 2 Gambar satu karakter yang sedang berekspresi (marah, sedih, kaget, centil, dsb) Yang sudah selesai silahkan kumpulkan tugas lalu tanda tangan