KREATIFITAS & inovasi dalam berwirausaha
Gambarkan dua garis lurus melintang pada jam dinding ini, sehingga jumlah dari angka-angkanya sama untuk setiap bagiannya 20/08/2010 UBEED-LSB EE Sem Ganjl 2010
20/08/2010
Ada apakah yang terkait dengan manusia yang dapat saudara identifikasi 20/08/2010
Berpikir Kreatif Melihat dengan sudut pandang baru Menemukan hubungan baru Membentuk kombinasi baru
Melihat Dengan Sudut Pandang Baru Sebenarnya masalah yang kita hadapi tidak berubah, tetapi yang kita ubah adalah cara kita dalam memandang masalah tersebut melalui pola pikir positip. Misal : memandang kegagalan sebagai sukses yang tertunda, bukan kegagalan sebagai alasan untuk frustasi berat.
Teknik “CREATE” Membuat COMBINASI baru Menggunakan Input yang RANDOM Membuat ELIMINASI Menggunakan ALTERNATIF Mencoba Cara Pikir Terbalik Kasus Ekstrim
Teknik Visual Thinking www.howstuffworks.com ATM = Amati, Tiru, Modifikasi NNN= Niteni, Neroke, Nambahi
kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing ) KREATIFITAS kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing) INOVASI
20/08/2010 UBEED-LSB EE Sem Ganjl 2010
TUNTUTAN KREATIFITAS DALAM BISNIS MASA KINI Kreatifitas diperlukan oleh setiap pengusaha Agar lebih unggul dibandingkan para pesaing lain dan dapat mempertahankan eksistensi usaha Maka berupaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik
TIPE KREATIFITAS MENURUT PARA PENELITI Memodifikasi sesuatu yang sudah ada. Proses ini menggunakan berbagai cara baru/menjadikan sesuatu menjadi lebih berguna bagi orang lain. Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan menjadi lebih bermanfaat. Membuat atau menciptakan, yaitu proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada. TIPE KREATIFITAS MENURUT PARA PENELITI
PENDORONG DAN PENGHAMBAT KREATIVITAS 20/08/2010
HAMBATAN KREATIVITAS Seorang pakar mengartikan hambatan kreativitas sebagai “mental walls which block the problem solver from correctly perceiving a problem or conceiving its solution,” yaitu dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahan atas suatu masalah. Bangunan mental yang bersifat menghambat ini terdapat pada setiap orang dalam kualitas dan jumlah yang berbeda-beda.
Faktor penghambat diklasifikasikan atas dua unsur utama Hambatan Struktural Hambatan Psikologis Hambatan Budaya Hambatan Lingkungan Hambatan Proses Hambatan Bahasa Berpikir Hambatan Keterpakuan Fungsional Hambatan Kebiasaan Memandang
Cara Meningkatkan Kreatifitas Dalam Proses Pemecahan Masalah Perumusan masalah secara kreatif Bertanya dan bertanya Curah gagasan Untuk memperoleh curah gagasan yang efektif: Selama proses mencurahkan gagasan jangan melakukan penilaian Proses pencurahan gagasan harus benar-benar bebas Usahakan sebanyak mungkin gagasan dapat dilontarkan
Tips Meningkatkan Kreativitas Tingkatkan penggunaan otak kanan anda melalui stimulus visualisasi tujuan, mempelajari seni musik, serta berolahraga jalan kaki tanpa alas Kenali hambatan kreatifitas anda, dan lakukan rencana aksi untuk mengeliminir hambatan tersebut Biasakan berpikir berbeda 20/08/2010
80 % 20 %
PERBEDAAN ANTARA OTAK KANAN DAN KIRI OTAK KIRI Kata Logika Angka-Urutan Intelektual Deduktif Tetap-Statis Hafalan Fakta Sempit-Dangkal Pasif-Jawaban Ketakutan Irama/gambar Intuitif Dimensi-Imajinasi Emosional Induktif Sementara-Dinamis Pemahaman Gagasan Luas-Dalam Aktif-Pertanyaan Kepercayaan
Pengaruh otak anda yang dominan akan selalu mendikte bagaimana berpikir. Pengaruh otak kiri yang menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berpikir, analitis, dan kurang kreatif, sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor Pengaruh penggunaan otak kanan yaitu berpikir secara loncat-loncat tak beraturan, memungkinkan seseorang berpikir kreatif
ORANG ANEH Maksudnya adalah memasukkan orang lain yang tidak begitu tahu tentang bidang pekerjaan atau bidang pengetahuan yang sedang dipecahkan masalahnya. IKLIM KREATIF Pedoman utamanya adalah dengan menciptakan suasana yang kondusif. Ini berarti harus membuang semua hambatan terjadinya kreativitas, sekaligus menciptakan lingkungan fisik, psikologis, dan social yang kondusif untuk kreatif.
INOVASI adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat di implementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki Contoh: inovasi yang menggemparkan dan paling spektakuler adalah alat pemutar musik digital iPod dari Apple Computer.
INOVASI YANG PENTING DILAKUKAN PENGUSAHA Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada. Pengenalan metode produksi baru. Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru. Penciptaan / pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru. Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.
Melindungi Gagasan dari Hasil Kreativitas dan Inovasi Ketika seorang pengusaha mendapatkan gagasan inovasi untuk produk atau jasa yang memiliki potensi pasar, dengan segera mereka harus melindunginya dari penggunaan yang tidak sah Pengusaha harus paham cara mendapatkan hak paten, merk dagang dan hak cipta yang biasanya disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual
hak sah yang biasanya diberikan kepada penulis, composer, kreator peranti lunak, artis, dan penerbit untuk mempublikasi dan menjual karyanya hak istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan dari hasil ciptaannya. HAK CIPTA Misalnya, karya tulis, lagu, drama, peranti lunak computer, film, novel, hak untuk memproduksi, memperbaiki, mendistribusikan, atau menjual dengan masa perlindungan seumur hidup ditambah 50 tahun.
Desain Industri (Industrial Design) HAK KEKAYAAN INDUSTRI Hak Paten hak yang diberikan oleh pemerintah kepada penemu suatu produk atau proses memabrikasi, mengeksploitasi, menggunakan, dan menjual penemuan atau proses tersebut Desain Industri (Industrial Design) hak yang diberikan pemerintah atas karya pada estetika produk, misalnya bentuk, konfigurasi dan komposisi garis atau warna, dengan masa perlindungan 10 tahun sejak filing date
Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (Circuit Lay-Out) hak kekayaan industri yang diberikan pemerintah karena pembuatan fungsi elektronik yang terdiri atas komponen-komponen elektronik yang saling berkaitan, dengan masa perlindungan 10 tahun Merk dagang (trademark) & nama dagang rancangan dan nama suatu produk yang digunakan oleh para pedagang atau pabrikan dan biasanya terdaftar secara resmi, yang merupakan tanda (gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan, warna, dan kombinasi dari unsur tersebut) untuk membedakan produk satu dengan yang lainnya. Hak ini diberikan dengan masa perlindungan maksimal selama 10 tahun. Rahasia dagang (trade secret) informasi tentang bisnis yang dirahasiakan atau informasi yang tidak diketahui oleh umum dalam bidang teknologi dan atau bisnis yang masa perlindungannya tergantung sepanjang rahasia tersebut terjaga.
LANGKAH UNTUK MENDAPATKAN HAK PATEN Tetapkan bahwa yang ditemukan benar-benar baru Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut Telusuri paten-paten yang telah ada Pelajari hasil telusuran Mengajukan lamaran paten
TERIMA KASIH