Konsep dan Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Advertisements

TEORI BELAJAR DAN MOTIVASI
PENGEMBANGAN DESAIN ISTRUKSIONAL
TEORI BELAJAR.
TRAINING and EVALUATION PHASE
DESAIN INSTRUKSIONAL DRS FRANS A.RUMATE PUSAT PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN AKTIVITAS INSTRUKSIONAL UNIVERSITAS HASANUDDIN (P3AI-UNHAS)
PEMBELAJARAN TUNTAS (Mastery Learning).
STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY
EDUCATIONAL TECHNOLOGY KE ARAH INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY
DESAIN INSTRUKSIONAL DRS FRANS A.RUMATE (P3AI-UNHAS)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Perencanaan Pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Penyusunan Desain Pembelajaran
DISAIN PEMBELAJARAN Dr. IRMA WARDHANY UNIV PAKUAN
NAMA:JEFFRI DWI ORIENTA TRIYANA NPM:
PENELITIAN PENGEMBANGAN Research & Development
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
Pengantar Media Pendidikan
PERANCANGAN BAHAN AJAR MODUL
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA DAN LITERASI SAINS
STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY
Assalamualaikum Selamat Sore.
ALTERNATIVE ASSESMENT (Penilaian Alternatif)
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
PENGAJARAN SEBAGAI SUATU SISTEM
TEORI BELAJAR & APLIKASINYA
METODE PEMBELAJARAN Bila kita bicara pembelajaran, ada beberapa hal yang selalu disinggung:prinsip, pendekat an, strategi, metode, teknik, dan model.
Wawan Laksito YS, S.Si, M. Kom
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
DESAIN PEMBELAJARAN ALA DICK AND CARREY
HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN
PEMILIHAN MEDIA.
OLEH : HASIB KARIMUDDIN SY.
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
PEMBELAJARAN TUNTAS (Mastery Learning).
Media Pembelajaran dalam PAKEM
Ikhlasih Amalia Hasyim
KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Remedial Dan Pengayaan
PEMBELAJARAN TUNTAS (Mastery Learning).
Hakekat dan Makna Strategi Pembelajaran
TEORI BELAJAR DAN MOTIVASI
HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Reseach and Development (R & D). Reseach and Development (R & D) Versi Borg and Gall  Menurut Borg and Gall (1989:782 model penelitian dan pengembangan.
EDUCATIONAL TECHNOLOGY KE ARAH INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PEMBELAJARAN TUNTAS (Mastery Learning).
Mesyuarat Pengurusan Profesional IPGM KPM Bil 1/2015
PERANCANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN.
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
SALMILAH Program Pasca Sarjana UNM Makassar D MODEL RESEARCH & DEVELOPMENT.
SELAMAT SIANG... BAPAK-IBU DOSEN STTNAS YOGYAKARTA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
Usman Noer RENCANA PEMBELAJARAN.
Transcript presentasi:

Konsep dan Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Ega Gradini

Tujuan Perkuliahan Setelah selesai mempelajari materi perkuliahan, anda diharapkan: menjelaskan pengertian desain pembelajaran dengan bahasa sendiri menjelaskan konsep Pembelajaran sebagai sistem dengan memberikan ilustrasi menjelaskan minimal lima prinsip desain pembelajaran dan penerapannya pada praktik pembelajaran mengidentifikasi tiga model desain pembelajaran yang dipilih sendiri

Desain Pembelajaran upaya untuk “membelajarkan” peserta didik Suatu rancangan yang sistematis dan sistemik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Praktek menciptakan pengalaman pembelajaran yang membuat perolehan pengetahuan dan keterampilan yang lebih efisien, efektif, dan menarik (Wikipedia) proses yang sistematis yang digunakan untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan secara konsisten dan dapat diandalkan (Reiser & Dempesey, 2007)

Fungsi Desain Instruksional Appplied Research Laboratory, Penn State University Proses Sains Disiplin Realitas

Desain Instruksional sebagai sebuah proses sebagai pengembangan yang sistematis tentang spesifikasi pembelajaran dengan belajar dan teori instruksional untuk menjamin mutu pengajaran. Desain instruksional mencakup seluruh proses analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran dan pengembangan sistem penyajian untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini termasuk pengembangan bahan ajar dan kegiatan, dan uji coba dan evaluasi dari semua kegiatan pengajaran dan pelajar

Desain Instruksional sebagai sebuah disiplin cabang pengetahuan yang menaruh perhatian pada penelitian dan teori tentang strategi pembelajaran dan proses untuk mengembangkan dan penerapannya.

