MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
A. AGAMA : ARTI DAN RUANG LINGKUPNYA 1
Advertisements

Manusia dan Agama.
PEMBAGIAN AGAMA DI DUNIA
KEIMANAN DAN KETAQWAAN
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Pokok Bahasan 3, ARIS RISDIANA, S.Sos.I, MM
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
Menurut Para Ilmuan manusia
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Manusia dan Agama.
Bismillahir Rahmanir Rahim Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
A. Manusia dan Alam Semesta
Studi Islam 2 Agama dan manusia Tahun Akademik 2015
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
Unwahas MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Konsep Manusia dan Agama
Konsepsi Kemanusiaan.
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
Cahya Indah Purnamasari
Agama Etimologi: Agama berasal dari bahasa sankskerta. [a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai.
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
AQIDAH AGAMA ISLAM Disusun oleh: Ade Wahyu S
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AQIDAH (Implementasi Nilai-nilai Aqidah dalam Kehidupan)
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK DI ANTARA PARA MAKHLUK
DASAR – DASAR AQIDAH ISLAM
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
Aqidah sebagai pondasi islam Kajian Rutin LDK IMMNI 2014/2015
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
AQIDAH UNIT 2 Kelas Bimbingan Dewasa.
AKIDAH DAN APLIKASINYA Oleh: Tia Agusta Wira Mahardika Wicaksana Herdin Yosha Mauser Mahedra
Hakikat keimanan dan buahnya
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
Unwahas MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.
Unwahas MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah

AL - ISLAM العقيدة - الإيمان الإسلام الشريعة - العبادة الأخلاق MPK Aqidah

Makna Fitrah الدين MANUSIA FITRAH SUCI/BERSIH POTENSI DASAR ( TAUHID) CIPTAAN MPK Aqidah

DLM. AL-QUR’AN MANUSIA MENURUT ILMUAN al-Basyar (35x) (Sifat kemateriannya/biologis) an-Nas (240x) (Jenis keturunan Adam) al-Insan / al-Ins (65x) Adam – Basyar - Insan - an-Nas MANUSIA MENURUT ILMUAN * Homo Sapiens (linnasus) (Animal Rasional) Homo Laquen (Renesz) (Pandai berbahasa) Homo Faber (berqsan) ( Tukang ) Zoon Politicon (Aristoteles) (Animal Rendens=Bermasyarakat) HOMO LUDEN (Huizimga ) (Suka main) HOMO DELEQANS (A.J. Barnet Kempers) (Mampu menyerahkan kerja dan kekuasaannya) MANUSIA = MAKHLUK yang BERTANGGUNG JAWAB (Abbas Mahmud El-Aqqad)

 SIFAT-SIFAT KETUHANAN HAKEKAT MANUSIA  CIPTAAN ALLAH  BERTANGGUNG JAWAB  SIFAT-SIFAT KETUHANAN MANUSIA * PROSES KEJADIAN MANUSIA ADAM DAN HAWA ( Diciptakan dari bahan yang sama ; an-Nisa’ : 4;1) JASAD (Dibuat lebih dahulu ; as-Sajdah : 32; 7, 9 al-Hijr : 15; 28, 29 ) R O H ( Ditiupkan )

TAHAPAN KEJADIAN MANUSIA PERTEMUAN AIR MANI dengan TELUR al-Qiyamah (75) : 37 al-Mu’minun (23) : 40 BAHAN BAKU (Air mani) as-Sajdah (32) : 8 al-Mu’min (40) : 67 TAHAPAN KEJADIAN MANUSIA PROSES PERTUMBUHAN Nutfah ‘Alaqah Mudghah ‘Izam (tulang) Lahm (daging) Makhluk yang baik ROH DITIUPKAN Perproses selama 120hr. (4 bulan) Ditetapkan 4 hal * Rizki * Ajal * Anal * Celaka/Beruntung

