PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Operasi Android
Advertisements

Oleh: Dian C. Rusliadi, S.Si KLS XI SEM I
Install android 4.2 dikomputer / laptop. Apa itu android? Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh.
Stefani Priska Tangkuman TEKNIK INFORMATIKA STMIK PARNA RAYA MANADO
Mobile Operating System Oleh Fahmi Nur Aini Wahyuni Islammia Retno Palupi Airin Nur Hidayati Siti Qomariah Nasir
Peminatan Mobile Computing
Pengenalan Software (1)
Sistem Operasi Mobile.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Pendahuluan Tentang .Net
APLIKASI MP3 CUTTER UNTUK PONSEL BERBASIS ANDROID. Novitasari for further detail, please visit
Mobile Application.
ANDROID OPERATING SYSTEM
Platform Perangkat Bergerak
Historical ANDROID as Operating System SEBAGAI SISTEM OPERASI
Sistem Operasi Mobile Sistem operasi mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen.
Pengantar Teknologi Informasi
Aplikasi VoIP untuk Panggilan Suara Berbasis Android
Mobile Programming Pertemuan 1 Presented by Mulyono
Pengenalan Sistem Operasi. Course Objective Definisi Sistem Operasi. Peran Sistem Operasi dalam Sistem Komputer. Tujuan Sistem Operasi. Sejarah perkembangan.
Nyoman Suryadipta, ST, CCNA, CCNP
Sistem Operasi Tugas utama dari sebuah sistem operasi adalah menyediakan interface (antarmuka) antara aplikasi user dan hardware (perangkat keras) komputer.
Pengenalan Sistem Operasi
Pemrograman Mobile Android
Sistem Operasi Perangkat bergerak (Mobile)
SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS GUNADARMA
Pengenalan pemrograman mobile
Pengantar Teknologi Mobile
Pengantar Teknologi Mobile
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
Pengenalan Hardware dan Software
APLIKASI MOBILE AN’ ANQINUDIN L., S.Kom.
Pemrograman Perangkat Mobile
Android, firefox os, ubuntu touch
TREN TIK SISTEM OPERASI Oleh : Mega Suryaningsih PWK - FTSP.
Analisis Perbandingan Sistem Operasi Telepon Seluler Symbian dan Bambang Irawan for further detail, please visit
ANDROID KITKAT 1. Rizqia Mintarsih
Pemrogaman Mobile Minggu 1
Pemrograman Mobile 2 Kelas : TI 15 D Kelompok : 3
Pengenalan Pemrograman Mobile
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
Pemrograman Mobile Arif Risqiantoro ( )
PENGENALAN SISTEM OPERASI MOBILE
Pengenalan Pemrograman Mobile.
PEMROGRAMAN MOBILE Materi Pertemuan Ke – 1
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
PEMROGRAMAN MOBILE.
PENGENALAN MOBILE 2 Ade Irma Suryani
PEMROGRAMAN MOBILE PMO TI 15 Sore.
ANDROID.
SMARTPHONE.
A. Sistem Operasi Fungsi Sistem Operasi
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 1 Rizky Aditya Doni Pranoto
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Kelas TI 15 A
PENGENALAN SISTEM OPERASI MOBILE
Aplikasi Mobile Untuk Bisnis
Sejarah Android Kerjasama dengan Android Inc.
ANDROID.
Penerapan Mobile Version Pada Aplikasi SLiMS, Eprints dan Vufind
Hybrid Application Hybrid Application adalah aplikasi yang mengkombinasi antara Native aplication dan Web application.
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
Sistem Operasi / Operating System (OS)
APLIKASI MANAJEMEN PEKERJAAN UNTUK PETUGAS SERVIS Maulana Sutrisna
Transcript presentasi:

PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1

Anggota kelompok: Aulia fitriani (15.11.0219) Dani widianto (15.11.0228) Gagas restu sutikno (15.11.0223) Irvando demas arifiandani (15.11.0225) Islakhun nur dzaki (15.11.0217) Saiful anwar (15.11.0210) Vip brilliant baharudin yusuf (15.11.0197)

PENGERTIAN Pemograman mobile Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.

SISTEM OPERASI PERANGKAT MOBILE Sistem operasi Perangkat yang bergerak (OS mobile), Meliputi Symbian, Java, Windows Mobile, Android, IOS, dan lain-lain

Lingkungan pengembangan Lingkungan pengembangan adalah kumpulan prosedur serta alat-alat untuk mengembangkan, menguji, dan memperbaiki aplikasi atau program. Didalam lingkungan pengembbangan biasanya terdapat 3 tingkatan yaitu : pengembangan, pementasan dan produksi. IDE (Integrated Development Environtment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak

Software development Tools endukung .net Java Android sdk (software development kit) Adt (android developer tolls)

Software yang dapat digunakan Android studio Xamari1n Eclipse Unity 3d Qt for android Conduit mobile Apache cordova Ionic framework React native App inventor

Arsitektur os mobile Google sebagai pencipta Android yang kemudian diasuh oleh Open Handset Alliance mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Google menggunakan kernel Linux versi 2.6 untuk membangun Android, yang mencakup memory management, security setting, power management, dan beberapa driver hardware. Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Linux Kernel Linux merupakan sistem operasi terbuka yang handal dalam manajemen memori dan proses Libraries Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Beberapa pustaka diantaranya: Media Library urface Manager Graphic Library SQLite SSl dan WebKit

 Android Runtime Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada. Application Framework Kerangka aplikasi menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Selain itu, juga menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface dan sumber daya aplikasi. Bagian terpenting dalam kerangka aplikasi android adalah sebagai berikut [Hello Android 2nd Edition]: Activity Manager Content Providers Resuource Manager Location Manager Notification Manager

Application Layer aplikasi dan widget. Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.