Desain Instruksional sebagai sains ilmu menciptakan spesifikasi rinci untuk pengembangan, implementasi, evaluasi, dan pemyang memfasilitasi pembelajaran pada unit-unit besar dan kecil dari materi pelajaran di semua tingkat yang kompleks

Desain Instruksional sebagai realitas Desain instruksional dapat mulai pada setiap titik dalam proses desain. Seringkali secercah ide dikembangkan untuk memberikan inti dari situasi instruksi. Pada saat seluruh proses dilakukan desainer melihat ke belakang dan dia atau dia memeriksa untuk melihat bahwa semua bagian dari “ilmu” telah diperhitungkan. Kemudian seluruh proses ditulis seolah-olah itu terjadi secara sistematis

Model Pengembangan Pembelajaran (Suparman, 2001)

Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran (Filbeck, 2001) Respon-respon baru diulang sebagai akibat dari respon tersebut Perilaku tidak hanya dikontrol oleh akibat dari respon, tetapi juga di bawah pengaruh kondisi atau tanda-tanda yang terdapat dalam lingkungan peserta didik. Perilaku yang ditimbulkan oleh tanda-tanda tertentu akan hilang atau berkurang frekuensinya bila tidak diperkuat dengan pemberian akibat yang menyenangkan Belajar yang berbentuk respon terhadap tanda-tanda yang terbatas akan ditransfer kepada situasi lain yang terbatas pula.

Belajar menggeneralisasikan dan membedakan adalah dasar untuk belajar sesuatu yang kompleks seperti pemecahan masalah Status mental siswa/mahasiswa untuk menghadapi pelajaran akan mempengaruhi perhatian dan ketekunan siswa/mahasiswa selama proses belajar. Kegiatan belajar yang dibagi menjadi langkah-langkah kecil dan disertai umpan balik untuk penyelesaian setiap langkah akan membantu sebagian besar siswa/mahasiswa. Kebutuhan memecah materi belajar yang kompleks menjadi kegiatan-kegiatan kecil akan dapat dikurangi bila materi belajar yang kompleks dapat diwujudkan dalam suatu model.

Keterampilan tingkat tinggi seperti keterampilan mermecahkan masalah adalah perilaku kompleks yang terbentuk dari komposisi keterampilan dasar yang lebih sederhana Belajar cenderung menjadi cepat dan efisien serta menyenangkan bila mahasiswa diberi informasi bahwa ia menjadi lebih mampu dalam keterampilan memecahkan masalah. Perkembangan dan kecepatan belajar mahasiswa bervariasi, ada yang maju dengan cepat, ada yang lebih lambat. Dengan persiapan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan meng- organisasikan kegiatan belajarnya sendiri dan menimbulkan umpan balik bagi dirinya untuk membuat respon yang benar.

Model–model Desain Pembelajaran Model Dick and Carey Model ASSURE Model Gerlach and Ely Model ADDIE Model Degeng

Model Dick and Carey

Model ASSURE Analilyze Learner State Objectives dikembangkan oleh Sharon E. Smaldino, James D. Russel, Robert Heinich dan Michael Molenda Analilyze Learner State Objectives Select Methods, Media,and Materials Utilize Materials Requires Learner Participation Evaluate and Revise

Model Gerlach dan Ely

Model ADDIE Analysis: menganalisis kebutuhan untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat dan menentukan kompetensi siswa. Design: menentukan kompetensi khusus, metode, bahan ajar, dan strategi pembelajaran. Development: memproduksi program dan bahan ajar yang akan digunakan dalam program pembelajaran. Implementation: melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain atau spesifikasi program pembelajaran. Evaluation: melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar

Model Degeng

Kerjakan ! Kerjakan ! Kerjakan !