UNSUR MANUSIA TURAB ( Tanah) TIN (Lempung) campuran tanah dan air HAMA’IM MASNUN (lumpur yang dicetak) TINUN LAZIB (lempung yg pekat yang siap menerima bentuk SALSALIN MIN HAMA’IN MASNUN (lempung dari lumpur yang dicetak) SALSALUN KA AL FAKHKHAR (lempung seperti tembikar yang terbentuk dari pasas api) ROH YANG DITIUPKAN ( menurut M. Farid Wajdi) UNSUR MANUSIA

PENCIPTA, PENGATUR DAN PEMELIHARA MAHA KUASA, PEMBERI RIZKI Allah Sbg. Khaliq PENCIPTA, PENGATUR DAN PEMELIHARA (al-Baqarah (2); 29, an-Nisa’ (4); 101-102 al-Hasyr (59) ; 24) BERHAK DISEMBAH (antara lain al-Baqarah (2) ; 21, an-Nisa’ (4) ; 36 ) MAHA KUASA, PEMBERI RIZKI (al-Jum’ah (62); الله MAHA SEMPURNA

Pengertian Makhluk MAKHLUK Macam-macam Makhluk Mencipta  BAHASA = Khalak, Membuat Mencipta  ISTILAH = Segala sesuatu yang diciptakan Allah, baik alam nyata maupun alam ghaib MAKHLUK Macam-macam Makhluk  Yang dapat diindra (Alam Syahadah)  Yang tidak dapat diindra (Alamghaib)

MALAIKAT SIFAT MAKHLUK GHAIB J I N IBLIS  TIDAK BERADA PADA ALAM MATERIAL  BERADA PADA ALAM ROHANIAH  BERTUGAS SEBAGAI PERANTARA KEHENDAK ALLAH  YANG BERHUBUNGAN DENGAN ALAM ROHANIAH MANUSIA MALAIKAT SIFAT MAKHLUK GHAIB  TIDAK DAPAT DISENTUH DENGAN PANCA INDERA  BERKEWAJIBAN IBADAH SEPERTI MANUSIA  TERCIPTA DARI API J I N  MAKHLUK SEJENIS JIN  TERCIPTA DARI API KERJANYA MENYESATKAN MANUSIA  MENJADI MUSUH MANUSIA IBLIS

MAKHLUK PALING SEMPURNA (AT-TIN : 4) KEDUDUKAN MANUSIA MAKHLUK PALING MULIA (AL-ISRO : 17; 70 ) SEBAGAI KHALIFAH (AL-BAQARAH : 2; 30 )

* ABUBAKAR JABIR AL-JAZAIRY * HASAN AL-BANA  PERKARA YANG WAJIN DIYAKINI KEBERANNYA OLEH HATI  MENDATANGKAN KETENTRAMAN JIWA  KEYAKINAN YANG TIDAK BERCAMPUR KERAGU-RAGUAN Pengertian Aqidah menurut * ABUBAKAR JABIR AL-JAZAIRY  SEJUMLAH KEBENARAN  DAPAT DITERIMA SECARA UMUM BAIK OLEH AKAL, WAHYU DAN FITRAH  DIYAKINI DALAM HATI  DIIMPLEMENTASIKAN DALAM PERBUATAN

NUBUWWAT ILAHIYYAT RUANG LINGKUP AQIDAH RUHANIYAT SAM'IYYAT

RUKUN IMAN IMAN KEPADA ALLAH IMAN KEPADA PARA MALAIKAT IMAN KEPADA KITAB-KITABNYA IMAN KEPADA PARA RASULNYA IMAN KEPADA HARI AKHIR IMAN KEPADA QADLA & QADAR (TAKDIR ALLAH) RUKUN IMAN

1 1 2 3 4 5 FAKTOR YANG MELEMAHKAN TAUHID TERLALU MENGAGUNGKAN AKAL KURANG/MENGABAIKAN PENGGUNAAN AKAL-MENUMBUHKAN TAHAYUL 2 TERLALU CINTA KEHIDUPAN DUNIA SEHINGGA LALAI KEHIDUPAN AKHIRAT 3 TERLALU MENGEJAR MATERIAL, LUPA KEHIDUPAN SPIRITUAL 4 MELALAIKAN SIMBOL-SIMBOIL KETAUHIDAN SEPERTI DZIKIR 5

