UPACARA BATASMIAH.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
Advertisements

RAHASIA KEHIDUPAN Seorang anak bertanya kepada ibunya:
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
TRADISI MASA PRA AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
STANDAR KOMPETENSI Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
NURDIN D1B Dampak Berdirinya Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Perubahan Mata Pencarian Masyarakat Sekitar.
Sistem Hukum Indonesia September 2010 FISIP Universitas Indonesia
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
Presented by.
Suku Sasak Suku Sasak adalah suku bangsa yang mendiami Pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Suku ini berasal dari Jawa dan Bali. Sebagian besar masyarakatnya.
Nama : EDY PURWANTO TTL : Mantaren, 06 April 1965 Agama : Islam
Unsur Pembangun Karya Sastra
Perkembangan bentuk karya tidak mengalami perubahan (statis)
Upacara Bamandi-mandian Panganten
Upacara Kematian pada Masyarakat Banjar (Kalimantan Selatan)
Enkulturasi, Akulturasi dan Sinkretisme
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR
PELAJARAN 10.
Diferensiasi Sosial Artinya klasifikasi masyarakat secara mendatar/horizontal/tidak menimbulkan kelas-kelas sosial. Misalnya perbedaan agama, suku, klan,
ASSALAMU’ALAIKUM WR……WB. Pendidikan agama islam OLEH : KELOMPOK: 4 (EMPAT) KELAS: 1 A NAMA: ALIP MARYONO DWI PAJAR B IRAWATI RISTIANINGSIH SATITI HANING.
Bab 4 Adat Istiadat dalam Masyarakat
LOCAL STORE.
PENDEKATAN & PENGEMBANGAN MATERI IPS
Mata Kuliah Keluarga dan Kewarisan Adat
WELCOME TO MY PRESENTATION
KEPROTOKOLAN.
MEMBAWAKAN ACARA.
Aspek Sosial Budaya dalam Kebidanan
Upacara Perkawinan Adat Banjar
ASPEK SOSIAL BUDAYA DALAM KEBIDANAN
Dinamika Kebudayaan surono.
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
D3 Teknik Laboratorium Medik (a)
Penumbuhan Budi Pekerti dalam Mencapai Penampilan, Pelayanan dan Prestasi (3P) di SMA 1.
Yusuf Enril Fathurrohman FP Universitas Muhammadiyah Purwokerto
KEBUDAYAAN KALIMANTAN SELATAN “TARI RADAP RAHAYU”
Perkembangan Arsitektur
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
PROGRAM OPERASI BIBIR SUMBING GRATIS RS. CITRA MEDIKA SIDOARJO
Pendidikan Sejarah Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER GENAP
Menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra
PI, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Kamus istilah Komputer menggunakan JAVA J2ME for further detail, please visit
BUDAYA TIDUR MASYARAKAT MADURA
Perkembangan bentuk karya tidak mengalami perubahan (statis)
Anak dan Pekerjaan rumah tangga
(Permendikbud No.23 Tahun 2015)
PEMBINAAN DUKUN BAYI.
Hukum Perkawinan Adat igedeabw.
KALIMANTAN BARAT. VISIT KALIMANTAN BARAT Ivan Yulio O( ) tugas aplikom Universitas Mercubuana Yogyakarta 2015.
HUKUM PERKAWINAN ADAT.
Evi Nur Miftahul Jannah
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT
OLEH: MIFTAHUL JANNAH KELAS XI IPA
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
SISTEM KEKERABATAN Dasar kekerabatan masyarakat Asmat adalah keluarga inti monogami, atau kadang-kadang poligini, yang tinggal bersama- sama dalam rumah.
Kelompok VI: Masjoko ( ) Very Neno Tahin ( ) Anisetus B. Ole ( )
ANALISIS KONTEKSTUAL 1. Sejarah tari Ngeruai Kenemiak diangkat dari kebiasaan adat suku Dayak Kantu’ Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Ruai yang.
MEMBAWAKAN ACARA.
PERIBAHASA.
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT
Adat Resam Perkahwinan Melayu
MENYAMBUT KEDATANGAN-NYA
Agama Bahá’i.
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
TRADISI MAANTAR PATALIAN/JUJURAN PADA MASYARAKAT ADAT BANJAR OLEH: ARIE SULISTYOKO.
Persamaan dan Perbedaan. Dalam konseling lintas budaya, budaya atau kebudayaan (culture) meliputi tradisi, kebiasaan, nilai-nilai, norma, bahasa, keyakinan.
Transcript presentasi:

UPACARA BATASMIAH

Pendahuluan Kalimantan Selatan kaya akan tradisi masyarakatnya secara turun temurun. Tradisi yang dilaksanakan telah menjadi budaya pada setiap daerah dalam  masyarakat tersebut. Apabila ada kegiatan oleh warga  selalu berdasarkan tradisi yang berlaku pada masyarakat setempat, terutama yang berhubungan dengan keyakinan yang dipercayai. Meskipun perkembangan zaman telah banyak mempengaruhi pola struktur hidup masyarakat sehingga upacara adat pada masyarakat Banjar sekarang ini mulai berkurang, terutama  pada masyarakat perkotaan. Namun untuk upacara batasmiah (mengarani anak) masih tetap dilaksanakan oleh sebagian besar masyarakat Banjar..

Latar Belakang Proses Upacara Kesimpulan

Latar Belakang Mengarani anak (memberi nama anak) sebenarnya sudah dilaksanakan pada saat bayi lahir oleh bidan (dukun beranak) pada saat memotong tangking pusat (tali pusat). Tidak ada upacara yang dilakukan pada saat itu, karena  nama yang diberikan bersifat sementara (bukan nama yang sebenarnya). Sedangkan nama yang sebenarnya akan diberikan pada  saat upacara batasmiah (mengarani anak). Menu

Proses Upacara Sambutan tuan rumah (ahlul bait) kepada hadirin yang datang Pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an Acara pemberian nama oleh tuan guru dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahim

Setelah pemberian nama selesai diucapkan oleh tua guru, rambut si anak dipotong sedikit dengan gunting Pada Mulut si anak diisapkan garam, madu atau gula merah, dan air kelapa

Anak yang sudah diberi nama ini akan dibawa berkeliling oleh ayahnya untuk ditapung tawari dengan minyak likat baboreh

Setelah tapung tawar maka selesailah upacara batasmiah (mengarani anak). Acara selanjutnya adalah pembacaan doa oleh tuan guru Menu

Kesimpulan Pelaksanaan upacara batasmiah (memberi nama anak) pada masyarakat Sungai Tabuk masih terus dilaksanakan berdasarkan kebiasaan masyarakat setempat secara turun temurun. Meskipun ada perbedaan pada setiap daerah, namun substansinya tetap mengandung nilai-nilai budaya yang sama terhadap budaya Upacara batasmiah (mengarani anak)pada masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya.