AJARAN TAO.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Agenda 99 Manajemen Pengembangan Diri Menjadi Manusia Bermartabat
Advertisements

IndiaChinaJepang Oleh Budhidharma Pada akhir tahun 1100’an.
TATAP MUKA KE-15 TUGAS BELAJAR MANDIRI.
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
Analisis Jiwa Kewirausaahan Pada Diri Sendiri
Filsafat Ilmu: administrasi
 Istilah “Kami” mengacu pada beragam dewa di surga dan bumi seperti yang terlihat pada kisah-kisah klasik, dan semua roh yang ada di kuil-kuil shinto.
SEHAT SAKIT DUNIA BARAT
PPMJ 8 November 2012 Nadya Inda Syartanti KONSEP KETUHANAN.
YESUS SANG PENDOA Saya berdoa secara teratur: ya/tidak Alasan…..
Ajaran-Ajaran Agama Konghucu
Filsafat Pancasila.
Inkulturasi Aldo.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
Sejarah Pemikiran Ekonomi
PENGANTAR FILSAFAT Topik 10 FILSAFAT TIMUR.
Keyakinan By: Brenda 6B.
KONSEP KETUHANAN.
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning (Hoang Ho)
Enkulturasi, Akulturasi dan Sinkretisme
Three Major Traditions of Japanese Thought
TOKOH PERUBAHAN. Menurutnya tidak ada kemajuan linier sejarah yang ada adalah merupakan susunan riwayat hidup terpisah, unik dan dengan kadar organiknya.
PEMIKIRAN POLITIK ABAD PERTENGAHAN
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
Doa Bapa Kami Diskusi tentang Doa
DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
Spiritualitas Ketidaksempurnaan
Introduction of Japanese Thought Pertemuan 1
ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGAANYA
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Matakuliah : Estetika Tahun : Genap ESTETIKA TIMUR Estetika Jepang Estetika China Zen-Budhisme.
Agus Setiawan ESTETIKA CINA.
TAO (TAOISME).
JANJI BAGI YANG TERANIAYA
Yusuf Enril Fathurrohman FP Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Antropologi Hukum tentang Asal Mula Kehidupan
FILSAFAT CINA ( TIONGKOK )
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
Sekte-Sekte Agama Yahudi
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
BIAS BUDAYA DAN AGAMA DALAM “KLAB”
Assalamualaikum Wr. Wb..
FILSAFAT CINA ( TIONGKOK )
Deisme Oleh : Gabriel Pinontoan | Folin Tempoh
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
ZEN BUDHISME OLEH : MUHAMMAD LUTHFI DAMANHURI ( )
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
Pengertian dan ruang lingkup filsafat
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
PRINSIP ARSITEKTUR 2 KELOMPOK 1 Nanda Sofia ( )
ILMU POLITIK NAMA ANGGOTA : RISKI RIANDA ALBERTUS ARYO ANDIKA TITO NUR
KONSEP DASAR “KLAB”.
PENGENALAN FILSAFAT A. Arti Filsafat a. Dari segi etimologi FALSAFAH
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
ETNOMEDISIN.
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
ASPEK-ASPEK PENINGKATAN TAMADUN
TAMADUN CINA Masyarakat dan Budaya.
D. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat 1. Dinamika Pancasila sebagai Sistem Filsafat a.Pada era pemerintahan.
Bab 8 Faktor X.
TAMADUN CINA Tamadun Cina tertua
Transcript presentasi:

AJARAN TAO

Jika engkau tertekan Engkau hidup di masa lalu Jika engkau kuatir, Engkau hidup di masa depan, Jika engkau damai, Engkau hidup di masa sekarang

AJARAN TAO

SEJARAH TAO Taoisme (Tionghoa: 道教 atau 道家 ) juga dikenal dengan Daoisme, diprakarsai oleh Laozi (老子;pinyin:Lǎozǐ) sejak akhir Zaman Chunqiuyang hidup pada 604-517 sM atau abad ke-6 sebelum Masehi. Taoisme merupakan ajaran Laozi yang berdasarkan Daode Jing (道德經,pinyin:Dàodé Jīng). Pengikut Laozi yang terkenal adalah Zhuangzi (莊子) yang merupakan tokoh penulis kitab yang berjudul Zhuangzi. Taoisme adalah sebuah aliran filsafat yang berasal dari Cina. Taoisme sudah berumur ribuan tahun, dan akar-akar pemikirannya telah ada sebelum masa Konfusiusme. Hal ini dapat disebut sebagai tahap awal dari Taoisme. Bentuk Taoisme yang lebih sistematis dan berupa aliran filsafat muncul kira-kira 3 abad SM. Selain aliran filsafat, Taoisme juga muncul dalam bentuk agama rakyat, yang mulai berkembang 2 abad setelah perkembangan filsafat Taoisme.