VERSI SISTEM OPERASI ANDROID No Versi OS Rilis 1 versi 1.0 Android Dirilis pertama pada tanggal 30 bulan April tahun 2009 2 Versi 1.5 Cupcake Dirilis pada tanggal 15 bulan September tahun 2009 3 versi 2.0 Eclair Dirilis pada tanggal 26 bulan Oktober tahun 2009 4 versi 2.2 Froyo Dirilis pada tanggal 10 bulan mei tahun 2010 5 versi 2.3 Gingerbread Dirilis pertama pada tanggal 6 bulan Desember tahun 2010  6 versi v3.0 Honeycomb Dirilis pertama pada tanggal 22 bulan Februari tahun 2011 7 versi 4.0 Ice Cream Sandwich Dirilis pertama pada tanggal 19 bulan Oktober tahun 2011 8 versi 4.1 Jelly Bean Dirilis pertama pada tanggal 9 bulan juli tahun 2012  9 versi 4.4 kitkat Dirilis pertama pada tanggal 31 bulan Oktober tahun 2013 10 versi 5.0 Lollipop Dirilis pertama pada tahun 2014 11 versi 6.0 Marshmallow Dirilis pada 28 Mei tahun 2015 12 Versi 7.0 Nougat Diperkenalkan pada tahun 2016

PERBANDINGAN SISITEM OPERASI MOBILE Feature Android IOS Windows mobile Blackberry 10 Tizen Sailfish OS Perusahaan Google , Open Handset Alliance Apple Inc. Microsoft Blacberry Ltd. Linux Foundation, Tizen Association, Samsung,Intel Sailfish Alliance, Mer,Jolla,dan Sailfish Comunnity constributor Penjualan 86.1% 13.7% 0.3% N/A Versi Sekarang 8.0 11.0.2 10.0.1 10.3.3.2 3.0 2.1.1.2 Tanggal Rilis 21 Agustus 2017 3 oktober 2017 8 agustus 2017 12 desember 2016 20 mei 2017 29 agustus 2017 Lisensi Free and open-source, but usually bundled with proprietary apps and drivers Proprietary except for open source components Proprietary, Commercial software Proprietary Free and open-source, but the SDK is proprietary and closed source Free and open-source, but the UI is proprietary and closed source OS turunan Linux Darwin Microsoft windows QNX

Arsitektur CPU ARM, x86 ARM64 ARM Bahasa Pemograman C,C++,java, kotlin, .net, c# C,C++, Objective-C, swift, .net, c# 7+: XNA (.NET C#), Silverlight, native C/C++ (only for vendors and partners[9]) 8+: .NET C#, VB.NET, Silverlight, native C/C++, WinRTP (XMLA), DirectX C/ C++: Native SDK, C++/Qt: Cascades SDK, HTML5/Javascript/CSS: Webworks SDK, ActionScript: Adobe AIR, Java: Android runtime C++ C++, QML, Phyton Multi user yes Edukasi pemakaian hanya di ipad tidak Tidak App Store GoooglePlay Windows Store Blackberry World, Amazon Appstore Tizen Store Jolla Store SDK Platform Linux, Mac Os X, dan Windows Mac OS X (IOS SDK) Windows Windows, Mac OS X, dan Linux GNU/LINUX, windows, dan OS X Web Browser Chrome Safari Internet Explore BlackBerry 10 Browser Tizen Browser Sailfish Browser Feature Android IOS Windows mobile Blackberry 10 Tizen Sailfish OS

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISITEM OPERASI MOBILE perangkat mobile memiliki proses booting yang lebih cepat di bandingkan dengan perangkat dekstop , proses booting pada dekstop biasa nya memakan waktu antara 1-3 menit , namun unutk perangkat mobile biasa nya paling lama hanya satu menit. Konsumsi power atau bateri pada os mobile lebih kecil di bandingkan pada perangkat desktop. Untuk aplikasi mobile biasa nya , standar hardware yang dibutuhkan lebih ringan dari pada os untuk browser ,seperti standar grapic , kecepatan processor , input output device dan lain lain. Sehingga system operasi pada mobile lebih ringan dari pada system operasi untuk desktop. Dukungan hardware lebih sedikit dari desktop. Khusus sistem operasi iOS hanya terdapat pada device milik Apple Sistem operasi yang bersifat open source hanya android Pada umumnya sistem operasi mobile telah disesuaikan bagi setiap device dalam bentuk firmware sehingga firmware dari device tertentu tidak akan bias digunakan di device lainnya.  

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk daya rendah perangkat genggam , seperti asisten pribadi digital , perusahaan asisten digital atau ponsel Secara garis besar ada 3 pendekatan untuk mengembangkan aplikasi mobile yaitu: Aplikasi Native Adalah aplikasi yang secara khusus ditujukan untuk platform mobile tertentu dan menggunakan bahasa pemrograman serta perangkat lunak pengembangan sesuai platform tersebut. Aplikasi Web Merupakan aplikasi website yang secara spesifik dioptimalkan untuk penggunaan di lingkungan smartphone. Aplikasi Hybrid menanamkan aplikasi mobile HTML5 kedalam container native. Aplikasi berupaya mengombinasikan kelebihan-kelebihan pendekatan aplikasi web mobile HTML5 dan aplikasi native.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH