PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Suasana Penataan Kelas
Advertisements

Pembelajaran Kontekstual
Designed by: JOKO MURSITHO PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN Lemdikanas: 2008.
PRINSIP DASAR & METODE KEPRAMUKAAN
Asesmen Autentik Oleh: Dra. Destrinelli, M.Pd.
Ade Panji Rukmana Nursiddik TriAndika M. Hatif Hibatullah Randy Dwira Danang Pambudi M. Ikhwan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Strategi Pembelajaran
PENGEMBANGAN SASARAN KURSUS
PERILAKU ANTAR KELOMPOK DAN MENGELOLA KONFLIK
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR NON RASIONAL DALAM PK
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
Keberhasilan belajar dan mengajar
DINAMIKA KELOMPOK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN
SUPLEMEN MODUL 14 ETIKA BELAJAR
Pengantar Media Pendidikan
Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
ADAPTATION SKILLS.
METODE DAN DESAIN PELATIHAN
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS DALAM PERUBAHAN KURIKULUM
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
KURIKULUM PENDIDIKAN KEAKSARAAN
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH GURU
Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd Agus Sumitra
Keterampilan Dasar Mengajar
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR NON RASIONAL DALAM PK
Kecakapan Antarpribadi
Strategi Pembelajaran Biologi PEBI4301
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
TEKNIK PELATIHAN.
6/11/2018 Orientasi Pengajaran Mikro Dwi Anggraeni Siwi/
KELOMPOK 3 NURLI JUMIATIN RISMAWATI DWIKA NOR RINA YULIA MAWADDAH
PRINSIP DASAR & METODE KEPRAMUKAAN
Metode kepramukaan Pusdiklatnas Designed by: JOKO MURSITHO.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN PESERTA DIDIK OLEH KEPALA SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Sufyan,
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PERILAKU ANTAR KELOMPOK DAN MENGELOLA KONFLIK
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Suksma Ratri.
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Metode kepramukaan Pusdiklatnas Designed by: JOKO MURSITHO.
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
NAMA ANGGOTA : 1.ARSI PURNAMA DEWI ( ) 2.FRISCA TAMARA IKA PRATIWI ( ) 3B PENDIDIKA N BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR. HAMKA.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) PPG TAHUN 2019 PRAJABATAN Tim PPG Universitas Mulawarman 2019.
PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA. CATATAN: Pembelajaran orang dewasa (POD) melibatkan 8 prinsip dasar yang disusun berdasarkan lingkungan belajar orang.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
KREATIVITAS Oleh: Chandra Andriawan Guru SMK PB. Soedirman Oleh: Chandra Andriawan Guru SMK PB. Soedirman
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR Oleh : Marsianus Pendidikan Bahasa dan Sastra STKIP PK.
Transcript presentasi:

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN Lemdikanas: 2008 Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO APAKAH BELAJAR ITU? Belajar adalah memodifikasi atau memperteguh perilaku melalui pengalaman. belajar mrpk suatu proses, suatu kegiatan, dan bukan hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya penugasan hasil latihan, melainkan perubahan PERILAKU.. Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO proses tingkah laku individu melalui interaksi dng lingkungan. Belajar - proses perubahan tingkah laku yg dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan atau pengalaman yang terorganisasi. Designed by: JOKO MURSITHO

Apakah Pembelajaran itu? Pembelajaran ialah upaya menciptakan terjadinya proses belajar-mengajar dalam suatu pertemuan interaktif sehingga akan terjadi proses perubahan tingkah laku pada para peserta. Designed by: JOKO MURSITHO

Kiat pembelajaran efektif Ciptakan kondisi yang benar: orkestrasikan lingkungan ciptakan sikap positif bagi peserta dan pelatih tentukan sasaran yang ingin dicapai (AMBAK-Apa Manfaat Bagiku) pasangkanlah poster/semboyan/kata-kata bijak di sekeliling dinding Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Raih prestasi yang benar berikan gambaran menyeluruh buatlah pemetaan pikiran dan visualisasi gunakan semua gaya belajar latarbelakangi dengan suara musik, karena musik akan mengurangi stres, meredakan ketegangan, meningkatkan energi, dan memperbesar daya ingat. Musik menjadikan orang lebih cerdas. Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Olah Pikiran ciptakan situasi berfikir kreatif berfikirlah kritis: konseptual, analitis, reflektif lakukan pemecahan masalah secara kreatif gunakan teknik memori tingkat tinggi untuk menyimpan informasi secara permanen Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Ekspresikan ciptakan permainan, lakon pendek, psikodrama, diskusi, seminar dll untuk melayani/menampung semua gaya belajar dan semua ragam kecerdasan. dramatisasikan Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Evaluasi libatkan para peserta untuk mengadakan evaluasi terhadap diri/teman/dan pelatih lakukan evaluasi secara berkelanjutan Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO gunakan pendekatan andragogis. Orang dewasa telah memiliki berbagai pengalaman, pengetahuan, keterampilan, serta konsep diri, mrk tidak bisa digurui metode pembelajaran yang baik antara lain: diskusi, seminar, lokakarya, brainstorming, studi kasus, problem solving, kerja kelompok dll. Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Kurve Belajar Pagi Hari H A S I L Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Kurve belajar jam makan siang M A K N S I G Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Proses belajar dgn pengawasan Dengan pujian Dengan teguran Dilihat saja Tidak diapa-apakan Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Proses belajar dengan persaingan Persaingan perorangan Persaingan kelompok Tanpa persaingan Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Proses Belajar Karena Kelelahan Kelompok baru Kelompok lama Designed by: JOKO MURSITHO

Designed by: JOKO MURSITHO Terima Kasih Designed by: JOKO MURSITHO