ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEOLOGI ISLAM.
Advertisements

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
Rasulullah Profil Teladan Sepanjang Masa
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
KONSEF KETUHANAN DALAM ISLAM
POKOK BAHASAN TEOLOGI ISLAM
ANTISIPASI MUNCULNYA PAHAM SEKULARISME DALAM PRAKTEK KETATANEGARAAN DI INDONESIA WIDAYANTI DAMELIA
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
ALIRAN-ALIRAN KALAM Abdul Muid Nawawi, MA..
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
ALIRAN MURJI’AH, QADARIAH DAN JABARIAH
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
Pan Islamisme Hanif Rendy.
والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan.
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
SISTEM POLITIK ISLAM.
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
PENGANTAR ILMU KALAM Al Azhar, S.Pd.I., M.Pd.I.
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
DIMENSI DAN PEMIKIRAN ISLAM Materi Dirasah Islamiyah-2.
PETA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
SEJARAH ISLAM DARI MASA NABI HINGGA KINI
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
AKIDAH KETUHANAN DAN SAINS
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
MENENGAH 3 SEJARAH ISLAM
BAB 4 : KEDATANGAN ISLAM KE ASIA SELATAN DAN ASIA TIMUR
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
LUSIYANA ANNISA DHITA I.S
Assalamualaikum Tugas Mata Kuliah ILMU KALAM
Sejarah Empirisme Istilah empirisme diambil dari bahasa Yunani empiria yang berarti coba – coba atau pengalaman. sebagai doktri.. Empirisme adalah lawan.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Modul Pemikiran Islam Sederhana di Singapura
Pengertian Sistem Politik Islam Yaitu Ilmu atau persoalan yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau pemerintahan dalam pandangan Islam.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 1 : SEJARAH KHULAFA’ AL-RASYIDIN
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
DAULAH ABBASIYAH. OLEH EKA AULIA FITRIANA MUHAMMAD MUSTAKIM RIZKI MOCHAMAD WIRA AJI AGUNG PRABOWO ADI IRFANI ARYA CANGGIH.
Transcript presentasi:

ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH

ASAL USUL Qadariah berarti: mampu, kuasa, merdeka. Maksudnya yaitu: suatu aliran yang mengakui bahwa manusia memiliki kemampuan, kebebasan dan kemerdekaan dalam berbuat. (free wiil/free act). Jabariah berarti: terpaksa, tidak mampu. Maksudnya yaitu: suatu aliran yang menyatakan bahwa manusia tidak memiliki kebebasan atau kemerdekaan dalam berbuat, semuanya tergantung Tuhan. (predestination atau fatalism).

SEJARAH DAN PAHAMNYA Secara umum, muncul dan berkembangnya dua aliran ini mengikuti perkembangan aliran teologi sebelumnya, terutama aliran murji’ah. Karena itu tidak heran jika salah satu tokoh pelopor aliran Jabariah adalah pengikut aliran murji’ah yakni Jahm bin Shafwan dari Khurasan. Dalam konteks sosio-kultural masyarakat Arab, dapat diduga bahwa aliran jabariah lebih dekat kepada pemahaman bangsa Arab sebelum Islam, dimana mereka hidup dalam kesederhanaan dan sangat tergantung pada alam.

Setelah Jahm bin Shafwan wafat karena terlibat pertarungan politik dengan dinasti Umayyah, Aliran murji’ah dilanjutkan oleh al-Husain bin Muhammad an-Najar. Sedangkan aliran Qadariah pertama kali dikemukakan oleh Ma’bad al-Juhani, salah seorang golongan tabi’in. Setelah wafat dilanjutkan oleh Ghailan al-Dimasyqi. Aliran ini telah membawa kegoncangan dalam pemikiran umat Islam yang masih terikat pada paham jabariah, sebagaimana pemikiran dan kehidupan Arab pra islam. Aliran ini mendapat halangan juga dari khalifah dinasti Umayyah, Umar bin Abdul Azis.

PAHAM-PAHAMNYA ALIRAN QADARIAH. Menurut mereka, manusia memiliki kehendak dan kekuasaannya dalam berbuat, baik perbuatan yang halal maupun yang haram. Manusia berbuat baik adalah atas keinginannya sendiri, dan berbuat jahat juga atas kemauannya sendiri. Tuhan tidak ikut campur di dalamnya. Mereka tidak menerima teori tentang nasib azali, bagi mereka nasib manusia ditentukan oleh manusia itu sendiri.

ALIRAN JABARIAH. Menurut mereka bahwa manusia tidak memiliki daya, kekuatan dan memilih dalam berbuat. Manusia melakukan suatu perbuatan semata-mata hanyalah karena terpaksa atau dipaksa oleh Tuhan. Dengan kata lain, manusia tidak lebih dari sebuah robot, dimana pergerakannya ditentukan oleh pemilik robot. Begitu juga manusia, yang melakukan perbuatan baik dan jahat sebenarnya adalah Allah dengan memakai manusia.

KESIMPULAN Aliran Qadariah menganut paham free will yakni adanya kebebasan manusia dalam memilih dan berbuat, tanpa campur tangan Tuhan. Keterlibatan Tuhan hanyalah berkaitan dengan penciptaan manusia dengan segala aksesorisnya. Aliran Jabariah menganut paham predestination yakni manusia tidak memiliki kebebasan dalam berbuat, semuanya terikat dengan ketentuan Tuhan. Keterlibatan manusia hanyalah pada penggunaan daya yang sudah diberikan Tuhan.