FAKTOR YANG MEMPERKUAT IMAN SELALU MEMPERBAHARUI IMAN DAN SYAHADAT TIDAK MUDAH TERPENGARUH BUDAYA INSTAN SIKAP ASYIK/SUKA DALAM BERIBADAH ADANYA SIKAP-HATI-HATI DAN MERASA IBADAHNYA MASIH JAUH DARI SEMPURNA SIKAP TAWAKKAL KEPADA ALLAH SIKAP MENYADARI KELEMAHAN SENDIRI

Konsep Kekuatan Manusia Dalam Aqidah 3 UNSUR YANG MENDASARI KEKUATAN AQIDAH BERKAITAN DENGAN TUGAS MANUSIA SEBAGAI LHALIFAH DI BUM (al-Baqarah : 2 : 30) DITUNDUKKANNYA ALAM SEMESTA UNTUK MANUDIA (QS. 31: 20,21) DIMULIAKANNYA MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK TERBAIK (QS. 17: 70)

HUB. AQIDAH AKHLAK ORG.YANG BERIBADAH MEMBUAT BERAQIDAH SECARA AKHLAK BENAR BENAR MENJADI BAIK FEED BACK

Menurut Ibnu Maskawaih KONSEP KEBAJIKAN Kearifan Kesederhanaan Keberanian Kedermawanan Keadilan

Ancaman Akhlak di Zaman Modern ) ANCAMAN # AKHLAK ( NAFIYYAH ( PRAGMATIS) ) ANCAMAN NAFIYYAH ( PRAGMATIS) # AKHLAK ( NAFIYYAH ( PRAGMATIS)

AGAMA = ATURAN YANG MENGIKAT DAN MENGHUBUNGKAN DENGAN TUHAN PENGERTIAN AGAMA MENURUT BAHASA BERASAL DARI KATA “A=TIDAK, GAMA=KACAU”: AGAMA = ATURAN YANG MENGATUR MANUSIA AGAR KEHIDUPANNYA MENJADI TERATUR (SANSEKERTA) AGAMA = RELEGION (INGG.), RELEGIE (BLD), RELIGERE (LATIN) ARTINYA MENGIKAT, MENGATUR DAN MENGHUBUNGKAN AGAMA = ATURAN YANG MENGIKAT DAN MENGHUBUNGKAN DENGAN TUHAN

MENURUT ISTILAH PENGERTIAN AGAMA SEBAGAI PENERIMAAN/TATA ATURAN DARI KEKUATAN YANG LEBIH TINGGI DARI MANUSIA (E.F. BOZMAN; EVERY MEN’S ENCYCLOPAEDIA) KEPERCAYAAN/PENYEMBAHAN KEPADA TUHHAN ATAU KEPADA MAHA MENGUASAI ALAM (“THE HOLT INTER-MEDIATE DICTIONARY OF AMERICAN ENGLISH) PERCAYA ADA YANG MAHA KUASA (TUHAN) YANG MENGUASAI, SEBG. PENCIPTA, PEMELIHARA ALAM, YG. MEMBERI KEKUATAN ROHANI KPD. MANUSIA UTK. MELANGSUNGKAN KEHIDUPANNYA SETELAH MATI (ADUANCE LEARNER’S DICTIONARY OF CURRENT ENGLISH) PERCAYA KPD. TUHAN SBG. PENCIPTA DAN PEMELIHARA ALAM SEMESTA, ATAU SBG. SATU SISTEM KEPERCAYAAN (AN ENGLISH READER’S DICTIONARY) SBG. KEPERCAYAAN PD. HUB. MANUSIA PD. YG. KUDUS, DIHAYATI SBG HAKEKAT YG GHAIB, HUB. MENYATAKAN DIRI DLM BENTUK SERTA SISTEM KULTUR DAN SIKAP HIDUP BERDASARKAN DOKTRIN TERTENTU (SIDI GAZALBA)