ALIRAN DALAM TAO Pada zaman dulu, tidak adanya perbedaan antara agama Dao (道教) dengan Daojia(道家). Saat ini, agama Dao(道教) tidak dibedakan dengan Daojia(道家), kedua-duanya berarti Taoisme. Pada era sekarang ini, agama Dao merupakan ajaran-ajaran Laozi-Zhuangzi yang berkembang menjadi agama yang memiliki banyak penganut. Agama Dao bertujuan agar mengarahkan manusia mencapai TAO yaitu suatu keadaan dimana Manusia mencapai Kesempurnaan, agama ini lebih bersifat kemanusiaan, dan berpotensi memenuhi keperluan rohaniah manusia. Dalam agama Dao, Laozi didewakan sebagai Taishanglaojun (太上老君); kitab-kitab Daode Jing dan Zhuangzimenjadi kitab suci dalam agama Dao. Daojia adalah pusat pengkajian filsafat tentang Daode Jing dan Zhuangzi, ajaran ini mengandung unsur mistisme yang tidak mendewakan apa-apa. Daojia digolongkan kepada tiga generasi yaitu “Daojia sebelum Qin” (先秦老莊道家),”Qin-Han Daojia” (秦漢黃老道家), dan ”Wei-Jin Daojia” (魏晋玄學道家). Setelah generasi Wei-Jin, Daojia tidak lagi berupa agama tersendiri, tetapi digabungkan dalam ajaran agama Dao. Saat ini, ajaran tersebut dikenal sebagai Taoisme. Dalam 19 th dan 20 th abad, selama berbagai penganiayaan, kebanyakan kuil Tao dan biara hancur atau dikonversi ke sekolah, rumah sakit, atau kantor-kantor pemerintah, tetapi telah terjadi kebangkitan Taoisme di Cina dalam beberapa dekade terakhir. Biara pusat sekte Quanzhen, Kuil Awan Putih di Beijing, merupakan pusat administrasi untuk semua Taoisme, dan imam pemula dari semua sekte sering melatih di sana. Secara umum, Zhengyi mendominasi di Taiwan dan Cina bagian selatan, sementara Quanzhen lebih umum di seluruh China. Kedua sekte Tao, dengan struktur yang berbeda-beda mereka, saat ini merupakan sekte paling berpengaruh di Cina modern.   

LAMBANG TAO Yang Yin Masculine Feminine Active Passive Light Darkness Warmth Strong Heaven; Sun Feminine Passive Darkness Cold Weak Earth; Moon Yang

PANDANGAN TENTANG MANUSIA Menurut pandangan Taoisme, hidup manusia sudah digariskan oleh ‘langit’.Manusia sudah memiliki jalannya masing-masing. Yang harus dilakukan manusia hanya meneliti jalan itu dan mengikuti jejak itu tanpa coba memaksakan pandangannya yang sempit, serta tanpa kehendak ingin menyelewangkan diri dari yang alamiah demi keuntungan pribadi. Sikap semacam itulah yang disebut dengan Wu Wei, yang artinya tidak mencampuri. Wu-wei dapat juga diartikan ‘tidak berkeinginan. Manusia dalam pandangan Taoisme, harus menghilangkan keinginannya, dan mengikuti jalannya proses alam tanpa mencampuri proses itu.

