Waktu : 2 menit 30 detik/slide

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Soal Kuis I PSBO.
Advertisements

Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
CLASS DIAGRAM.
Unified Modelling Language (UML)
Pertemuan 6 Structural modelling
SEQUENCE DIAGRAM.
Analisa dan Perancangan Sistem
USE CASE DIAGRAM.
Sequence diagram.
Interaksi Objek.
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
TEKNIK – TEKNIK ANALISA DESAIN PADA PERANCANGAN PROGRAM
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Hernando Ivan Teddy, S.Kom
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
Oleh: Sri Herawati, S.Kom
Unified Modeling Language [UML]
CLASS DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Soal Kuis I PSBO.
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
LATIHAN PSBO Total : 35 PG.
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
Soal latihan psbo.
Object-Oriented Analysis (OOA)
Activity Diagram.
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Activity diagram.
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
Soal PSBO Pert.1-6.
Activity diagram.
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
REVIEW UML.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Bab 5 activity diagram.
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 14 UML Diagram State
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Waktu : 2 menit 30 detik/slide QUIZ PSBO Total : 45 Soal 1 slide @ 2 soal Waktu : 2 menit 30 detik/slide Open book

Bahasa SIMULA di perkenalkan pada akhir tahun … b. 1961 e. 1964 c. 1962 2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah ... a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi b. Konsep pemodelan c. Karakteristik objek d. Abstraksi e. Konsep mengidentifikasi model

3. Salah satu contoh dari procedural language dibawah ini adalah … a. Java d. Corba b. Pascal e. Prolog c. Clipper 4. Terdapat beberapa tema sebagai dasar teknologi berorientasi objek yang digunakan untuk melindungi program dari saling keterkaitan adalah ... a. Abstraksi b. Sharing c. Pengkapsulan d. Data Combine e. Data Protector

5. Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah : a. Analisa d. Objek b. Bahasa pemograman e. Implementasi c. Desain 6. Salah satu contoh dari Pemrograman berorientasi objek /OOP adalah … a. Pascal d. CORBA b. COBOL e. FORTRAN c. BASIC

7. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu ... a. mobil d. melaju b. cepat e. merah c. berwarna 8. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi : a. pewarisan d. abstraksi b. polymorphisme e. implementasi c. pengkapsulan

9. Pemanggilan dari operasi tidak perlu dipikirkan berapa banyak implementasi yang diberikan oleh operasi yang ada pada tema OO termasuk ke dalam tema ... a. Abstraksi d. Methode b. Penggunaan bersama e. Pengkapsulan c. Menggabungkan data dengan perilaku 10. Dalam multiplicity, istilah yang menunjukkan batas bawah yang bernilai 1 adalah a. optional b. mandatory c. single-valued d. multivalued e. asosiasi

11. Konsep Object Oriented adalah a. sharing, message, inheritance b. encapsulation, sinergi, message c. inheritance, encapsulation, polimorfisme d. polimorfisme, sinergi, sharing e. sharing, sinergi, message 12. Konsep abstraksi atau benda yang memilki identitas dinamakan dengan a. class d. UML b. use case e. diagram c. objek

13. Unified Modeling Language versi 0.9 dikemukakan pada tahun… b. 1995 e. 1998 c. 1996 14. Elemen utama UML adalah a. benda, relation, objek d. diagram, bagan, objek b. use case, objek, benda e. hubungan, objek, diagram c. benda, hubungan, diagram

15. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali.. a. classes d. nodes b. interfaces e. deployment c. usecases 16. Pedoman pemodelan Object Oriented adalah, kecuali.. a. menentukan deployment b. menentukan atribut c. menentukan subjek d. menentukan message e. menentukan metoda

17. Dibawah ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah, kecuali a. activity diagram d. class diagram b. interaction diagram e. use case diagram c. state machine diagram 18. Mekanisme pembangunan model menggunakan, kecuali a. specification d. extensibility b. adornments e. accessibility c. common division

19. Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis a. activity diagram d. use case diagram b. class diagram e. state machine diagram c. sequence diagram 20. Mengkategorikan aktivitas berdasarkan actor dapat digunakan simbol ... a. fork d. case actor b. join e. swimlane c. skenario

21. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan.. a. proses d. objek bisnis b. proses bisnis e. aktifitas c. aktifitas proses bisnis 22. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. fork e. decision c. start

23. Use case biasanya menggunakan kata : a. kata benda d. kata perintah b. kata kerja e. kata petunjuk c. kata sifat 24. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan a. use case d. assosiation b. relation e. package c. actor

25. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram adalah, kecuali a. Association antara actor dan use case b. Association antara use case c. Generalization antara actor dan use case d. Generalization/Inheritance antara use case e. Generalization/Inheritance antara actors 26. Use case class memiliki objek use case yang menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal disebut … a. use d. interface b. case e. action c. skenario

27. Perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi … a. boundary d. association b. include e. generalization c. extend 28 .Use case diagram terdiri dari… a. use case, actor, association b. use case, skenario, actor, association c. use case, actor, boundary boxes d. use case, actor, association, boundary boxes e. use case, skenario, actor, association, boxes

29. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. activites e. decision c. start 30. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa setiap fragmen dijalankan secara paralel … a. alt d. loop b. opt e. region c. par

31. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi … a. alt d. loop b. opt e. region c. par 32. Sepanjang lifeline ada kotak yang mewakili sebuah eksekusi operasi dari objek/participant dinamakan … a. operation d. sequence b. lifeline e. activation c. recursive

33. Objek pada sequence diagram digambarkan dengan ... a. lingkaran d. segiempat b. panah e. garis lurus c. garis putus-putus 34. Interaction frame digunakan pada ... a. operation d. loop & conditional b. lifeline e. activation c. recursive

35. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen akan dijalankan jika kondisi mendukungnya true … a. alt d. loop b. opt e. region c. par 36. Setiap objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut … a. message d. sequence b. lifeline e. time c. recursive

37. Name : string[1]=“untitled” {read only} Dari contoh diatas, default value ditunjukkan dengan … a. name d. untitled b. string e. { } c. [1] 38. Satu nim siswa hanya untuk satu nama siswa. Contoh diatas memiliki multiplicity yang dinamakan dengan … a. optional d. multivalued b. mandatory e. class c. single-valued

39. Name : string[1]=“untitled” {read only} Dari contoh diatas, default value ditunjukkan dengan … a. name d. untitled b. string e. { } c. [1] 40. Satu nim siswa hanya untuk satu nama siswa. Contoh diatas memiliki multiplicity yang dinamakan dengan … a. optional d. multivalued b. mandatory e. class c. single-valued

41. Yang merupakan sebuah garis solid antara 2 class, ditarik dari class sumber ke class target adalah pengertian dari … a. properti d. multivalued b. atribut e. asosiasi c. class 42. Tidak ada batasan berapa jumlah barang yang dapat dibeli oleh pelanggan. Contoh diatas memiliki multiplicity yang dinamakan dengan … a. optional d. multivalued b. mandatory e. class c. single-valued

43. Multivalued biasanya ditulis dengan tanda … b. { e. * c. “ 44. Sepasang properti yang saling berhubungan satu sama lain dinamakan … a. properti bidireksional b. atribut bidireksional c. class bidireksional d. multivalued e. asosiasi bidireksional

Essay Gambarkan sequence diagram dari tampilan berikut : Pilih salah satu saja Data pegawai Entry Data customer Entry Data Ruangan

UG Jurnal Vol. 6 No. 01 Tahun 2012