( menurut ENDANG SAEFUDDIN ANSHARI) SUATU SISTEMA CREDO (TATA KEIMANAN) DEFINISI SUATU SISTEMA RITUS (TATA PERIBADATAN) DEFINISI AGAMA YANG LENGKAP SUATU SISTEMA NORMA (TATA KAIDAH) ( menurut ENDANG SAEFUDDIN ANSHARI)

( ISTILAH ) AGAMA DLM. AL-QUR'AN ) [1] DIN [2] MILLAH [3] SYARI’AH  PEMBALASAN  ADAT KEBIASAAN  PERATURAN  HARI KIAMAT [2] MILLAH  UNDANG-UNDANG  PERATURAN ( ISTILAH ) AGAMA DLM. AL-QUR'AN ) [3] SYARI’AH JLN. YG.HRS DILALUI HUKUM

KATA "DIN" HUB.DGN.KATA ISLAM, QAYYIM DAN ALLAH DINUL ISLAM [1] DINUL QAYYIM[2] * QS : 3; 85 QS : 5; 3 * QS : 9; 36 QS : 98; 5 KATA "DIN" HUB.DGN.KATA ISLAM, QAYYIM DAN ALLAH DINULLAH [3] DINULHAQ [1] * QS : 9;29, 33 * QS : 3; 83 QS : 100; 2

[ AHMAD ABDULLAH AL MAGDOOSI] KLASIFIKASI AGAMA [ AHMAD ABDULLAH AL MAGDOOSI] REVEALED AND NON REVEALED ( Agama Wahyu dan Bukan ) KLASIFIKASI AGAMA MISSIONARY AND NON MISSIONARY (Agama Wahyu dan Bukan) GEOGRAPHICAL-RACIAL AND UNIVERSAL

CIRI dan PERBEDAAN REVEALED dan NON-REVEALED (AGAMA WAHYU) NON-REVEALED (BUKAN AGAMA WAHYU) BERPOKOK PADA KEESAAN TUHAN BERIMAN KEPADA NABI SUMBER UTAMA “KITAB SUCI” SEMUA LAHIR DI TIMUR TENGAH MISSIONARY AJARAN TEGAS-JELAS ARAH YANG LURUS DAN AJARAN YANG LENGKAP TIDAK TIDAK ADA NABI TIDAK ADA “KITAB SUCI” LAHIR DI LUAR TIMUR TENGAH TIDAK MISSIONARY KABUR-TIDAK JELAS TIDAK LENGKAP

GEOGRAPHICAL RACIAL DAN UNIVERSAL YAHUDI NASRANI ISLAM GEOGRAPHICAL SEMETIK NON SEMETIK ARYA (Hindu, Zoroaster, Sekhisme) NON SEMETIK MONGOLIAN (Taoisme, Shintoisme, Confuisme) GEOGRAPHICAL NON SEMETIK GEOGRAPHICAL RACIAL DAN UNIVERSAL GEOGRAPHICAL NON SEMETIK CAMPURAN ARYA MONGOLIAN (BUDHISME) GEOGRAPHICAL SEMETIK UNIVERSAL ISLAM

& & FAEDAH/ MANFAAT BERAGAMA & & PEDOMAN DAN PETUNJUK PENOLONG KETENTRAMAN BATIN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG UTUH &

PENGERTIAN BAHASA AGAMA ISLAM ISTILAH * SALAM * ASLAMA * SILMUN * SULAMUN ISTILAH * DIWAHYUKAN KPD. RASUL-RASULNYA * MENGATUR SELURUH ASPEK KEHIDUPAN MASNUSIA * PEDOMAN HIDUP BAGI MANUSIA * UTK. MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA,AKHIRAT

AGAMA SAMAWI SEBELUMNYA HUBUINGAN ISLAM dan AGAMA SAMAWI SEBELUMNYA SEBELUMNYA AGAMA UNIVERSAL * LOKAL * BANGSA DAN * WAIT TERTENTU MENGGANTI KEDUDUKAN ISLAM PENYEMPURNA PELURUS dan PENGOREKSI ADA PENYIMPANGAN AQIDAH

MPK Agama AGAMA I [ AQIDAH ISLAM ] MILIK LPPAI