PANDANGAN TENTANG MANUSIA Dalam menjalani kehidupan yang ada, manusia mengarah pada kehidupan yang alamiah tanpa adanya proses ikut campur. Kehidupan yang alami inilah yang menjadi suatu kebajikan dasar yang memicu munculnya tiga buah kebajikan lain yang menuntun manusia dalam kehidupannya, yaitu lemah lembut, rendah hati, dan menyangkal diri. Kelemah-lembutan merupakan teman dari kehidupan, sebaliknya, kekerasan dan kekakuan adalah teman dari kematian. Rendah hati adalah sikap mampu membatasi diri dengan berbuat seperlunya saja. Di dalam kitab Daode Ching dikatakan, “Tidak ada kutuk yang lebih besar daripada merasa kurang puas. Tidak ada dosa yang lebih besar daripada selalu ingin memiliki.” Kemudian menyangkal diri adalah sikap menganggap diri dan hidup manusia hanyalah sebagai pinjaman dari alam semesta kepada manusia.Oleh karena itu, manusia yang bijaksana dan menginginkan hidup tenang dan tenteram akan mempercayakan seluruh hidupnya kepada Dao atau alam semesta.

PANDANGAN TENTANG TUHAN Praktek keagamaan Taoisme membangun jembatan antara bentuk manusia duniawi seseorang dan langit. Dalam upaya untuk kesatuan dengan alam semesta, Tao bekerja untuk memahami jalan mereka - yang akhirnya mengarah ke Great Ultimate. Doa, seperti yang dilakukan di Pusat, membuka saluran komunikasi dua arah ke langit. Dengan cara ini, seorang Tao yang taat mengirimkan pesan yang sesuai ke Great Ultimate dan menerima jawaban konkret sebagai imbalan; bimbingan dari Surga menambah instruksi spiritual untuk memperjelas jalan seseorang.

PANDANGAN TENTANG TUHAN Teori klasik Tao mengidentifikasi tiga alam untuk menggambarkan pengaruh kekuatan yang universal pada manusia: langit, man in the middle, dan bumi di bawah. Man, yang terletak di antara keduanya, adalah konduktor hidup-energi (kadang-kadang disebut "Chi") antara langit dan bumi. Semua ilmu Tao, dari Chi Quong ke akupunktur untuk meditasi, yang dibangun di atas prinsip ini, yang merupakan dasar untuk praktik-praktik keagamaan Shamanistic dan Tao. Beroperasi dalam paradigma ini, Tao astrologi digunakan sebagai Sistematika dari tentara langit di atas manusia, dan mineral dan hewan bagi pasukan duniawi di bawah laki-laki. Alat-alat yang mendasar, yang digunakan oleh imam Tao, mengkodifikasi dua alam yang bracket manusia dan mempengaruhi nasibnya.

PANDANGAN TENTANG TUHAN Menurut Taode jing , sesuatu yang ada "sebelum langit dan bumi" dan penulis, tidak mengetahui nama sesuatu yang, menyebutnya Tao (Bab 25). Tao ini adalah Tao sangat berbeda dari tao dibahas sebagai " jalan , "dan itu adalah kemudian digunakan istilah. The Taode jing menggunakan istilah di kedua cara (dan beberapa orang lain). Untuk membedakannya, artikel ini akan memanfaatkan Tao kosmologi. Tao ini dikatakan primordial "barang" dari mana semua materi muncu

Taoisme di Indonesia. Di Indonesia berkembang pula Taoisme aliran Tài shàng mén太上门 Xiāo yáo pài 逍遥派,. Selain memuja Maha Dewa Thai Sang Lao Cin (= Tài shàng lǎo jūn 太上老君), Dewa Er Lang Sen (Èr láng shén 二郎神) dan Dewi Ciu Thien Sien Ni (= Jiǔ tiān xuán nǚ 九天), juga memuja Para Dewa Dewi Tao yang lain.Aliran ini juga mengajarkan Senkung (Shén gōng 神功)(senam kesehatan Tao yang diajarkan oleh Maha Dewa Tai Shang Lao Cin) juga Qigong (Qì gōng 气功)(Olah Raga Pernapasan kesehatan Tao untuk menghimpun Qi dalam tubuh) serta Cingco (Jìng zuò 静坐)(Duduk diam / Meditasi ). Aliran ini mengutamakan pedoman Wu (Kesadaran - Kecerdasan - Kebijaksanaan) sebagai pedoman cara berpikir dan cara bertindak dalam mempelajari Taoisme dan dalam Kehidupan sehari hari. Dengan harapan agar pengikut aliran dapat memperbaiki kehidupan Spiritual dan Duniawi menjadi lebih baik, dimana kemudian akan membawa kemajuan pula bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat disekitarnya