Kinds Of Input/Interaction Devices Siti Mukaromah, S.Kom
Interaction Model-model Interaction dipakai sebagai alat bantu untuk mengerti proses interaksi antara user dan sistem. Mereka dipakai untuk menjembatani keinginan user dan hasil sesungguhnya dari sistem. Dalam Ergononics dibahas karakteristik fisik dari interaction dan efeknya terhadap efektifitas. Dialog antara user dan sistem dipengaruhi oleh style dari interface.
COMPUTER Input devices Output devices Memory Processing
Input Devices Text entry: keyboard, speech, hand-writing Pointing: mouse, trackball scanner
Output Devices Screen Audio Printer
Keyboards Mouse Trackball Joystick Graphic Tablet Touch Screen Light Pen Scanner Voice Input Gaze Gloves
KEYBOARD QWERTY Berdasarkan layout mesin ketik Pertama dikenalkan pada tahun 1874 48% dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan Hanya 32% ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard)
KEYBOARD (cont..) DVORAK Ditemukan Dvorak tahun 1932 Tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri 70% dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY
KEYBOARD (cont..) CHORD Bisa mencapai 300 wpm dengan training khusus Dapat menekan suatu tombol atau kombinasi tombol untuk menghasilkan suatu kata atau suku kata.
MOUSE
MOUSE (cont..) GOOD FOR Pointing Selecting Dragging
MOUSE (cont..) Ditemukan Donald C .Negelbart tahun 1964 Jenis berdasarkan button One button Two button Three button Trackball
MOUSE (cont..) Mengkombinasikan dua operasi yang paling penting pada layar, yaitu kemampuan untuk menggerakkan kursor dan kemampuan untuk memilih suatu object dilayar. Pergerakan mouse di mouse-pad menentukan pergerakan kursor di layar. Memiliki satu sampai tiga tombol yang bisa ditekan. Terdapat dua teknologi mouse: mekanikal dan optikal. Intuitive, semakin berintegrasi dengan sistem komputer standard. Lebih cepat dan akurat daripada keyboard dan joystick dalam task seleksi. Lebih lambat dan tidak akurat dibandingkan touch-screen dan light-pen pada kegiatan yang sama.
TRACKBALL
TRACKBALL (cont..) GOOD FOR Pointing Selecting NOT SO GOOD FOR Drawing Dragging
TRACKBALL (cont..) Terdiri dari suatu bola yang ditempatkan pada suatu tempat. Bola itu bisa diputar kearah manapun. Boleh dikatakan memiliki sifat-sifat joystick dan mouse. Easy to learn Hemat tempat dimeja (seperti joystick) Termasuk salah satu pointing device yang paling efisien (dalam hal akurasi dan kecepatan)
JOYSTICK
JOYSTICK (cont..) GOOD FOR Games Flying aircraft Point designation NOT SO GOOD FOR Drawing Fine selection
JOYSTICK (cont..) Kurang akurat dibandingkan mouse, tapi lebih hemat tempat di meja (karena tidak perlu digeser seperti mouse) Paling jarang dipakai dibandingkan dengan device lainnya (kecuali untuk games)
GRAPHIC TABLET
GRAPHIC TABLET (cont..) GOOD FOR Drawing Tracing Digitizing Handwriting NOT SO GOOD FOR Small font Selection
TOUCH SCREEN
TOUCH SCREEN(cont..) GOOD FOR Gross selection Novice user (user baru)
TOUCH SCREEN(cont..) Memungkinkan koordinasi mata dan tangan secara langsung User bisa langsung menunjuk ke obyek yang diinginkan Hampir tidak membutuhkan training Device tercepat untuk kebanyakan task yang ada Tidak membutuhkan alat lain selain layar monitor Tekanan jari berlebihan bisa merusak layar monitor Layar monitor cepat kotor karena sentuhan jari tangan Lengan cepat lelah jika posisi layar kurang sesuai
LIGHT PEN
LIGHT PEN (cont..) GOOD FOR Selection Gross drawing Pointing
LIGHT PEN (cont..) Memungkinkan koordinasi mata dan tangan secara langsung Membutuhkan sedikit tambahan tempat untuk bekerja Bisa melelahkan lengan jika dipakai terlalu lama Bisa mengotori/merusak layar monitor Kemungkinan mengakibatkan reaksi yang tidak diinginkan Memiliki bukti sebagai device tercepat dalam task ‘targeting’, misalnya dalam seleksi menu
SCANNER
VOICE INPUT
VOICE INPUT (cont..) GOOD FOR Dictation Natural Language Multi-modal interfaces
GAZE
GLOVES