BINA SARANA INFORMATIKA PRINSIP DESAIN ANTAR MUKA (INTERFACE) BINA SARANA INFORMATIKA KELOMPOK 12.3D.14 HARIO WIBOWO FITRIANI SISWANTO YAYA NURDIANSYAH ADE DENI RUSLAN BOBY PINTORO
Pengertian Interface adalah Tampilan dari sebuah program Antarmuka (Interface) adalah penghubung dan sarana interaksi antara hardware, software dan brainware. Antarmuka/User Interface (UI) merupakan bagian dari komputer dan perangkat lunaknya yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan diajak bicara, baik secara langsung maupun dengan proses pemahaman tertentu. Interface merupakan peralatan atau program yang digunakan untuk menghubungkan dua alat yang tidak sama, yaitu dengan mengubah bentuk sinyal yang lewat antara dia antara dua peralatan dalam sistem komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi.
PRINSIP-PRINSIP DESAIN ANTAR MUKA ( INTERFACE ) Merefleksikan model mental user Explicit and Implicit Action Direct Manipulation User Control Feedback and Communication Consistency WYSYWIG (What You See Is What You Get) Aesthetic Integrity
Mengembangkan software yang baik Untuk mengembangkan software yang baik dibutuhkan beberapa faktor yang dibutuhkan, yaitu: High Performance Mudah digunakan Penampilan yang baik Reliability Mampu beradaptasi Interoperability Mobility
MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM DESAIN Dalam desain sebuah software ada beberapa hal yang harus diambil sebuah keputusan jika terjadi sesuatu seperti berikut: Aplikasi semakin membesar dan menjadi semakin lambat User interface pada aplikasi semakin kompleks Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan fitur baru menjadi lebih lama Dokumentasi aplikasi dan dokumen help menjadi lebih melebar. Resiko adanya efek pada fitur yang sudah ada Meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memvalidasi aplikasi
MENDESAIN LAYOUT MODEL APLIKASI Ada 3 macam model aplikasi: 1. Berbasis Dokumen = Aplikasi ini menghasilkan sebuah dokumen berupa file-file yang nantinya bisa dibuka dan dirubah kembali jika perlu. Aplikasi yang berbasis dokumen misalnya: Microsoft Word, Microsoft Excel, Open Office, Corel Draw, Photoshop, dll. 2. Berbasis Non Dokumen = Aplikasi ini sifatnya tidak menghasilkan dokumen yang bisa dibuka dan dirubah kembali. Contoh dari aplikasi berbasis non dokumen ini adalah: Microsoft Outlook, MySQL, MYOB, dll 3. Utilitas = Aplikasi ini sifatnya adalah untuk penunjang saja (sifatnya hanya tambahan). Ada kecenderungan aplikasi seperti ini menekankan pula pada style disamping fitur aplikasi. Contoh dari aplikasi ini adalah seperti aplikasi untuk mendengarkan musik atau menonton video (Winamp, Media Player, PowerDVD), aplikasi untuk anti virus (Kaspersky, Norton, F-Secure)
DAFTAR PUSTAKA : wikipedia TERIMA KASIH