Lighting & Texture Mapping

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Putu Indah Ciptayani S.Kom
Advertisements

Oleh Edy Santoso PORTRAIT PHOTOGRAPHY.
Menjelaskan efek cahaya
Created By : Joko Suratno
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
Teknik Pencahayaan pada fotografi
MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
CAHAYA Oleh : Teguh.S.
BAHAN AJAR IPA KELAS V SEMESTER II
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. (QS 2:257)
Surface Rendering dan Warna
FISIKA OPTIK GEOMETRI.
The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.
PEMANTULAN CAHAYA Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
OPTIK GEOMETRI.
CERMIN.
MIKROSKOP MIKROSKOP Adalah alat untuk melihat benda benda yang sangat kecil Terdiri dari 2 lensa positif (lensa cembung) Fokus Lensa Okuler > Fokus Lensa.
OPTIK GEOMETRI.
Matakuliah Pembelajaran IPA MI
Grafika & Pengolahan Citra (CS3214) 12 – Rendering
OPTIKA GEOMETRIK A. SK : Konsep dan perinsip gejala gelombang dan optik dalam menyelesaikan masalah B. KD : Mengenal sifat cahaya, dan memformulasikanbesaran-besaran.
OPTIKA GEOMETRI.
Defi Purwantiana A. PGSD UKSW 2012 Pembiasan Cahaya.
TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada.
POWER POINT PEMANTULAN CAHAYA
PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd
CAHAYA & ALAT OPTIK.
AURORA Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi.
BAHAN AJAR FISIKA KLS X SEMESTER 2 GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
KELOMPOK X OPTIKA GEOMETRI GUNAWAN ( D )
PENCAHAYAAN.
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
RENDERING (Shading & Shadow)
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Light and Colour Caroline.M( ) Ribkah.S( )
Viewing & Shading III Pertemuan 14 Hand out Komputer Grafik.
Pertemuan 6 Proses Pembentukan Benda dan Proyeksi Benda
Imam Cholissodin| 10 | Lighting & Shading Imam Cholissodin|
CAHAYA DAN SIFATNYA IPA KELAS V SEMESTER 1.
PEMANTULAN CAHAYA Peserta didik dapat: 1.Memahami jenis pemantulan 2.Menyebutkan hukum pemantulan cahaya 3.Melukiskan peristiwa pemantulan cahaya 4.Contoh.
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
PENCAHAYAAN DAN KEBISINGAN
OPTIKA GEOMETRI.
CAHAYA PERTEMUAN 8 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
CAHAYA CAHAYA.
n1 2 Modul 13 Fisika Dasar II I. Pembiasan dan Pemantulan
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
RENDERING (Shading & Shadow)
INTEFERENSI PADA BAJI INTERFERENSI CELAH BANYAK INTERFEROMETRY MICHELSON EKO NURSULISTIYO.
CAHAYA PERTEMUAN 8 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
SIFAT-SIFAT CAHAYA SECARA GEOMETRI
Materi Pertemuan ke 23 : Mahasiswa dapat menguasai lighting sistem dan dapat menerapkannya pada gambar kerja/bestek bangunan.
PENCAHAYAAN Grafika Komputer.
Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting
CAHAYA Dra. SRI SULASTRI.
PEMANTULAN CAHAYA By : Fitriani Wati.
KONSEP OPTIK DAN PERAMBATAN CAHAYA
KONSEP OPTIK DAN PERAMBATAN CAHAYA
MACAM-MACAM ALAT OPTIK
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
CAHAYA Dra. SRI SULASTRI.
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom.
MIKROSKOP. Mikroskop Jenis CahayaStereoElektron Bagian-bagian OptikPeneranganMekanis Penggunaan.
Sifat Cahaya Cahaya sebagai gelombang Cahaya dihasilkan dari getaran-listrik dan getaran magnet yang merambat sehingga cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.
Apakah benda itu? Dapatkah kamu melihat perbedaannya?. Bagaimana benda dibedakan dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP a.Ciri-ciri benda di lingkungan sekitar b.Cara mengklasifikasian makhluk hidup c.Pengklafikasian makhluk hidup.
Transcript presentasi:

Lighting & Texture Mapping Praktikum 12

Lighting Model pencahayaan objek dalam 3D, terbagi menjadi 4: Ambient Diffuse Specular Emmisive

Ambient Cahaya yang menyinari benda tidak melulu berasal dari sumber cahaya langsung, tetapi bisa juga dari pantulan benda sekitarnya. Contoh : Bagaimana kita bisa melihat kolong meja, padahal sumber cahaya adalah dari jendela? Ambient adalah cahaya tidak langsung, yaitu cahaya yang berasal dari pantulan sumber cahaya oleh benda sekitarnya

Ambient light pada bed dan atap

Diffuse Cahaya yang menyinari benda berasal satu arah, sehingga bagian benda yang terkena cahaya akan terlihat lebih terang, sementara bagian yang tidak kena cahaya terlihat gelap

Specular Cahaya diterima oleh permukaan yang halus atau memantul seperti logam, plastik, dll sehingga timbul kesan berkilau seperti kaca

Emmisive Cahaya dipancarkan oleh suatu objek yang terang

Lighting (coding 3D yang lalu) R G B ? const GLfloat light_ambient[] = { 1.0f, 1.0f, 1.0f, 1.0f }; const GLfloat light_diffuse[] = { 1.0f, 1.0f, 1.0f, 1.0f }; const GLfloat light_specular[] = { 1.0f, 1.0f, 1.0f, 1.0f }; glLightfv(GL_LIGHT0, GL_AMBIENT, light_ambient); glLightfv(GL_LIGHT0, GL_DIFFUSE, light_diffuse); glLightfv(GL_LIGHT0, GL_SPECULAR, light_specular); + + = Ambient Diffuse Specular Kombinasi

Posisi Cahaya Untuk cahaya jauh, set D = 0.0 X Y Z D const GLfloat light_position[] = { 0.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f }; glLightfv(GL_LIGHT0, GL_POSITION, light_position); Untuk cahaya jauh, set D = 0.0 (Cahaya satu arah, seperti matahari) Untuk cahaya titik, set D = 1.0 (Cahaya dari satu titik ke segala arah)

Shading Datar (flat) Halus (Gouraud) glShadeModel(GL_FLAT); glShadeModel(GL_SMOOTH);