Use Case Diagram.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak
Advertisements

Use Case Sistem.
Pertemuan 4 Use Case dan Aktor
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Use Case Diagram.
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Siti Mukaromah, S.Kom.  Model yang menggambarkan requirement software dalam bentuk use case - use case  Use case model terdiri dari satu atau beberapa.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 6 Structural modelling
ANALISIS USE CASE.
UML (Unified Modelling Language)
Pertemuan 5 Behavioral Modeling 2 – Developing Use Cases -
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Desain Berorientasi Objek
Analisis Model.
Interaksi Objek.
USE CASE DIAGRAM.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case
Materi 4 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., M.T.
Pengantar UML.
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Unified Modeling Language [UML]
CLASS DIAGRAM.
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Object-Oriented Design (OOD)
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
Object-Oriented Analysis (OOA)
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Class Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Pengenalan UML.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 4 Use Case Diagram.
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Konsep & Perancangan Database
Use Case Diagram.
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
Analisis Model.
Unified Modelling Languange (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Studi Kasus ATM dengan UML
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML -- Dari Berbagai Sumber
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
Analysis Kebutuhan dengan Use Case Modeling
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
USE CASE DIAGRAM. Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.
Transcript presentasi:

Use Case Diagram

USDP (Unified Software Development Process) USDP merupakan proses kerja pengembangan sistem/PL menggunakan bahasa – bahasa pemrograman berorientasi objek, yang prosesnya diawali dengan pembuatan diagram use case. Sasaran USDP adalah memandu para analis dan pemrogram untuk mengimplementasikan sebuah aplikasi sesuai dengan kebutuhan user.

Use Case Use case digunakan untuk memodelkan fungsionalitas – fungsionalitas sistem/PL dilihat dari pengguna yang ada di luar sistem (actor)

Actor Actor merupakan idealisasi dari orang – orang yang ada di luar sistem. Actor menggambarkan interaksi pengguna – pengguna sistem dengan sistem/PL yang sedang kita kembangkan.

Relasi Use case dan actor masing – masing tidak berdiri sendiri. Mereka saling terhubung dengan sebuah relasi. Relasi yang dikenal dalam model UML, yaitu : Relasi Asosiasi Relasi Cakupan (include relationship) Relasi Perluasan (extend relationship) Relasi Generalisasi

Relasi Asosiasi Relasi yang terjasi antara actor dengan use case biasanya berupa asosiasi. Dalam UML, asosiasi digambarkan dengan garis lurus dengan kepala panah di salah satu ujungnya.

Include Relationship X include Y berarti use case X menggunakan use case Y sepenuhnya. Relasi ini dapat digunakan dalam salah satu kasus berikut : Jika dua / lebih use case memiliki sejumlah besar fungsi yang identik, fungsionalitas yang sama dapat dipisahkan menjadi suatu use case tersendiri. Masing – masing use case yang lain dapat memiliki include relationship dengan use case yang baru.

Include Relationship sangat membantu saat suatu use case memiliki sejumlah besar fungsionalitas. Dalam hal ini, include relationship dapat digunakan untuk memecahkannya dan memodelkannya menjadi dua/lebih use case yang lebih kecil

Extends Relationship Y extend X berarti use case X menggunakan use case Y secara opsional (tergantung keputusan saat runtime atau implementasi sistem)

Use Case “Memeriksa Kredit” memiliki hubungan extend relationship dengan use case “Mengubah Pemesanan”. Sementara use case “Mengubah Pemesanan” berjalan, use case “Memeriksa Kredit” berjalan jika dan hanya jika nilai pemesanan berubah. Jika nilai pemesanan tidak berubah, use case “Memeriksa Kredit” tidak perlu berjalan.

Relasi Generalisasi Relasi Generalisasi digunakan untuk memperlihatkan bahwa beberapa aktor atau use case memiliki sesuatu hal yang bersifat umum. Hubungan antara induk dan anak dimana anak mewarisi sifat dan method dari induk  Induk disebut root / base  Class yang tidak memiliki anak disebut leaf

Identifikasi Actor Kandidat dari actor – actor pada umumnya dapat ditentukan dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan berikut : Siapa yang menggunakan sistem? Apa yang dipengaruhi oleh kehadiran sistem? Masalah apa yang dikerjakan oleh sistem/PL yang sedang dikembangkan? Untuk siapa dan untuk apa sistem/PL dikembangkan? Bagaimana user menggunakan sistem/PL?

Dengan demikian, kita sebagai analisi akan menemukan objek – objek yang bberelasi dengan kehadiran sistem/PL yang akan dikembangkan. Dalam hal ini, tidak semuanya akan menjadi actor, kita harus memilihnya dengan memperhatikan objek mana yang paling mendapatkan manfaat/dipengaruhi oleh kehadiran sistem/PL.

Identifikasi Use Case Untuk setiap actor, temukan pekerjaan – pekerjaan dan fungsi – fungsi apa yang ingin actor lakukan untuk use case. Namai use case dengan nama yang mencerminkan secara spesifik dari sistem/Pl yang akan dikembangkan. Jelaskan serta deskripsikan masing – masing kelas agar tidak terjadi ambiguitas

Kapan Menggunakan Use Case? Use case sederhana digunakan pada saat proses requirement analysis Tidak semua pengguna paham bahasa teknis Dibuat khusus untuk mempermudah desain sistem oleh para developer

Contoh Pembuatan Use Case Diagram Studi Kasus ATM Buat Skenarionya Buat Use Casenya

Skenario Nama Use Case : Usulan Transaksi Nasabah memasukkan kartu ATM Nasabah mendapat keterangan bahwa usulan transaksi di terima ATM bertanya tipe transaksi Nasabah memasukkan tipe transaksi Transaksi dilaksanakan

Nama Use Case : PIN Salah Jika kode PIN yang dimasukkan pengguna tidak sah, maka mesin ATM akan menampilkan pesan yang sesuai

Latihan Studi Kasus Restoran / Rumah Makan Memiliki 3 aktor Pelayan (waiter) Koki / Juru Masak Kasir Buatlah skenario untuk kasus diatas Buatlah use-case diagramnya